KapanLagi.com

Home Entertainment Musik Bola Vemale Merdeka Otosia Travel
PROFIL ARTIS
Indonesia | Hollywood | Bollywood | Asia
Level 42
Level 42
Nama Panggilan
Level 42
Jenis Kelamin
Grup
Tempat, Tanggal Lahir
Isle of Wight, Inggris, 1979-00-00
PROFIL
PERSONAL
Level 42 adalah band beraliran pop rock and jazz-funk yang dibentuk pada tahun1979. Digawangi oleh Mark King dan Ghoul bersaudara, band ini mencapai masa kejayaan pada masa tahun delapan puluhan.

KARIR
Awal mulanya band ini bernama project M yang beraliran jazz-funk fusion. Seiring dengan pergantian beberapa pemain maka project M berubah nama menjadi level 42 dengan formasi Mark King sebagai pemain gitar bass dan perkusi, Mike Lindup sebagai pemain keyboard dan perkusi, Boon Gould di gitar dan saksopon, dan Phil Gould sebagai pemain drum. Band bergabung dengan Elite Records pada tahun 1980, namum album pertama mereka diproduksi oleh Polydor records pada tahun 1981 dengan single pertama mereka Love Games. Album kedua mereka, THE EARLY TAPES di tahun yang sama dengan label yang sama.

Tahun 1982, Level 42 merilis album ketiga mereka dengan judul THE PURSUIT OF ACCIDENTS, dalam album ini Level 42 mendalami instument jazz-funk mereka dan sesekali bereksperimen dengan lagu-lagu pop. Kedua single mereka, Weave Your Spell dan The Chinese Way, masuk dalam tangga lagu. Album keempat yang berjudul Standing in the Light diluncurkan tahun 1983. Album keempat ini menjadi awal baru untuk Level 42 karena dialbum ini mereka kurang bereksperimen sepertu album sebelumnya.

Album TRUE COLOURS merupakan perpaduan antara beberapa aliran musik yaitu funk, power-pop, mid-tempo rock dan moody ballads. Selama tahun 1987, Phil Gould dan Boon Gould hengkang dari Level 42 dikarenakan mereka mengidap kegelisahan akibat kelelahan selama tahun-tahun mereka tour. Boon Gould hengkang dari Band dan mengikuti tour keliling Madonna namun ia masih tetap menulis lagu-lagu untuk Level 42.

Setelah kepergian dua personilnya, Level 42 merekrut Gary Husbands sebagai pemain drum penuh waktu. Level 42 juga merekrut Steve Topping sebagai gitaris, namun karena kepribadian Topping dan King sangat tidak bisa disatukan, Topping akhirnya hengkang dari band.
Album STARRING AT THE SUN direkam tanpa gitaris yang tetap. Album ini dilepaskan ke pasaran tahun 1988 dan berhasil mencapai tangga lagu nomor dua di Inggris.

Tahun 1993, Husband hengkang dari Level 42 menyusul Allan holdsworth yang lebih dulu hengkang dari band pada tahun sebelumnya. Gould pada akhirnya kembali bergabung dengan Level 42 pada 1994 dan menjadi pemain drum dan penulis lirik pada album FOREVER. Namun, kebersamaan dalam band ini hanya berlangsung sesaat, karena saat Level 42 muncul di televisi, mereka sudah tampil tanpa Gould. Sesaat setelah album FOREVER muncul, diumumkan bahwa Level 42 dibubarkan selamanya menurut kontrak mereka.

Tahun 1994, King muncul dengan album solo pertamanya yang berjudul BITTER MOON, yang lalu diikuti dengan munculnya album kedua King yang berjudul ONE MAN. Dalam album keduanya Boon Gould turut menyumbangkan lirik untuk lagu King. Awal tahun 2001, para personel Level 42 reuni untuk pertama kali Mark King, Mike Lindup dan Phil Gould bermain bersama untuk pertama kalinya setelah sekian lama. Album RETROGLIDE diluncurkan pada Februari 2006 yang diproduksi dan direkam di rumah King.

Setelah sebelumnya pernah menggelar konser pada bulan September 1998 di Indonesia, tahun 2011 Level 42 kembali bertandang ke Indonesia. Konser mereka digelar di Jakarta digelar pada tanggal 11 Oktober di Ballroom Hotel Mulia, dan di Surabaya diselenggarakan pada 13 Oktober, tepatnya di JW Marriott Hotel.

DISKOGRAFI
Studio album
1981 - LEVEL 42
1982 - STRATEGY - THE EARLY TAPES
1982 - THE PURSUIT OF ACCIDENTS
1983 - STANDING IN THE LIGHT
1984 - TRUE COLOURS
1985 - WORLD MACHINE
1987 - RUNNING IN THE FAMILY
1988 - STARING AT THE SUN
1991 - GUARANTEED
1994 - FOREVER NOW
2006 – RETROGLIDE
© 2014 KAPANLAGI.COM
TopIndex BeritaArsipSaranKirimkan
FacebookTweetSitemap
Download Launcher