KABAR GALERI VIDEO EVENT

10 Fakta Endang Mulyana Ayah Lesti, Minta Rizky Billar Tak Manjakan Putrinya dengan Kekayaan - Nyaris 20 Tahun Mengidap Tumor

Tantri Dwi Rahmawati   | Selasa, 26 Oktober 2021 11:58 WIB
10 Fakta Endang Mulyana Ayah Lesti, Minta Rizky Billar Tak Manjakan Putrinya dengan Kekayaan - Nyaris 20 Tahun Mengidap Tumor
Endang Mulyana (Credit: instagram.com/ayah_kejora)

Kapanlagi.com - Nama Lesti sudah begitu besar sekarang. Bukan hanya karena kisah cintanya dengan Rizky Billar, jauh sebelum itu ia sudah meniti karier sebagai penyanyi dangdut belia. Selama itu pula, ada sosok ayah yang setia menemani, Endang Mulyana.

Tak heran kalau Endang pun begitu disorot publik dan bikin penasaran. Bisa jadi, tak banyak yang tahu betapa Endang bukan hanya pernah jadi ART di keluarga Tamara Bleszynski tapi juga pernah jadi supir. Intip yuk sederet fakta lainnya!

1. Jadi ART Keluarga Tamara Bleszynski

Pada satu masa, ayahanda Lesti pun dipertemukan dengan om Tamara Bleszynski yang kala itu belum jadi artis. Beliau lantas dipekerjakan sebagai ART untuk membantu berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan rumah tangga.

"Bapak awal tahun 1982 berangkat ke Bandung. Di Bandung 6 tahun lumayan pengalamannya di situ sempet ketemu sama orang tuanya artis. Tamara Bleszynski waktu itu masih belum jadi artis. Saya kerja di omnya. Waktu itu saya juga jadi pembantu, jadi tukang kebun," ujarnya dalam channel Youtube Beni Mulyana Sopian Mei lalu.

2. Seorang Pengembara

Selain pernah jadi ART di keluarga Tamara, Endang juga pernah bekerja pada orang Kanada. Berbagai jenis profesi ia jajal.

"Namanya saya pengembara, segala pekerjaan sudah saya kerjakan; pegawai toko, pernah kerja di orang Kanada, sampai lari, pokoknya hampir keliling dunia saya," imbuhnya dari sumber yang sama.

3. Nyaris 20 Tahun Idap Tumor

Pada wawancara dengan Hot Shot pada Maret 2016 silam, Lesti mengungkap betapa ayahnya menderita tumor di dada.

"Sakit tumor, tumornya jinak. Jinak tapi karena udah 14 tahun itu udah besar banget," ujar Lesti yang kala itu masih remaja.

Endang pun mengaku enggan melakukan operasi padahal, niat Lesti ikut kompetisi adalah untuk mencari biaya pengobatan ayahnya.

"Kalau masalah penyakit saya, abaikan saja dulu. Saya juga nggak merasa sakit kan. Maksudnya ya masih bisa ditahan lah. Prinsip saya, kalau masih bisa berjalan masih bisa bernapas istilahnya Insyaallah saya akan berjalan terus menjaga anak saya," terangnya.

4. Ingin Dampingi Lesti Hingga Napas Terakhir

Alasan Endang enggan operasi tak lain adalah khawatir jika gara-gara operasi ia jadi tak bisa mendampingi Lesti lagi.

"Yang saya khawatirkan gini, di proses operasi atau di masa penyembuhan saya bisa jadi lebih lama atau mungkin bisa juga namanya khawatir antara sembuh atau tidaknya gitu," ujarnya.

"Sedangkan saya pengennya menjaga anak saya sampai napas terakhir saya. Selama saya mampu," imbuh Endang.

5. Pernah Sebal Lihat Lesti Disawer Tak Senonoh

Sebagai sosok yang mengantar Lesti dari panggung ke panggung, Endang melihat sendiri bagaimana Lesti di panggung. Ia mengaku tak suka jika Lesti disawer dengan cara tak senonoh. Ia pun meminta Lesti pakai hijab.

"Dari dulu terutama saya ngantar Lesti dari panggung ke panggung karena saya nggak suka dengan orang yang joget, orang yang cara nyawer dia nggak senonoh. (saya bilang) 'De, buat bapak Dede boleh nyanyi kapan pun boleh tapi tolong jaga, tutup aurat'. Dari dulu pesan saya gitu," terangnya.

"Dede nyanyi itu cuma jual suara aja, nggak jual body, nggak jual aurat gitu kan," tegas Endang. Kini, permintaan Endang itu sudah diwujudkan Lesti.

6. Pernah Dituding Menolak Lamaran Rizki DA

Seperti yang KLovers tahu, sebelum dinikahi Rizky Billar, Lesti sempat jalin hubungan asmara dengan Rizki DA selama 5 tahun. Sempat berhembus kabar betapa hubungan mereka tak direstui Endang. Bahkan, Endang disebut menolak lamaran Rizki DA.

Soal itu, Endang sempat buka suara. Ia tak merasa pernah ada yang melamar putrinya. Ia juga meminta bukti jika penolakan itu benar-benar pernah terjadi.

"Itu tuh sebenarnya siapa yang pernah dilarang sama saya? Siapa yang melarang anak saya Dede menikah? Saya sampai bilang begini, kalau ada yang pernah ditolak lamarannya sama saya bawa orangnya ke sini," ujarnya beberapa tahun lalu dalam kanal Youtube Populer Seleb.

7. Tak Pernah Berharap Anaknya Dinikahi Pejabat Atau Orang Besar

Punya putri yang sudah jadi artis besar, Endang mengaku tak pernah berharap punya mantu dari kalangan pejabat atau pengusaha.

"Kebanyakan (orang menginginkan mantu) orang hebat, pengusaha, pejabat, nah nggak ada saya kepikiran ke situ," ujarnya dilansir dari sumber yang sama.

Baginya, yang paling penting adalah calon suami Lesti harus bertanggung jawab dan betul-betul laki-laki.

"Yang penting, yang sayang sama anak saya, yang bertanggung jawab sama anak saya, bener-bener laki-laki. Ya udah itu, nggak usah entah itu dari mana, enggak, saya nggak minta," lanjutnya.

8. Larang Rizky Billar Memanjakan Lesti

Sebagai ayah yang harus merelakan putri tercinta dinikahi Rizky Billar, Endang hanya berpesan satu hal yakni agar Billar tak memanjakan Lesti dengan kemewahan dan kekayaan.

"Titip Dede, jangan dimanjakan dengan kekayaan, jangan dimanjakan dengan kemewahan. Pimpin Dede melaksanakan ibadah, itu yang paling utama ya," ujarnya usai Billar mengucap akad nikah dalam pernikahan siri mereka.

9. Awalnya Tak Restui Lesti dan Rizky Billar Menikah Siri

Lesti dan Billar melaksanakan nikah siri sebelum akhirnya menikah secara agama pada Agustus lalu. Pernikahan siri itu ternyata sempat tak disetujui oleh Endang.

"Saya sebenarnya sempat nggak setuju juga karena ya udah lah ngapain harus nikah agama dulu?" ujarnya dalam kanal RANS Entertainment beberapa bulan lalu.

Endang akhirnya luluh dan mau memberi restu kala ia melihat kembali betapa Lesti dan Billar kerap syuting bersama hingga larut malam. Terlebih, ustaz mereka juga sempat berbicara langsung pada Endang.

10. Bangga Pada Lesti

Sebagai ayah dari artis besar, Endang rupanya bukan bangga pada prestasi anaknya tapi bangga karena Lesti tetap membumi meski sudah tenar.

"Yang paling saya bangga sebenarnya, dia (Lesti) udah seperti sekarang ini tapi sikapnya atau attitude-nya tetap aja seperti dulu gitu. Bukan (bangga karena) anak saya udah bagus tenar, enggak," ujarnya dalam kanal Youtube Populer Seleb beberapa tahun lalu.

Editor:   Tantri Dwi Rahmawati