Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

KABAR GALERI VIDEO EVENT

Berkelakukan Baik Selama di Penjara, Ridho Rhoma Bebas Dua Bulan Lebih Awal

Rahmi Safitri   | Rabu, 08 Januari 2020 09:30 WIB
Berkelakukan Baik Selama di Penjara, Ridho Rhoma Bebas Dua Bulan Lebih Awal
Ridho Rhoma © KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Selasa hari ini (7/1/2020), Ridho Rhoma resmi dibebaskan dari penjara. Sebagaimana diketahui, pedangdut tersebut kembali menjalani masa penahanan selama delapan bulan setelah Mahkamah Agung mengabulkan kasasi yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum.

Putra Rhoma Irama ini sedianya bebas pada 9 Maret 2020 mendatang. Namun ia mendapatkan cuti bersyarat sehingga bisa menghirup udara bebas dua bulan lebih awal.

"Hari ini tanggal 8 Januari 2020 saudara kita Mas Ridho jalani program pembinaan integrasi yaitu cuti bersyarat. Beliau dibebaskan karena dapat program cuti bersyarat sehingga sudah bisa menghirup udara bebas, bisa kembali ke tengah keluarga dan masyarakat," kata Masjuno selaku Kepala Rutan saat ditemui di Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

"Bebas seharusnya 9 Maret 2020, karena program cuti bersyarat artinya program integrasi, dia dibebaskan per hari ini, kurang lebih dua bulan maju. Dan seperti yang saudara-saudara lihat, Mas Ridho sehat. Maka selamat kembali ke masyarakat, kembali menjalani kehidupan normal bersama keluarga," tambahnya.

1. Reward Berkelakuan Baik

Selama menjalani masa penahanan, Ridho Rhoma diungkap berkelakuan sangat baik. Kebebasan dua bulan lebih awal ini merupakan reward atas sikap tersebut.

"Bebas ini tentu karena sudah terpenuhinya persyaratan-persyaratan; persyaratan administratif dan persyaratan substantif. Substantif yang dimaksud sudah berkelakuan baik, mengikuti program pembinaan, tidak melakukan pelanggaran, ya inilah satu reward haknya diberikan untuk mendapatkan fasilitas cuti bersyarat," jelas Masjuno.

2. Tahu Sejak Akhir Tahun

Gambar

Ridho Rhoma mengungkap sudah mengetahui akan bebas dua bulan lebih awal. Info tersebut didapatkan saat mendapatkan surat keputusan pada akhir tahun lalu. Tak heran sejak semalam pelantun tembang Kerinduan itu susah memejamkan mata.

"Tahunya waktu SK turun di bulan Desember, dibantu lawyer juga yang udah ngurus bantu-bantu. (Bebas) bersyukur pasti, seneng banget. Dari semalam nggak bisa tidur. Agak susah," tandas Ridho.

Reporter:   Adi Abbas Nugroho