Cozy Republic
Cozy Republic adalah sebuah band beraliran reggae yang sekarang digawangi oleh Cozy Bastian (vokal), Penyot Cozy (gitar, back vokal), Luthfi (drum), Indha (keyboard), Rival (guest bass), dan Daverrzt (perkusi). Band asal Jakarta ini terbentuk sejak tahun 2006.

Awal tebentuknya band ini adalah dengan menjadi salah satu band yang mengisi kompilasi Music Factory, bentukan Kentucky Fried Chicken. Single Bisa Setia beraliran reggae langsung menyedot perhatian di antara lagu-lagu pop lainnya.

Karena sering 'nongkrong bareng' di Gang Potlot, akhirnya Ivanka Slank tertarik untuk memproduseri single pertama mereka yang dirilis dengan judul Republik Uye pada tahun 2008.

Cozy Republic menggeliat kembali di tahun 2010 ini dengan melempar single baru bertitle Republik Uye seusai kerja sama pertamanya dengan Greenlabs. Hits Republik Uye sejatinya hasil olah kembali album debut mereka di tahun 2008 dengan format band baru, yang ditandai dengan masuknya Indha (keyboard) dan Rival (bass) untuk melengkapi barisan Cozy Bastian (vokal), P'nyot (gitar) dan Uvi (drum).

Yang membuat band ini berbeda dengan banyak band reggae lainnya adalah tema cinta yang mereka hadirkan. Mereka tidak lagi berbicara tentang pantai, isu sosial atau politik layaknya band reggae yang lain.

Single yang mereka andalkan adalah Hitam Putih, Kucing Rasta, Republik Uye, Mirip Pacarku, dan Bidadari.

Karena album pertama mereka kurang diterima di pasaran. Pada September 2010 dengan warna musik yang lebih dewasa dan masih tetap ada unsur reggae, band ini mencoba mendobrak pasar musik Indonesia lewat lagu-lagunya dengan album kedua mereka.

Single yang mereka jagokan pada album kedua ini berjudul Kalau Jodoh Tak Lari Kemana. Yang unik, mengikuti sukses beberapa band reggae terdahulu, Cozy Republic pun mencoba berbagai inovasi untuk menebarkan virus reggae keluar komunitas.

Hal ini bisa dilihat ketika band ini melakukan kolaborasi untuk hits single terbaru Kalau Jodoh Tak Lari Kemana dari album keduanya dengan salah satu perusahaan produsen handphone (HP) asal negeri tirai bambu, China.
Lebih Lengkap