Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

KABAR GALERI VIDEO EVENT

8 Kisah Perjalanan Karir Happy Asmara Jadi Penyanyi Dangdut, Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual - Sempat Tak Direstui Ibunda

Senin, 03 Oktober 2022 18:45 WIB
8 Kisah Perjalanan Karir Happy Asmara Jadi Penyanyi Dangdut, Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual - Sempat Tak Direstui Ibunda
Happy Asmara - Muhammad Akrom Sukarya © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Pedangdut Heppy Rismanda Hendranata atau lebih dikenal Happy Asmara salah satu penyanyi dangdut sukses di Indonesia. Bukan hanya dikenal di daerah saja, khususnya di Jawa Timur. Tetapi namanya kini begitu populer dan sudah dikenal secara nasional meski usianya baru 23 tahun.

Di YouTube, nama Happy Asmara kerap menjadi penyanyi yang lagunya berada di jajaran trending. Suara khas serta aksi panggung yang memukau disebut jadi magnet bagi Happy Asmara untuk menarik hati para fansnya.

Nggak cuma viral di YouTube, Happy Asmara juga telah mondar-mandir di televisi nasional sebagai pengisi acara. Happy Asmara bahkan telah mendapatkan sederet penghargaan seperti Penyanyi Popdut Terpopuler Anugerah Dangdut Indonesia, Penyanyi Ambyar Wanita Terbaik di Ambyar Awards, hingga Penyanyi Dengan Bahasa Daerah Paling Ngetop di SCTV Music Awards 2022.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Siapa sangka, perjalanan karir Happy Asmara menuju puncak popularitas ternyata tak semulus yang dibayangkan. Wanita kelahiran Kediri ini harus mengalami karir yang berliku-liku. Seperti apa sih kisahnya?

1. Awal Jatuh Cinta Dengan Dangdut Koplo

Gambar

Ketertarikan Happy Asmara dengan musik dangdut dari ia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMP). Ia jatuh cinta dengan musik dangdut karena sebagian besar di kampung halamannya suka dengan musik tersebut.

"Sebetulnya happy tertarik dangdut itu dari SMP. karena lingkungan Happy semuanya orang kampung ya, pasti suka banget sama koplo, dangdut campur sari, kayak gitu," kata Happy Asmara di studio BSC Cawang, Jakarta Timur, Senin (3/10/2022).

2. Memilih Jadi Penyayi Dangdut Koplo

Gambar

Karena suka dengan musik dangdut, Happy Asmara akhirnya memantapkan diri untuk menjadi penyanyi dangdut koplo. Yang bikin Happy Asmara jatuh cinta lagi, hampir sebagian genre musik bisa dibuat koplo.

"Sebenernya di Jawa Timur dulu banget, kayak lagu pop, kayak udah dikoploin gitu lho, itu yang membuat Happy suka. Jadi enggak melulu dangdut terus klasik, enggak sih. Menurut happy dangdut itu bebas gitu, free mau dimasukin musik apa aja dangdut bisa, koplo bisa," katanya.

3. Alami Pelecehan Seksual

Gambar

Perjalanan karir Happy Asmara sebagai penyanyi dangdut tidaklah berjalan mulus. Bagaimana tidak, ia pernah menjadi korban pelecehan seksual ketika ia tampil menghibur banyak orang.

"Iya, waktu itu happy nyanyi di salah satu acara peresmian gitu. Terus ada satu orang yang rese. Jadi dia itu kayak pegang pegang. Dipikir kan karena saat itu happy masih umur 16-an ya," katanya.

4. Diiming-imingi Harta Mewah

Gambar

Saat menerima kejadian tak menyenangkan tersebut, Happy Asmara mengaku bahwa dirinya begitu takut karena saat itu dirinya masih kecil. Ia juga diiming-imingi harta yang berlimpah.

"Biasanya nih kalo penyanyi di kampung, itu mereka balas, kalo Happy enggak bisa. Karena happy itu masih kecil, Happy takut karena bapak bapak nih, ditawarin motor, ditawarin mobil dan rumah, cuma happy enggak tertarik," tambahnya.

5. Trauma

Gambar

Akibat kejadian itu, Happy Asmara memutuskan berhenti menjadi penyanyi dangdut. Pasalnya, ia takut kejadian tersebut terulang kembali.

"Sempet enggak mau nyanyi, karena takut, takut digituin lagi. Misalkan aku nyanyi digituin sama orang, aku bilang mogok nyanyi sama ayah, 'ayah aku enggak mau nyanyi lagi, aku takut, takut digituin lagi'. Kayak gitu," katanya.

6. Ubah Penampilan

Gambar

Namun, berjalannya waktu akhirnya penyanyi asal Kediri, Jawa Timur itu mulai berani tampil di atas panggung dengan penampilan baru.

"Sebenernya setelah itu happy itu muncul dengan case yang baru, waktu itu happy masih ikut dangdut kayak lama, dangdut dangdut yang pakai baju seksi gitu. Terus setelah dangdut berinovasi terus menerus akhirnya happy mau menerima lagi," kata Happy Asmara.

7. Berpakaian Lebih Sopan dan Tertutup

Gambar

Usai menerima kejadian tak menyenangkan, Happy Asmara berpikir kalau para penonton tak akan merendahkan dirinya apabila ia tampil lebih tertutup.

"Maksudnya 'oh kalo aku pakai pakaian yang normal, yang sopan, terus pakai gaun yang panjang, mungkin orang enggak akan merendahkan Happy seperti itu'," tambah Happy Asmara.

8. Sempat Tak Direstui Ibunda

Gambar

Tak sampai di situ saja, Happy Asmara sempat tak direstui oleh ibunya ketika ia ingin aktif lagi bernyanyi. Sang ibu takut, Happy Asmara mendapat perlakuan yang sama, yakni menjadi korban pelecehan seksual.

"Itu karena banyak simpang siur di dunia perdangdutan jadi mama aku tuh takut, takut kebawa arus yang enggak enggak. Namanya juga masih kecil kan dipupuknya tuh hal hal yang baik. Terus ayah bilang 'kan ada aku yang jagain'. Happy nyanyi ayah selalu ikut," tutup Happy Asmara.