Baron
Aria Baron Suprayogi atau yang juga dikenal sebagai Baron Arafat adalah gitaris Indonesia. Baron mengawali karir bermusik bersama bandnya, Circus dan Postcard di Bandung. Mereka manggung di berbagai acara kampus.

Baron pernah les piano klasik dan kemudian pindah ke gitar akustik di YMI saat berusia 12 tahun. Sayang, ia tak tahan dan memutuskan untuk belajar otodidak dari teman-temannya. Setelah itu Baron sempat kursus gitar jazz.

Saat duduk di bangku kelas 1 SMA, Baron belajar pada Donny Suhendra, Harry Roesli, dan Pra Budidharma. Hasilnya tak sia-sia, dia meraih gelar gitaris terbaik selama tiga tahun berturut-turut (1986-1988) dari ajang LMC (Light Music Contest) Yamaha.

Baron juga berperan dalam pembentukan beberapa band besar tanah air, antara lain /rif yang dibentuknya bareng Andi, Iwan, Abi, dan Ade. Setelah usai kuliah di Universitas Parahyangan, Baron hijrah ke Jakarta dan bersama Armand, Budjana, Ronald, dan Thomas, mendirikan GIGI.

Namun dengan alasan ingin melanjutkan sekolah di Communication Arts, di New York Institute of Technology, Amerika, Baron resmi keluar dari Gigi pada September 1995, saat itu, Gigi masih berada di puncak kejayaannya.

Pria kelahiran Bandung, 16 Januari 1970, ini pun cukup lama tak muncul di blantika musik Indonesia, sampai akhirnya pada pertengahan tahun 2000, Baron kembali nge-band bersama Eel (mantan drummer ADA Band) dan Adi Dharmawan, basis Donny Suhendra di bawah bendera NO! Band.

Tak bertahan lama, NO! Band berubah nama menjadi Baron Band, disusul perubahan formasi, Baron (gitar), Arry Safriadi (vokal), Adi Dharmawan (bass), Aksan Sjuman (additional drum untuk album). Mereka pun merilis BARON VOLUME 01 (2002, BMG Music Indonesia). Untuk penampilan live, Baron merekrut Krisna (kibor) dan Iyun (drum) - keduanya personel Discus - untuk memperkuat performa Baron Band.

Lama tak nge-band, Baron gerah juga. Di tahun 2008, bersama vokalis Ary dan drummer Jimmy, Baron membentuk Baron`s Soulmate. Mereka pun merilis album perdana FLYING HIGH (Agustus 2008).

Pada awal September 2010, Baron menyatakan bahwa dirinya sedang menjalani pembuatan album yang sangat berbeda dengan album-album sebelumnya. Proyek album yang dilakukan dengan beberapa musisi lain ini membawa aransemen nasyid dengan musik yang lebih modern, yang melibatkan Erick Yusuf, Rida RSD dan Danny Spreet dari Java Jive.

Dalam album ini, keterlibatan Baron sebatas pada aransemen musik, bukan penciptaan lagu seperti yang biasa dilakukannya.
Lebih Lengkap