KABAR GALERI VIDEO EVENT

80 Duta Provinsi Bakal Bersaing di LIDA 2019, Siap Berikan Atmosfir yang Berbeda!

Tyssa Madelina | Kamis, 10 Januari 2019 20:20 WIB
80 Duta Provinsi Bakal Bersaing di LIDA 2019, Siap Berikan Atmosfir yang Berbeda!

Kapanlagi.com - Berangkat dari kesuksesan program talent search Liga Dangdut Indonesia (LIDA) yang menobatkan Selfi (Duta Provinsi Sulawesi Selatan) sebagai pemenang pada 2018 lalu, mengawali tahun 2019 Indosiar siap menghadirkan LIDA 2019 (Liga Dangdut Indonesia 2019). Selain Selfi (Sulawesi Selatan), para finalis lainnya seperti Rara (Sumatera Selatan) dan Arif (Sumatera Barat) pun kini telah mendapat tempat tersendiri di hati para penikmat musik dangdut tanah air bahkan hingga mancanegara.

Namun, berbeda dengan penyelenggaraan LIDA 2018 sebelumnya, pada program LIDA 2019 kali ini, akan terasa sekali atmosfir berbagai perubahan yang dilakukan oleh Indosiar. "Tayangan LIDA 2019 akan semakin menarik dengan kemasan yang lebih berkualitas dan menghibur dengan adanya berbagai perubahan yang kami lakukan, mulai dari proses audisi, konsep hingga eksekusi produksi," papar Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM.

Perubahan pertama yang dilakukan bisa terlihat pada saat proses audisi LIDA 2019 yang memang berjalan lebih masif kali ini. Saringan utama melalui audisi langsung ke 36 kota di 34 provinsi di Indonesia, di mana untuk audisi Jawa Barat berlangsung di 2 kota yaitu Bandung dan Bogor, begitu pula dengan provinsi Jawa Timur yang berlangsung di 2 kota yaitu Banyuwangi dan Sidoarjo. Audisi LIDA 2019 telah berlangsung pada tanggal 7 Oktober - 23 Desember 2018 dan berhasil membukukan hampir 12 ribu peserta.

Selain itu, bagi yang kebetulan terkendala karena lokasi atau berhalangan hadir langsung, Indosiar bersama Kapanlagi Dangdut juga menggelar audisi secara online. Audisi online yang sudah berlangsung pada 29 November - 23 Desember 2018 itu telah diikuti lebih dari 4 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Dengan proses seleksi yang ketat oleh tim Indosiar, dari audisi online akhirnya terpilihlah 3 peserta dari 3 provinsi yang kemudian mereka akan berkompetisi dengan 77 peserta lain yang lolos lewat audisi langsung.

1 dari 4 halaman

1. Tambahan Kuota di Beberapa Provinsi

Tambahan Kuota di Beberapa Provinsi © KapanLagi.com/Deki Prayoga
Perubahan lain yang dilakukan dapat dilihat dari jumlah Duta Dangdut per provinsi. Dari 34 Provinsi tempat berlangsungnya audisi, terpilih 2 duta terbaik yang akan mewakili masing-masing provinsi. Sementara bagi provinsi yang berprestasi pada LIDA 2018 memperoleh keistimewaan di mana provinsi tersebut mendapatkan tambahan kuota.

Di antaranya ada provinsi Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Bengkulu, Jambi, DKI Jakarta, Gorontalo, dan Bangka Belitung. Sementara Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan mendapat tambahan satu kuota lagi karena berhasil menempatkan wakilnya di Grand Final LIDA 2018.

2 dari 4 halaman

2. Hadirkan Biduan Senior dan Fashion Guru

Hadirkan Biduan Senior dan Fashion Guru © KapanLagi.com/Deki Prayoga
Tak hanya itu saja, dalam setiap penampilannya di atas panggung LIDA 2019, selain dikomentari oleh para Dewan Dangdut, akan hadir pula juri tamu non dangdut. Mereka secara bergantian melengkapi penilaian para Dewan dangdut dalam menilai penampilan Duta Provinsi di atas panggung. Beberapa juri tamunya antara lain adalah Ruth Sahanaya, Pongki Barata, Bams, Desy Ratnasari, Ruri "Repvblik", Rio Febrian, Melly Goeslaw, Candil, Abdel, Anang Hermansyah, Bebi Romeo dan masih banyak lainya.

Uniknya, tak hanya kualitas vokal dan penampilan yang dilihat, busana saat manggung juga tak lepas dari penilaian. Untuk itu lah ada Caren Delano, Maya Ratih, Eko Chandra, Defrico Audi, dan Foma sebagai Fashion Guru di LIDA 2019 nanti.

3 dari 4 halaman

3. Sistem Penilaian Berbeda

Sistem Penilaian Berbeda © KapanLagi.com/Deki Prayoga
Guna mendapatkan kualitas yang lebih baik pada tahun ini, penilaian akan dibagi menjadi tiga elemen dengan bobot persentase yang variatif yakni Panel Provinsi (5%), Dewan Juri (20%), dan SMS pemirsa (75%). Satu orang terbaik selain dinobatkan sebagai pemenang akan mendapatkan hadiah senilai Rp 1 Miliar dan Piala Bergilir LIDA untuk provinsinya.

Lebih lanjut, para Duta Provinsi juga akan mendapat pembekalan yang lebih luas dari para pakar berpengalaman, diantaranya olah vokal oleh Adibal, koreografi oleh Gege, akting oleh Yayu AW Unru, Public Speaking oleh Hilbram Dunar, dan psikologi oleh Bunda Romi. Menariknya, akan ada pula sesi refreshing, seperti kelas make over, wisata di kota Jakarta, menikmati film di bioskop, dan kegiatan menyenangkan lainnya.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya untuk mendukung jagoan kamu di LIDA 2019. Bersiaplah menjadi saksi lahirnya Duta-Duta Dangdut Terbaik Tanah Air mulai 14 Januari 2019, eksklusif hanya di Indosiar! LIDA 2019: Seni Menyatukan!

4 dari 4 halaman

4. Daftar Peserta yang Lolos

Daftar Peserta yang Lolos © KapanLagi.com/Deki Prayoga
Berikut adalah daftar lengkap 80 duta terpilih dari 34 provinsi berbeda yang lolos audisi LIDA 2:

Aceh: Arman Syahputra, Cut Rianda Zuhra, Fauzal Abadi

Sumatera Utara: Angga Rezki, Irmayana, Anisa Tarbiyah

Sumatera Barat: Dediwan, Ridwan, Yenti

Riau: Putri Wulandari dan Abdul Alex

Kepulauan Riau: Rizky Fitriani, Yulia Ultri

Jambi: Resky Ramadandi, Sonia Agustari, Ebi Suntara

Bengkulu: Sri Sugiarti, Rhanda Syeptian Mardika, Haji Irama

Sumatera Selatan: Mitamusari, Viki Randika, Joni Iskandar, Feby Rolenzo

Kepulauan Bangka Belitung: Rofikoh Isnaini, Rezha Almia, Dodi Iskandar

Lampung: Livia Findi, Vita

Banten: Benni AHmad, Selly Dewanti

DKI Jakarta: Ayu Nuraini, Sri Puji Astuti, Millata Hanifa

Jawa Barat: Hanan Iskandar, Rahayu Nur Aisyah

Jawa Tengah: Ninda Muslihatun, Abi Ainun

Yogyakarta: Tri Utami, Burhan Widyatmaka

Jawa Timur: Reki Arisya, 2H (Hisyam dan Hasyim)

Bali: Indah Pratiwi, Irwan Hidayat

Nusa Tenggara Barat: Putri Nurfarohim, Lalu

Nusa Tenggara Timur: Beatrix Serli, Mateus Tiba

Kalimantan Barat: Diyan Sapitri, Novianti

Kalimantan Tengah: Riswan Slamet, Siska Ariyani

Kalimantan Utara: Antonius Gabriel, Adrian Adi Saputra

Kalimantan Timur: Alif Aulia, Sri Nur Idayana

Kalimantan Selatan: Linda Wahyuni, Rikana

Sulawesi Selatan: Putri Maulana, Indasari, Hafidzha, Ayuandira

Sulawesi Barat: Nur Hijrah, Masyodi

Gorontalo: Melki Tamaun, Basir Kasim, Agus Pomalinggo

Sulawesi Utara: Ramadhan Jacob, Damayanti Kabena

Sulawesi Tengah: Siti Ramadhan, Endang J. Bili

Sulawesi Tenggara: Wa Ode Mardiana, Randy Sabara

Maluku Utara: Yusuf Z. Hadad, Setiawan Barani

Maluku: Sheyla Muzdalifa, M Ali Sasole

Papua Barat: Dellya Icha, Nurulwia Ningsih

Papua: Cinta Kasih Maharani, Nony Susilawati

(kpl/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑