Calvin Harris

Calvin Harris adalah seorang Dj, penulis lagu, penyanyi dan produser rekaman asal Skotlandia yang lahir 17 Januari 1984. Ia mempunyai nama asli Adam Richard Wiles. Single-nya bersama Rihanna yang berjudul We Found Love meraih top chart internasional.

Calvin kecil mengidolakan Steve McManaman, namun karena ia tidak mempunyai kemampuan untuk bermain sepak bola, ia pun memilih musik sebagai karirnya. Ia mulai mengenal musik elektro ketika ia remaja dan mulai merekam demo rekaman pada tahun 1999. Ia mulai menuai kesuksesan saat ia berumur 21 tahun. 

KARIR

Calvin mulai menanjakkan kakinya di dunia musik ketika ia masih remaja. Tahun 1999, ia membuat beberapa rekaman demi hasil ciptaannya. Saat ia berusia 21 tahun, ia sudah berhasil Da Bongos dan Brighter Days di bawah label Prima Facie di tahun 2002. Tahun 2004, ia bersama Ayah Marar merilis lagu Let Me Know yang muncul dalam The Unabombers' Electric Soul 2.

Calvin menandatangani kontrak dengan EMI dan Sony BMG setelah ia ditemukan oleh Tommie Sunshine melalui Myspace. Ia juga sempat mengeluarkan album di bawah label Xylophone Jones Recordings milik Tommie. Namun, karena tidak dapat menemukan pekerjaan, ia pun kembali ke Skotlandia. Kemudian, ia memproduksi versi remix dari single Rock Steady milik All Saints

Album pertamanya bertajuk I CREATED DISCO rilis pada Juni 2007. Album ini bertempo up dan electroclash khas taun 80-an. Dalam rangka mempromosikan album ini, ia pun menggelar tur di Inggris, bersama Faithless dan Groove Armada. Album ini pun berhasil terjual sebanyak 100.000 kopi di Inggris dan meraih Gold dari  British Phonographic Industry serta mencapai nomor delapan di tangga lagu UK Albums Chart.

Tahun 2008, ia pernah mengalami kejadian kehilangan laptop yang berisi salinan dari lagu-lagu yang rencananya akan masuk dalam proyek album keduanya. Namun, akhirnya, ia pun berhasil menyelesaikan album keduanya yang diberi judul READY FOR THE WEEKEND pada Agustus 2009 dan meraih puncak tangga lagu pada UK Albums Chart. 

Ia pun mengadakan tur ke beberapa negara seperti Inggris, Irlandia, Perancis dan Belanda untuk mempromosikan albumnya tersebut. Tahun 2010, ia masuk sebagai nominasi dalam BRIT Awards sebagai British Male. 

Tahun 2010, ia berpartisipasi dalam Big Day Out, sebuah festival musik yang digelar di beberapa kota besar di Australia. Mei di tahun yang sama, ia juga tampil di Evolution Festival yang digelar di Inggris. Tahun 2011, ia bersama Rihanna mengadakan tur untuk album Rihanna LOUD di Australia, Polandia dan Inggris. 

Ia merilis beberapa single seperti Awooga, Bounce, Feel So Close dan Let's Go yang berkolaborasi dengan penyanyi Ne-Yo. Single Feel So Close menjadi single pertama dari Calvin yang berhasil masuk pada Billboard Hot 100 di Amerika, di posisi nomor 12. Oktober 2012, rencananya ia akan segera merampungkan album ketiganya dan segera merilisnya. 

DISKOGRAFI

2007 I CREATED DISCO

2009 READY FOR WEEKEND

PENGHARGAAN

2009 The Music Producers Guild Awards SEBAGAI Best Remixer

2009 NME Awards UNTUK Best Dancefloor Filler dalam Dance Wiv Me


Oleh: Dyan Saryani

Lebih Lengkap