Daft Punk

Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Homem-Christo bertemu pada 1987 di sekolah mereka Lycee Carnot Paris. Kemudian, berdua menjalin pertemanan, yang selanjutnya dilanjutkan dengan merekam beberapa demo lagu, dan dibantu oleh beberapa teman mereka.

Dan Akhirnya untuk melengkapi formasi band, mereka mengajak Laurent Brancowitz, kemudian mengikrarkan diri sebagai Darlin pada 1992. Bangalter dan de Homen-Christo memainkan bass dan gitar, sementara Brancowitz bermain drums. Saat band Inggris Stereolab merilis dua lagu dalam sebuah EP, melalui Duophonic Records, mereka mengundang Darlin untuk menjadi opening Stereolab selama konser di UK.

Bangalter mengungkapkan bahwa, "Hal yang paling rock and roll yang kita dapatkan, cukup memuaskan, aku rasa. Benar-benar singkat, mungkin sekitar 6 bulan, 4 lagu dan 2 gigs, hanya itu saja." Lalu datang sebuah review jelek dari Melody Marker oleh Dave Jennings tentang musik mereka. Melody Marker menyebut musik Darlin sebagai daft punky trash.

Alih-alih menolak menanggapi review tersebut, band ini menemukan sebuah hal yang unik dari sebutan musik mereka. Sebagai mana diutarakan de Homem-Christo, "Kami berjuang begitu lama menemukan nama untuk band, kemudian hal ini datang dengan begitu cepat."

Dengan segera mereka menanggalkan nama Darlin, kemudian meninggalkan Brancowitz yang tengah membentuk proyek musik lain bersama Phoenix. Bangalter dan de Homem-Christo mulai tampil dengan nama Daft Punk, bereksperimen menggunakan drum mesin serta synthesizers.

 

KARIR

Pada tahun 1997 duo elektronik ini mulai meluncurkan debut album mereka dengan judul HOMEWORK. Dalam debut album mereka, terdapat satu single yang sangat sukses membawa Daft Punk ke pentas musik internasional, Around The World.

Album ke dua mereka DISCOVERY rilis pada 2001, dan merupakan album tersukses Daft Punk. Menyertakan beberapa hit club single seperti One More Time, Digital Love dan Harder, Better, Faster, Stronger.

Pada Maret 2005, duo ini merilis HUMAN AFTER ALL, dua single mereka, Robot Rock dan Technologic mendapat kesuksesan di UK. Kemudian band ini melakukan tour selama tahun 2006-2007, yang dilanjutkan dengan merilis album live tour ALIVE 2007.

Daft Punk pun ditunjuk Walt Disney untuk mengisi scoring film TRON:LEGACY pada tahun 2010. Setelah meninggalkan EMI Record pada Januari 2013 dan beralih ke Columbia, Daft Punk merilis RANDOM ACCESS MEMORIES di tahun yang sama.

 

DISKOGRAFI

HOMEWORK (1993)
DISCOVERY (2001)
HUMAN AFTER ALL (2005)
TRON: LEGACY (2010)
RANDOM ACCESS MEMORIES (2013)

 

PRESTASI

Best Dance Recording di Grammy Awards 2009
Best Electronic/Dance Album di Grammy Awards 2009

 

 

 

Lebih Lengkap