Alessandra Ambrosio

Alessandra Corine Ambrosio atau lebih dikenal sebagai Alessandra Ambrosio adalah model asal Brasil dan terkenal sebagai salah satu Bidadari (Angel) produk lingerie dan kosmetik, Victoria's Secret sejak tahun 2000. Selain itu Alessandra juga menjadi duta model untuk produk Victoria's Secret lainnya dengan merek PINK pada tahun 2004. Model yang lahir pada 11 April 1981 di Erechim, Rio Grande do Sul, Brasil ini memiliki darah Italia dan Polandia. Ia mulai bergabung dengan kelas modeling pada usia 12 tahun.

Dengan tinggi 178 cm, Alessandra menyeruak ke dunia mode setelah menjadi salah satu dari 20 finalis Elite Model Look pada tahun 1996 di Brasil. Saat itu usianya baru 14 tahun. Meski tidak menang, namun Elite Model menawarinya kontrak menjadi model magang selama satu tahun.

Penyuka kuliner Jepang dan Thailand ini selalu merasa kurang 'pede' dengan telinganya yang besar. Hal inilah yang membuatnya melakukan operasi pada telinganya saat ia masih berusia 12 tahun. Namun 2 tahun kemudian operasi tersebut malah berakhir dengan komplikasi. Saat ia menjadi juri di The Tyra Banks Show pada 2006, Alessandra mengatakan dan ia menyebutkan bahwa dirinya tidak akan pernah melakukan operasi plastik lagi.

Kecantikan Alessandra Ambrosio mengantarkannya menjadi "100 Most Beautiful People in the World" versi majalah People edisi Mei 2007. Selain itu wanita 33 tahun yang mengaku suka traveling ke Bali ini juga terdaftar sebagai Model of the Month versi FMD (Fashion Model Directory) pada bulan Desember 2007.

Alessandra diangkat sebagai duta untuk para penderita penyakit langka yang disebut sklerosis ganda (multiple sclerosis). Ia mewakili organisasi non-profit National Multiple Sclerosis Society yang bermarkas di New York, Amerika Serikat.

Pada tahun 2012, model yang memiliki nama panggilan Ale ini menduduki posisi 6 dalam daftar model dengan penghasilan terbanyak versi majalah Forbes. Penghasilannya dalam setahun ditaksir mencapai 6,6 juta Dollar AS.

Ambrosio telah bertunangan dengan Jamie Mazur yang merupakan seorang pebisnis sejak tahun 2008. Pasangan ini memiliki dua orang anak yakni Anja Louise Ambrosio Mazur (24 Agustus 2008) dan Noah Phoenix Ambrosio Mazur (7 Mei 2012).

KARIR

Alessandra Ambrosio menjadi bagian dari membanjirnya model asal Brasil setelah kemunculan Gisele Bundchen di dunia fashion internasional pada tahun 1996. Usai menjadi model di Elite Model, Alessandra mendapat job pertamanya sebagai model profesional saat menjadi sampul majalah mode Marie Claire Brasil dan Elle.

Ambrosio mengikuti kelas modeling dan mulai menjadi model di usia 15 tahun untuk Dilson Stein. Alessandra Ambrosio menjadi bagian dari membanjirnya model asal Brasil setelah kemunculan Gisele Bundchen di dunia fashion internasional pada tahun 1996. Usai menjadi model di Elite Model, Alessandra mendapat job pertamanya sebagai model profesional saat menjadi sampul majalah mode Marie Claire Brasil dan Elle.

Kariernya berlanjut hingga akhirnya pada tahun 2000 desainer Guess? Paul Marciano mengajaknya bergabung menjadi model untuk desain Millennium-nya. Sejak saat itu, tubuh sexy dan wajah eksotis Alessandra terpajang di iklan-iklan dari merek-merek terkenal, seperti Victoria's Secret, Revlon, Christian Dior, Giorgio Armani, and Ralph Lauren, hingga menjadi model untuk kalender Pirelli.

Tidak hanya menjadi model iklan, Ambrosio juga sudah berjalan di atas catwalk untuk para desainer ternama seperti Prada, Chanel, dan Oscar de la Renta. Alessandra pertama kali memperagakan koleksi lingerie dan pakaian dalam wanita produk Victoria's Secret pada tahun 2001. Ia juga tampil di berbagai cover majalah internasional seperti Cosmopolitan, Elle, GQ, Harper's Bazaar, Marie Claire, Ocean Drive, Vogue dan Glamour. Di majalah Glamour, ia menjadi satu-satunya model yang muncul di cover majalah tersebut di Amerika Serikat.

Seakan kembali ke karier awalnya sebagai model sampul, foto-foto Alessandra menghiasi sejumlah majalah internasional macam Cosmopolitan, Elle, GQ, Harper's Bazaar, Marie Claire, Ocean Drive, dan Vogue. Selain itu, Alessandra menjadi satu-satunya model yang tampil di majalah wanita Glamour untuk Amerika Serikat edisi 2006.

Pada tahun 2004, bekerja sama dengan desainer Rosa Cha, Alessandra meluncurkan pakaian renang dengan merek namanya, Alessandra Ambrosio by Sais. Produk tersebut terjual hingga 10 ribu biji hanya dalam waktu 1 bulan sejak peluncurannya. Di tahun yang sama, Alessandra ditunjuk sebagai duta model oleh Victoria's Secret untuk produk lingerie khusus remaja mereka, PINK.

Selama kariernya di Victoria's Secret, Alessandra lebih banyak melakukan peragaan di TV Show khusus bernama The Victoria's Secret Fashion Show. Beberapa di antaranya cukup mencuri perhatian karena keunikan lingerie atau aksesori yang diperagakan Alessandra.

Di Victoria's Secret Fashion Show 2005, ia mengenakan lingerie yang seluruhnya terbuat dari permen. Di edisi 2008, Alessandra melenggang di atas catwalk setelah tiga bulan melahirkan anak pertamanya. Ia juga menjadi Angel pembuka untuk Victoria's Secret Fashion Show 2009.

Selain Victoria's Secret, Alessandra juga bekerja untuk jaringan ritel busana dan mode NEXT yang bermarkas di Inggris sejak 2007. Di sana, Alessandra mendapat kontrak iklan televisi selama 12 tahun.

Tahun 2005, ia menjadi tampil dalam Fashion Show Victoria's Secret dengan menggunakan lingerie yang seluruhnya terbuat dari permen. Di tahun 2011 ia muncul di atas catwalk Victoria Secret dengan sayap terberat, yaitu sekitar 14kg dimana saat itu ia sedang hamil anak kedua. Tahun 2012, ia terpilih tampil dalam tema Fantasy Bra yang dibuat oleh ahli perhiasan London dengan tambahan bebatuan amethyst, ruby, sapphire, dan berlian.

Tidak hanya dunia fashion, di tahun 2009 Ambrosio tampil di cover majalah Marie Claire bersama Sacha Baron Cohen untuk mempromosikan film BRUNO. Ia juga menjadi wajah pakaian olahraga Brasil yang bernama Colcci bersama Ashton Cutcher, menjadi blogger untuk Vogue, dan tampil di Closing Ceremony Olimpiada London 2012.

Di Victoria's Secret Fashion Show 2011, Alessandra mengenakan asesoris berupa sayap tambahan yang memiliki berat 13,6 kilogram (terberat di sepanjang sejarah peragaan lingerie Victoria's Secret). Hebohnya lagi, dia melakukannnya di saat tengah hamil anak kedua.

Di edisi 2012, Alessandra terpilih sebagai Angel yang memakai "Floral Fantasy Bra". Di bra tersebut tertempel berbagai macam batu mulia, mulai dari amethyst (batu kecubung), ruby, safir dan intan warna-warni (termasuk sebuah intan putih berkadar 20 karat di tengahnya). Bra tersebut dilengkapi dengan sabuk yang 'kabarnya' mengandung lebih dari 5200 macam batu mulia tertempel di atasnya. Satu set lingerie tersebut ditaksir berharga 2,5 juta Dollar AS.

Selain dunia fashion dan model, Alessandra juga sempat terlibat dalam beberapa produksi televisi dan film. Beberapa kali Alessandra muncul memerankan dirinya sendiri, seperti dalam LATE NIGHT WITH CONAN O'BRIEN (2006), serial TV HBO ENTOURAGE (2007), dan THE LATE LATE SHOW WITH CRAIG KILBORN (2014).

Alessandra juga pernah menjadi juri tamu dalam acara Project Runway Season 2: Team Lingerie (2005) dan dua kali menjadi juri di acara The Tyra Banks Show (2005 dan 2006). Dia juga pernah berperan sebagai top model di serial drama remaja GOSSIP GIRL di episode The Undergraduates pada tahun 2010.

Di dunia layar lebar, Alessandra tampil sebagai figuran di film CASINO ROYALE (2006), berperan sebagai pemain tenis. Ia juga pernah bermain sebagai bintang tamu di drama komedi situasi produksi CBS, HOW I MET YOUR MOTHER (dalam episode The Yips). Acara komedi yang tayang 26 November 2007 itu juga dibintangi para Angel dari Victoria's Secret lainnya seperti Adriana Lima, Selita Ebanks, Marisa Miller, Miranda Kerr, and Heidi Klum.

Atas semua yang berhasil diraihnya, ia berada pada urutan ke-5 dalam daftar model dengan penghasilan terbanyak di dunia versi majalah Forbes.

Pada musim semi 2014 lalu, Ambrosio meluncurkan merek fashion dan lifestyle milikanya yang bernama Ale by Alessandra bekerjasama dengan retailer Amerika, Cherokee. Ale by Alessandra menyasar perempuan yang berusia antara 18 hingga 35 tahun.

 

Lebih Lengkap