Bang Tigor

Sumaisy Djaitov Yanda atau yang lebih dikenal dengan Bang Tigor, lahir di Balikpapan pada tanggal  14 Desember 1968. Ia dikenal lewat perannya sebagai Bang Tigor dalam sitkom SUAMI-SUAMI TAKUT ISTRI.

Saat masih tinggal di Kalimantan, ia dikenal sangat jahil dan badung. Kelakuannya tersebut membuat orang-orang banyak yang mengacuhkannya. Ia mengaku sering tidur di pinggir jalan dan pulang pagi.

Pria yang perawakannya berotot dan beraksen khas ini akhirnya memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya dan merantau ke Ibukota Jakarta. Di kota inilah ia menemukan karir dan cintanya.

Namun, belakangan diketahui, Bang Tigor kini sedang menjalani proses perceraiannya dengan istrinya, Selly Suryani Gunawan. Perceraian yang ia daftarkan pada tanggal 21 Mei 2012 digelar di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Sidang pertama pada tanggal 19 Juni telah ia jalani, dan 3 Juli kemarin ia telah menjalani sidang perceraiannya yang kedua. Pada 31 Juli 2012, Pengadilan Agama Jakarta Selatan telah mengeluarkan keputusan cerai bagi Bang Tigor dan Selly.

Di tengah proses perceraiannya dengan Selly, Bang Tigor telah menikah siri dengan perempuan lain yang seiman.

KARIR

Saat masih tinggal di Kalimantan, ia dikenal sebagai seorang yang badung. Sehingga banyak orang yang mengacuhkannya. Ia pun sering tidur di pinggir jalan dan pulang pagi.

Hingga suatu saat ia memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya, Balikpapan, Kalimantan Timur dan merantau ke Ibukota Jakarta.

Sesampainya di Jakarta, ia ditawari rekannya untuk menjadi bodyguard di sebuah kafe. Ia berkata mungkin karena badannya yang besar dan perawakannya yang sangar. Pria yang mengidolakan Sylvester Stalone ini saat itu sudah menyukai olahraga binaraga dan body building.

Pada tahun 1995, ia membantu temannya untuk mengelola sebuah pusat kebugaran yang saat itu milik pemerintah. Dari situlah ia mengenal Ade Rai. pada tahun 1997, ia mendapatkan dua medali perak dalam ajang PON yang digelar di Surabaya.

Hingga suatu saat, saat ia menjadi instruktur artis, Indra Bruggman, ia pun ditawari untuk ikut main film layar lebar. GAIRAH 3 MALAMadalah film layar lebar pertamanya yang dimana ia berperan sebagai pemerkosa.

Kemudian, ia mendapatkan peran sebagai anak kuliahan dalam sinetron CINTA PERTAMA. Sejak saat itu pula, ia banyak mendapatkan tawaran sinetron dan bintang iklan.

Di pertengahan 2007, saat sitkom SSTI kesulitan mencari artis yang pas untuk memerankan tokoh Tigor, yanda yang saat itu sedang di Bali menghadiri kejuaraan binaraga, terbang ke Jakarta dan langsung mendapatkan peran sebagai Bang Tigor.Dari peran itulah ia kini mendapat banyak tawaran di dunia hiburan.

SINEMATOGRAFI

Film:

GAIRAH MALAM 3

Sinetron:

Cinta Pertama

Sitkom:

Suami-Suami Takut Istri

Oleh: Dyan Saryani

Lebih Lengkap