Bamboo

Bamboo adalah band asal Filipina yang beraliran alternative rock. Band ini dibentuk tahun 2003 oleh Francisco "Bamboo" MaƱalac dan Nathan Azarcon yang sebelumnya pernah tergabung dalam grup band populer Rivermaya, serta dua personil lainnya yaitu Ira Cruz dan Vic Mercado, mantan personil band Passage. Band ini pada awalnya bernama "Audio Barangay" namun karena inigin menghindari kesamaan nama dengan grup band Audioslave yang juga baru muncul, mereka mengganti nama bandnya dengan nama Bamboo yang tedengar lebih sederhana dan menarik.

KARIR
Album Bamboo yang pertama, As The Music Play, dirilis bulan Februari 2004. Album tersebut mendapat respon positif dari para kritikus maupun pendengar. Album tersebut juga memenangkan AWIT Award, NU 107 Rock Awards dan MTV Pilipinas tahun 2004.
Tahun berikutnya album kedua mereka, Light Peace Love dirilis. Album tersebut berisi 10 lagu dengan tema dan mood yang berbeda dan hanya membutuhkan waktu 3 bulan untuk masa rekaman. Album kedua ini terdengar lebih lembut dari album yang pertama. Bamboo menambahkan sedikit sentuhan gitar dan beberapa instrumen lainnya seperti terompet. Bamboo sendiri mengakui bahwa album ini memiliki sesuatu yang istimewa dibandingkan album sebelumnya.
Album We Stand Alone Together yang merupakan album ketiga mereka diluncurkan tahun 2007. Dalam album yang juga berisi single kolaborasi dengan Joshua "Jessa" ini berisi beberapa lagu daerah yang diremix seperti Buklod's "Tatsulok" dan juga lagu barat yang populer seperti 50 Ways to Leave Your Lover yang dinyanyikan oleh Paul Simon. Selain itu, album tersebut juga berisi 3 bonus track Mr. Clay, These Days, dan Hallelujah. Yang tidak disangka sebelumnya adalah album ini lebih jazzy daripada album sebelumnya.
Bamboo juga pernah mengisi soundtrack film ROUNIN dengan menyanyikan lagu Argos. Album mereka yang berjudul Tomorrow Becomes Yesterday akhirnya berhasil meraih platinum pada bulan September 2008, hanya selang 2 hari setelah dirilis.

DISKOGRAFI:
2004: As The Music Play
2005: Light, Peace, Love
2006: OST Rounin
2007: We Stand Alone
2008: Tomorrow Becomes Yesterday
2010: Tomorrow Becomes Yesterday (Repackaged Version)
Lebih Lengkap