Bae Yong Jun

Bae Yong Joon lahir di Seoul, Korea Selatan pada 29 Agustus 1972. Dia adalah aktor Korea Selatan yang dikenal dengan peran-perannya dalam berbagai serial drama. Penggemar menyebutnya dengan singkatan BYJ. Penggemar di Jepang mengagungkannya sebagai dengan panggilan kehormatan Yon-sama.

Semasa kecil, Bae sangat menggemari Taekwondo dan sempat mengalami cedera di bagian mata akibat tertendang. Karenanya, penglihatannya menjadi kurang bagus hingga sekarang. Atas alasan penglihatan terseburBerdasarkan kondisi penglihatannya, Bae dibebaskan dari wajib militer.

Bae yang sempat mengenyam pendidikan di Jurusan FTM (Film, TV & Multimedia) di Fakultas Seni Universitas Sungkyunkwan, tersebut sepertinya lebih ingin fokus pada karir ketimbang pendidikannya di kampus tersebut. Setelah melalui pemikiran yang matang, akhirnya pada bulan Maret 2005, Bae akhirnya untuk berhenti kuliah.

KARIR
Bae Yong Jun mengawali karirnya di bidang seni peran lewat sebuah film berjudul PPILKU yang dirilis tahun 2004 lalu. Dari peran ini, Bae Yong Jun kemudian mendapat tawaran untuk membintangi beberapa film drama seperti SALUT D'AMOUR dan SIX STEPS TO SEPARATION.

Namun baru lewat perannya dalam film SUNNY PLACE OF THE YOUNG, aktor ini mendapat sorotan para kritikus film. Kesuksesan peran ini membawanya pada film FIRST LOVE yang lagi-lagi membuahkan banyak pujian bagi aktor yang selalu tertutup bila sudah sampai pada hal-hal pribadi ini.

Setelah sempat memutuskan untuk meninggalkan dunia peran untuk melanjutkan pendidikannya di Sung Kyun Kwan University, Bae Yong Jun akhirnya kembali ke dunia film dan membintangi film serial televisi HOTELIER. Nama Bae Yong Jun sendiri baru mulai mendunia sejak ia membintangi film WINTER SONATA. Film ini juga yang kemudian menjadi pembuka jalan bagi film-film Korea untuk menembus pasar Jepang.

Dari sekitar lima belas film yang pernah ia bintangi, Bae Yong Jun berhasil meraih tak kurang dari sepuluh penghargaan termasuk dari KBS, Bak Sang, Blue Dragon dan MBC.

FILMOGRAFI
Film
1995: PPILKU
2003: UNTOLD SCANDAL
2005: APRIL SNOW

Drama televisi
1994: SALUT D'AMOUR (LOVE GREETING)
1995: SIX STEPS TO SEPARATION
1995: SEA BREEZE
1995: A SUNNY PLACE OF THE YOUNG
1996: PAPA
1997: FIRST LOVE
1998: THE BAREFOOTED YOUTH
1999: DID WE REALLY LOVE?
2001: HOTELIER
2002: WINTER SONATA
2007: HOTELIER
2007: THE STORY OF THE FIRST KING'S FOUR GODS
2010: DREAM HIGH

PENGHARGAAN
1995: KBS Drama: Pendatang Baru Terbaik & Penghargaan Fotogenik
1996: KBS Drama: Penghargaan Aktor Terbaik & Penghargaan Aktor Populer
1997: 33rd Bak Sang: Penghargaan Kepopuleran
2002: 38th Bak Sang: Penghargaan Kepopuleran
2002: KBS Drama: Aktor Terbaik & Aktor Terpopuler
2003: Blue Dragon: Bintang Populer dan Pendatang Baru Terbaik
Lebih Lengkap