PROFIL SELEBRITI

Westlife

Grup

1998-07-03 , Irlandia

BIOGRAFI

PERSONAL
Westlife adalah grup musik pop asal Irlandia yang awalnya beranggotakan Nicky Byrne, Kian Egan, Mark Feehily, Shane Filan dan Bryan McFadden. Namun, salah satu personilnya, Brian McFadden, kemudian memutuskan keluar dari boyband yang terbentuk tanggal 3 Juli 1998 ini. Walaupun harus kehilangan Bryan, Westlife tetap bertahan hingga sekarang, walaupun saat ini karir mereka tak secemerlang saat band tersebut baru dibentuk.

Bryan sendiri memutuskan keluar dari keanggotaan Westlife pada 9 Maret 2004 dengan alasan ingin lebih banyak waktu bersama istrinya, Kerry Katona, yang merupakan mantan personil Atomic Kitten. Namun akhirnya, Bryan dan Kerry berpisah, dan Bryan pun mengganti ejaan namanya menjadi Brian.

KARIR
Single, video, dan album kompilasi Westlife terjual sebanyak 44 juta rekaman di seluruh dunia. Band ini pertama kali tampil di tahun 1998 saat konser bersama grup band Boyzone dan Backstreet Boys di Dublin. Pada bulan Maret 1999 band ini merilis singe pertama mereka berjudul Swear It Again yang masuk dalam top chart di Irlandia dan UK dalam dua minggu dan diikuti perilisan single kedua mereka berjudul If I Let You Go yang hampir bersamaan dengan Flying Without Wings yang menjadi soundtrack dalam film POKEMON: The Movie 2000.

Album pertama mereka berjudul WESTLIFE dirilis pada bulan November tahun 1999 dan masuk dalam daftar kedua di UK. Sebulan kemudian, single keempatnya berjudul I Have A Dream dirilis yang dilanjutkan dengan single terakhir yang ke lima berjudul Fool Again. Westlife melakukan tour ke Asia untuk mendukung debut pertama mereka sebelum merilis album yang kedua, COAST TO COAST yang disertai duet dengan Mariah Carey di lagu My Love.

Westlife merilis album ketiga mereka pada bulan November 2001, WORLD OF OUR OWN dan lagu yang dirilis sebagai single yakni Uptown Girl, Queen of My Heart dan World of Our Own. Setelah itu untuk kedua kalinya Westlife mengadakan tour.

Dalam perilisan single mereka yang ke sebelas, Unbreakable, terdengar juga rumor tentang perpecahan band ini dan saat tour album ketiga mereka dalam The Greatest Hits Tour. Bryan McFadden meninggalkan Westlife hampir bersamaan dengan tour album ke empat Westlife tahun 2004 dan tinggal bersama keluarganya serta bersolo karir. Brian mengeluarkan banyak single dan meraih sukses dalam solo karirnya.

Tahun 2007, band ini merilis album ke 8 berjudul THE LOVE ALBUM dengan menjadi urutan pertama di UK Music Charts. Januari 2009, sebuah DVD berjudul The Karaoke Collection dirilis dan pada bulan Maret mereka memenangkan 2009 Meteor Awards atas penghargaan sebagai penampil musik pop Irlandia terbaik.

Mereka juga termasuk dalam konser amal untuk Haiti dengan membawakan single mereka di tahun 2010 berjudul Everybody Hurts. Album terbaru mereka di tahun 2010 berjudul GRAVITY juga berhasil dirilis yang rencananya akan promo dalam tour tahun 2011.

Tahun 2011, mereka kembali menelurkan album baru yang meruapakan kumpulan hits terbaik mereka. Album bertajuk WESTLIFE: THE GREATEST HITS (2011) tersebut sekaligus menandai eksistensi mereka yang masih mampu berkarya di dunia musik. melihat laris dan populernya nama Westlife dalam kancah musik, tidak salah jika mereka kembali dipercaya untuk melakukan konser di Indonesia pada tanggal 5 Oktober 2011.

Oktober 2011, mereka mengeluarkan pernyataan resmi bahwa setelah 14 tahun, 26 hits top ten termasuk 14 single nomor 1, 11 album top 5, 7 album yang berhasil masuk nomor 1 dan menjual tak kurang dari 44 juta album secara keseluruhan, 10 tour yang tiketnya selalu sold-out dan banyak kenangan yang akan tetap membekas di benak mereka, akhirnya mereka mengumumkan rencana untuk bubar setelah melepas greatest hits Natal nanti dan tur perpisahan tahun 2012.

DISKOGRAFI
* WESTLIFE (1999)
* COAST TO COAST (2000)
* WORLD OF OUR OWN (2001)
* UNBREAKABLE - THE GREATEST HITS VOL. 1 (2002)
* TURNAROUND (2003)
* ALLOW US TO BE FRANK (2004)
* FACE TO FACE (2005)
* THE LOVE ALBUM (2006)
* BACK HOME (2007)
* WHERE WE ARE (2009)
* GRAVITY (2010)
* WESTLIFE: THE GREATEST HITS (2011)