Ayu Laksmi

Nama panjangnya I Gusti Ayu Laksmiyani. Ia lahir dari pasangan Bali yang mencintai seni, putri dari I Gusti Putu Wiryasutha dan I Gusti Ayu Sri Haryati. Kuliah di Fakultas Hukum Universitas Udayana yang sempat tertunda karena kesibukan menyanyi di Jakarta, dituntaskan pada tahun 1993.
Karena bernyanyi, Ayu menguasai bahasa Inggris, Spanyol dan Prancis.

KARIR
Ayu Laksmi memasuki dunia entertain melalui jalur rock. Tahun 1989, ia sudah dikenal sebagai lady rocker. Ayu adalah penyanyi Bali pertama yang berhasil menembus industri musik nasional.

Tahun 1991, ia merilis debut album berjudul ISTANA YANG HILANG. Sayang sekali, album itu gagal di pasaran. Setelah kegagalan album debutnya, Ayu pun kembali ke Bali. Di sana ia memulai dari awal, bernyanyi di kafe dan hotel, bahkan sempat jadi penyanyi di kapal pesiar.

Tahun 2006, paska peledakan Bom II Bali, Ayu menemukan jalur sesuai hatinya. Karena diminta tampil di acara Bali for the World, yang diorganisir bukan oleh orang Indonesia.

Dari sana, Ayu mulai mengaransemen lagu-lagu yang kental nilai tradisional, yang bercerita tentang Tuhan dan alam. Ia sering diminta membuat ilustrasi musik untuk film, serta diundang tampil di festival musik Bali atau internasional. Yang dibawakan biasanya kidung-kidung. Satu waktu, Ayu tampil menyanyikan kidung berbahasa Kawi yang diambil dari Kitab Arjuna Wiwaha.

SVARA SEMESTA adalah album kedua Ayu, di mana ia memadukan tradisi dan modern. Album swadaya yang diproduseri sendiri ini mempunyai syair yang dikemas dalam lima bahasa, bahasa Sansekerta, Kawi, Bali, Indonesia dan Inggris. Konsep dasarnya adalah Tri Hita Karana, tentang hubungan cinta kasih antara manusia dengan manusia, manusia dengan semesta, manusia dengan Tuhan.

Tak berhenti di sana, Ayu turut berperan dalam film UNDER THE TREE garapan Garin Nugroho. Peran itu mengantarnya sebagai salah satu nominator pemeran utama wanita terbaik FFI tahun 2008.

DISKOGRAFI
ISTANA YANG HILANG 1991
SVARA SEMESTA 2010

FILM
UNDER THE TREE 2008
DI BAWAH MATAHARI BALI 1993
CATATAN SI BOY 1989
Lebih Lengkap