KABAR GALERI VIDEO EVENT

Lagunya Kerap Viral, Ini 5 Fakta Denny Caknan yang Tak Banyak Orang Tahu

Editor KapanLagi.com   | Senin, 16 Agustus 2021 14:12 WIB
Lagunya Kerap Viral, Ini 5 Fakta Denny Caknan yang Tak Banyak Orang Tahu
Denny Caknan (Instagram/Denny_Caknan)

Kapanlagi.com - KLovers pasti sudah tidak asing dengan penyanyi koplo satu ini bukan? Yap, Penyanyi dengan nama asli Deni Setiawan ini dikenal melalui single Kartonyono Medot Janji.

Denny Caknan merupakan penyanyi koplo yang lagu-lagunya banyak digemari dan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Sebut saja salah satu single nya yang berjudul Los Dol yang dirilis pada 20 Juni lalu berhasil mencapai 50 juta penonton di Youtube.

Dari berbagai kisah sukses yang sekarang diraih oleh Denny Caknan, ternyata terdapat beberapa fakta yang tak banyak orang tahu sebelum ia menjadi terkenal, dan lagu-lagunya viral seperti sekarang. Seperti apa fakta-fakta Denny Caknan? Simak dalam ulasan berikut..

1. Terkenal Dengan Modal Rp 650 Ribu

Denny Caknan merupakan salah seorang musisi yang saat ini cukup digandrungi oleh para anak muda. Namun siapa sangka, pada awal karir nya, Denny merupakan penyanyi yang tidak melakukan promosi apapun dalam penciptaan lagunya.

Bahkan, dia juga tidak punya tim khusus untuk membuat dirinya naik daun. Modal awal yang dilakukan Denny hanyalah mengunggah karyanya dalam kanal Youtube miliknya, yang saat itu sudah memiliki 800 subscriber. Ia pun hanya menyewa anak-anak SMA untuk video klipnya dan dibayar Rp 500 ribu, serta membayar seorang model Rp 150 ribu.

2. Mendapat Klaim Karya Dari Orang Lain

Saat ini lagu-lagu yang dihasilkan oleh Denny Caknan sangat banyak yang berhasil menghibur masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka, dalam perjalanan karir nya ia pernah mendapat pengalaman pahit dalam perjalanannya membuat karya. Di saat subscriber Youtube Denny yang saat itu berjumlah 800 pengguna, lagunya yang berjudul Kartonyono Medot Janji sempat diklaim hak ciptanya oleh orang lain.

Hal itu membuatnya kehilangan pendapatan dari Youtube. Bahkan, Denny sempat vakum beberapa bulan dalam pembuatan lagu. Namun, seiring berjalannya waktu ia berhasil mengambil kembali hak cipta dari lagunya tersebut, dan kembali mendapatkan pendapatan dari Youtube.

3. Mendapat 1 Miliar Dari Kartonyono Medot janji

Lagu Kartonyono Medot Janji tak hanya membuat seorag Denny Caknan menjadi terkenal. Namun, ia berhasil menerima pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit.

Dalam wawancaranya bersama penyanyi Anji, Denny mengatakan bahwa pendapatan yang berhasil ia terima dari satu lagu tersebut sebesar Rp 1 miliar. "Satu, Satu M lebih dikit," ujar Denny malu-malu yang saat itu menjadi bintang tamu dalam podcast Youtube Dunia MANJI.

4. Malu Sering Diajak Foto Penggemar dan Memutuskan Keluar kerja.

Menjadi terkenal lantas tak membuat seorang Denny Caknan menjadi tinggi hati, justru ia sempat merasa malu tiap para penggemarnya meminta untuk berfoto bersama. Hal itu terjadi saat ia masih bekerja sebagai petugas honorer di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi. Saat itu tugasnya adalah membersihkan taman dan menanam pohon.

"Sering kan anak-anak sekolah di deket-deket situ tau kalau itu saya, diajakin foto, padahal waktu itu masih banyak lumpur. Saya ndak enak, aja, akhirnya memutuskan untuk keluar," ujarnya saat menjadi bintang tamu dalam podcast dunia MANJI. Setelah lagu Kartonyono Medot Janji booming, Denny memutuskan untuk resign dari tempat ia bekerja. Kini ia telah sukses sebagai penyanyi jawa atau koplo.

5. Pernah Gagal Dalam Lagu Pop

Sebelum Denny Caknan dikenal sebagai penyanyi koplo, ternyata dulu ia pernah mencoba membawakan lagu pop. Total ada sekitar tujuh lagu pop yang pernah ia buat. Namun ternyata, hal tersebut belum membawa keberuntungan bagi Denny Caknan.

Kemudian ia beralih membawakan lagu-lagu Bahasa Jawa. Tanpa diduga, setelah ia sering membawakan lagu Bahasa Jawa namanya pun melambung dan memperoleh banyak pendapatan.

Penulis: Salma Azzahidah

Editor:   Editor KapanLagi.com