KABAR GALERI VIDEO EVENT
In Partnership with Indosiar

Berlibur ke Bali, Cita Citata Ikut Rasakan Sensasi Upacara Melukat

Louvina Gita | Senin, 22 April 2019 12:51 WIB
Berlibur ke Bali, Cita Citata Ikut Rasakan Sensasi Upacara Melukat

Kapanlagi.com - Cita Citata sempat terlihat berlibur ke Pulau Dewata, pada awal April 2019 lalu. Berbagai aktivitas khas liburan telah dilakukan Cita selama di Bali. Menariknya, Cita juga mencoba satu aktivitas yang berbeda dari biasanya. Ya, upacara Melukat.

Awalnya, Cita mengaku jika ia diajak mengikuti Melukat. Lantas karena rasa ingin tahunya, pedangdut cantik itu memutuskan untuk ikut. "Cit mau nggak melukat, aku tanya melukat itu apasih, gitu kan jawabannya kaya membuka Cakra terus kayak ini budaya nggak ngapa-ngapain dan kamu boleh tidak berdoa. Boleh dengan keyakinan masing-masing ya balik lagi ngikutin budaya. Terus kalau kamu meyakini kamu meyakini sepenuh hati dengan hati," tuturnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

"Di sana aku berbuat begini juga tidak berdoa, aku begitu aku cuma silaturahmi aku cuma pengen tahu budaya Bali itu seperti apa karena sangat eksotis pada aku dateng aku cuma coba aja," sambungnya.

1 dari 3 halaman

1. Senang Budaya Bali

Senang Budaya Bali Cita Citata ikuti upacara Melukat. (credit: Instagram.com/cita_citata)
Di akun instagramnya, Cita juga mengunggah momen saat dirinya dan Mario Lawalata mengikuti upacara Melukat. Melengkapi postingannya itu juga, Cita meminta netizen untuk tidak menyinggung hal-hal yang berbau rasisme.

"Pertama kali dapat local experience. Please jangan rasis dan bawa-bawa agama ya. Tradisi upacara 'Melukat' ini aku lakukan semata-mata untuk saling menghargai kebudayaan yang ada di Bali, karena aku seneng banget sama Bali. Katanya 'Melukat' bisa membuka cakra, menetralisir pencemaran tubuh manusia, mengurangi bekas-bekas pengaruh hewani, dan membersihkan pengaruh negatif, magic ataupun mengobati penyakit." tulisnya.

2 dari 3 halaman

2. Tak Sengaja Bertemu

Ia pun menceritakan bagaimana dirinya dan Mario Lawalata bisa sama-sama mengikuti kegiatan budaya itu. Ternyata mereka tak sengaja bertemu dan mendapat tawaran untuk bisa merasakan sensasi lain berlibur di Bali.

"Nah di hotel nggak sengaja ketemu kakak @lawalata13 jadi kita bisa ke Pura bareng dan bisa punya pengalaman baru yang di kasih sama hotel. So happy karena kali ini ke Bali nggak cuma makan dan liat sunset doang," cerita Cita. Terus sebenarnya seperti apa sih Melukat itu?

3 dari 3 halaman

3. Melukat

Seperti dilansir dari id.wikipedia, Melukat adalah upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia. Upacara ini juga sudah dilakukan secara turun-temurun oleh umat Hindu sampai sekarang. Melukat berasal dari kata sulukat yakni su yang berarti baik dan lukat yang artinya pensucian.

Upacara Melukat dipimpin oleh seorang pemangku. Orang yang akan diupacarai akan dimantrai terlebih dahulu oleh pemangku. Setelah proses pemantraan selesai, orang yang akan diupacarai disiram dengan air kelapa gading. Setelah mandi air kelapa gading, ritual dilanjutkan dengan pemandian di danau, sungai, laut atau tempat pemandian yang diyakini membawa berkah.

Upacara ini dilakukan pada saat bulan purnama, tilem, Kajeng Kliwon. Upacara Melukat sering dilakukan beramai-ramai, misalnya oleh sekolah, jawatan, pemerintahan, atau masyarakat setempat. Upacara ini dilaksanakan di tempat bersejarah, di pura, tempat pemandian, dan laut yang ada di Bali.

(kpl/irf/lou)


Editor:  

Louvina Gita

↑