Cee Lo Green

Rapper asal Amerika ini bernama asli Thomas DeCarlo Callaway. Ia dilahirkan pada tanggal 30 Mei 1974. Selain terkenal sebagai seorang rapper, ia juga merupakan seorang penulis lagu, produser rekaman, dan juga aktor.

Cee Lo pernah menikah dengan seorang wanita bernama Christina Johnson namun mereka bercerai pada tahun 2005 lalu. Pasangan ini dikaruniai seorang putra bernama Kingston. Sebelum menikah dengan Cee Lo, Johnson telah mempunyai 2 orang putri yaitu Sierra dan Kalah.

 

KARIR

Cee Lo memulai karirnya dengan menjadi seorang penyanyi gereja. Setelah itu bersama dengan Big Gipp, T-Mo, dan Khujo, Cee Lo membentuk sebuah grup hip hop bernama Goodie Mob. Grup ini merilis album pertama mereka yang berjudul SOUL FOOD tahun 1995. Album ini mengeluarkan hits single seperti Cell Therapy, Soul Food, Fight to Win, dan The Voice.

Album kedua Goodie Mob yang berjudul STILL STANDING keluar pada 1998. Di album kedua ini Cee Lo lebih berkonsentrasi pada kemampuan bernyanyinya daripada rapping. Dan hal ini lebih ditonjolkan pada album selanjutnya yang berjudul WORLD PARTY  yang dirilis tahun 1999.

Sebenarnya selama proses pembuatan album ketiga ini, Cee Lo lebih fokus terhadap karir menyanyi solonya dan akhirnya ia pun keluar dari Goodie Mob. Sejak menjadi penyanyi solo, ia banyak terlibat kolaborasi dengan penyanyi lain seperti OutKast dalam lagu Hold On dan Santana dalam albumnya yang berjudul SUPERNATURAL.

Album pertama Cee Lo sejak ia merintis karir sebagai penyanyi solo adalah CEE-LO GREEN AND HIS PERFECT IMPERFECTIONS. Album ini terbilang tidak terlalu sukses di pasaran namun lagunya yang berjudul Closet Freak banyak diputar di beberapa radio Amerika.

Cee Lo baru mendapatkan atensi publik secara menyeluruh saat ia merilis album keduanya yaitu CEE-LO GREEN...IS THE SOUL MACHINE. Album yang diproduseri oleh Timbaland ini memasang lagu andalan berjudul I'll Be Around.

Selain aktif sebagai penyanyi, ia juga aktif dalam dunia seni peran. Akting terbarunya terdapat dalam film berjudul HOTEL TRANSYLVANIA dimana ia berperan sebagai seorang tokoh bernama Murray the Mummy.

 

DISKOGRAFI

ALBUM (bersama Goodie Mob)

SOUL FOOD (1995)

STILL STANDING (1998)

WORLD PARTY (1999)

 

ALBUM SOLO

CEE-LO GREEN AND HIS PERFECT IMPERFECTIONS (2002)

CEE-LO GREEN...IS THE SOUL MACHINE (2004)

THE LADY KILLER (2010)

CEE-LO GREEN...IS EVERYBODY'S BROTHER (2012)

 

 

 

Lebih Lengkap