Asa Butterfield


Asa Maxwell Thornton Farr Butterfield, atau biasa dipanggil Asa Butterfield, lahir di Islington, London pada 1 April 1997. Aktor muda ini adalah anak dari pasangan Jacqueline Farr dan Sam Butterfield. Ia menjajaki dunia akting pertama kali pada usia 7 tahun. Ia sempat mengikuti klub teater Young Actor Theatre setiap pulang sekolah. Berawal dari pengalamannya tersebut, ia mendapatkan peran kecil di drama televisi AFTER THOMAS di tahun 2006 dan film SON OF RAMBOW setahun setelahnya. Peran minor kembali diperolehnya dalam ASHES TO ASHES, memerankan Donny.

KARIR
Karir profesional ia mulai pada usia 10 tahun, waktu itu ia membintangi THE BOY IN THE STRIPED PYJAMAS. Pada awalnya Butterfield bukan pilihan utama sang sutradara untuk memerankan peran utama pada film bertemakan peristiwa Holocaust tersebut. Mark Herman selaku sutradara mengaudisi ratusan anak dengan tujuan ingin mendapatkan gambaran anak kecil yang sangat lugu. Maka satu per satu peserta yang mengikuti audisi tersebut diberi pertanyaan yang berkaitan dengan Holocaust. Butterfield pun lolos audisi karena tak mengetahui apa pun tentang peristiwa tersebut. Selain berhasil menjadi pemeran utama dalam film tersebut, ia juga lolos dalam film MR. NOBODY yang diaudisikan secara bersamaan. Namun ia tak mengambil peran dalam film yang terakhir.

Pada serial MERLIN, Butterfield tampil sebagai salah satu tokoh kunci dalam cerita tersebut. Bermain sebagai Mordred, ia tampil pada beberapa episode dari serial yang tayang mulai 2008 tersebut. Ia mendapat peran kecil di film berjudul THE WOLFMAN yang rilis tahun 2010. NANNY MCPHEE AND THE BIG BANG adalah film yang dibintanginya bersama Emma Thompson di tahun yang sama. Akhirnya ia mendapat peran utama dalam film besutan Martin Scorsese, HUGO yang rilis tahun 2011. ENDER'S GAME menjadi film yang membuat namanya semakin populer. Butterfield membintangi film adaptasi novel tersebut bersama Harrison Ford, Abigail Breslin, dan Hailee Steinfield. Selepas ENDER'S GAME, ia menyelesaikan perannya di film X+Y yang rilis tahun 2014. Pada akhir 2013, Butterfield berencana untuk mengambil peran dalam KING OF KASTLE dan THE WHITE CIRCUS. Awal 2014, TEN THOUSAND SAINT akan ia bintangi bersama Ethan Hawke, dan akan dirilis pada tahun 2015.

Di samping pekerjaannya sebagai aktor, Butterfield juga hobi bermain musik. Ia sempat merilis lagu mashup Teenage Dirtbag dan Making Plans For Nigel di tahun 2004. Ia juga mendesain game bersama ayah dan saudaranya. Game yang berjudul Racing Blind tersebut dirilis pada 7 April 2013.

FILMOGRAFI

FILM
*2006: AFTER THOMAS
*2007: SON OF RAMBOW
*2008: THE BOY IN THE STRIPED PYJAMAS
*2010: THE WOLFMAN
*2010: NANNY MCPHEE AND THE BIG BANG
*2011: HUGO
*2013: ENDER'S GAME
*2014: X + Y
*2015: TEN THOUSAND SAINTS

TELEVISI
*2008: ASHES TO ASHES
*2008-2009: MERLIN

Lebih Lengkap