Ailee
:

 

Lee Yejin atau yang lebih akrab dikenal dengan nama panggung Ailee adalah seorang penyanyi solo dan artis berdarah Korea-Amerika yang lahir di Denver, Colorado, Amerika Serikat. Nama panggungnya merupakan gabungan dari nama Amerika dan marga keluarganya Amy dan Lee.

 

Ailee sempat sekolah di Pace University di mana ia mempelajari peradilan pidana. Kecintaanya terhadap musik akhirnya membuatnya memutuskan untuk cuti kuliah dan pindah ke Korea Selatan demi mengejar karirnya sebagai penyanyi. Nama Ailee mulai dikenal sejak ia membuat akun youtube bernama "aileemusic".

 

Pada November 2013, Ailee sempat ramai dibicarakan karena foto-foto bugilnya yang tersebar di internet. YMC Entertainment menyatakan bahwa foto tersebut memang benar Ailee saat ia ditawari menjadi model lingerie saat Ailee masih berada di Amerika. Namun ternyata hal tersebut merupakan penipuan dan pihaknya sudah melaporkan kasus tersebut ke pihak yang berwajib.

 

KARIR:

 

Sebelum memulai debutnya, Ailee sempat berkolaborasi bersama beberapa artis seperti Johnny Phlo dan rapper Dechipre di bawah agen independen Muzo Entertainment. Ketika Ailee hijrah ke Korea Selatan, ia memutuskan untuk bergabung bersama YMC Entertainment.

 

Saat masih training di bawah YMC Entertainment, Ailee tampil dalam lagu Wheesung yang berjudul 'They Are Coming'. Tidak hanya itu saja, Ailee juga muncul dalam lagu Decipher yang bertajuk 'Catch Me If You Can'.

 

Pada 13 September 2011, Ailee tampil pada salah satu episode "Singer and Trainee" di statsiun TV MBC. Penampilannya berhasil membuat kagum penonton meskipun saat itu, Ailee belum melakukan debut secara resmi. Penampilannya yang memukau juri acara tersebut membuatnya dinobatkan menjadi pemenang di acara tersebut.

 

Debut artis cantik ini dimulai pada 30 Januari 2013 sebagai aktor dalam drama DREAM HIGH SEASON 2 di mana ia berperan sebagai salah satu anggota K-pop HershE. Teaser video musik untuk lagu Heaven dirilis pada tanggal 6 Februari 2012. Sedangkan debut panggungnya dimulai pada 9 Februari 2012 di mana ia muncul di panggung M! Countdown M.net dan membawakan single pertamanya, Heaven.

 

Satu bulan setelah debutnya, Ailee berhasil mendapatkan 2 Penghargaan Musik Cyworld untuk kategori "Song of the Month" serta "Rookie of the Month".  Pada 22 Februari 2012, ia merilis lagu berjudul "Superstar" untuk soundtrack DREAM HIGH SEASON 2 bersama dengan Hyorin Sistar dan Jiyeon T-Ara.

 

Pada 16 Oktober, Ailee merilis video musik untuk single album mininya 'I'll Show You'. Ailee juga sempat merilis album mini berjudul 'Invitation' yang berisi 6 lagu. Di tahun 2013, Ailee kembali muncul dengan peluncuran album kedua bertajuk 'A's Doll House' yang rilis pada 12 Juli 2013.

 

Album 'A's Doll House' populer dengan single 'U & I' yang sukses menempati puncak tangga lagu Korea setelah 4 jam rilis. Pada 5 September 2013 lalu, manajemen Ailee menyatakan bahwa ia akan memulai debut di Jepang lewat lagu 'Heaven' yang liriknya diubah dalam bahasa Jepang.

 

DISCOGRAFI:

 

Mini Album:
- Heaven (2012)
- I'll Show You (2012)
- U & I (2013)

 

FILMOGRAFI:

 

Televisi:
- DREAM HIGH SEASON 2 (2012)
- IMMORTAL SONG 2 (2012)
- YOU & I (2012)
- ABU RADIO SONG FESTIVAL 2012 (2012)

 

Video Musik:
- Heaven (2012)
- I will Shouw You (2012)

 

 

Lebih Lengkap