KABAR GALERI VIDEO EVENT

Asal Usul Jargon Assololey Jadi Salam Kebesaran Jaranan Dangdut Versi Eny Sagita

Canda Permana | Rabu, 16 Oktober 2019 14:00 WIB
Asal Usul Jargon Assololey Jadi Salam Kebesaran Jaranan Dangdut Versi Eny Sagita

Kapanlagi.com - Setiap kali mendengarkan lantunan lagu-lagu pendangdut Eny Sagita, pasti akan mendengarkan jargon dan salam kebesarannya, Assololey icik-icik ehem!. Ungkapan itu tidak pernah terlupakan untuk disampaikan di atas panggung setiap kali tampil.

Eny Sagita pun menceritakan asal-asul kata itu digunakan sebagai salam kebesaran OM Sagita dengan aliran musik jaranan dangdut (Jadhut). Panggung kesenian jaranan yang banyak tumbuh di kampung halamannya, Nganjuk, menjadi sumber inspirasi istilah itu.

"Saat itu, salah satu grup jaranan menyebut Assololey sambil mengayunkan pecut atau cambuk. Akhirnya saya bawa ke panggung, saat Sagita awal-awal berdiri," kata Eny Sagita kepada Kapanlagi.com di Kota Malang, Minggu (13/10).

1 dari 2 halaman

1. Dibawakan Dari Panggung ke Panggung

Dibawakan Dari Panggung ke Panggung © KapanLagi.com/Darmadi Sasongko
Istilah itu dibawakam Eny bersama Sagita dari panggung ke panggung yang kemudian disukai oleh penggemarnya. Secara otomatis para penggemarnya mempopulerkan dan mengikuti kata tersebut hingga sekarang ini.

"Ternyata banyak yang suka, sehingga sampai sekarang menjadi ciri khas Sagita. Assololey Icik-Icik ehem," katanya.

Sagita sendiri berdiri Tahun 2009 dengan mengkhususkan di jalur gendre musik jaranan dangdut. Sejak saat itu istilah Assololey mulai muncul, baik melalui konser keliling, VCD dan Youtube, bahkan oleh para pengamen.

2 dari 2 halaman

2. Tak Memiliki Arti

Kata Eny, Assololey tidak memiliki arti apapun dan hanya sebagai jargon penyemangat saja. Siapapun boleh mengartikan kata itu, tentunya dengan semangat yang positif.

"Tidak ada artinya, jargon biasa saja. Silakan diartikan sendiri. Silakan diartikan apa saja yang penting positif," ungkapnya.

(kpl/dar/CDP)


Reporter:  

Darmadi Sasongko

TOPIK TERKAIT
 
↑