Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

KABAR GALERI VIDEO EVENT

Daftar Lengkap Pemenang Indonesian Dangdut Awards 2021: Lesti Kejora, Denny Caknan, & Gunawan LIDA Jadi Bintang Paling Bersinar!

Umar Sjadjaah   | Kamis, 02 Desember 2021 11:09 WIB
Daftar Lengkap Pemenang Indonesian Dangdut Awards 2021: Lesti Kejora, Denny Caknan, & Gunawan LIDA Jadi Bintang Paling Bersinar!
Daftar Lengkap Pemenang Lengkap IDA 2021 - Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Ajang penghargaan Indonesian Dangdut Awards 2021 usai digelar di studio Indosiar, Rabu malam (1/12/2021). Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi stasiun televisi Indosiar terhadap insan dangdut yang meramaikan belantika musik dangdut Tanah Air selama 2021.

Ajang ini sempat vakum selama dua tahun. Tahun ini Indosiar memberikan 11 penghargaan. Untuk 10 kategori pemenangnya dipilih melalui voting terbanyak dari masyarakat.

Sebelas kategori tersebut adalah Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler, Penyanyi Dangdut Solo Pria Terpopuler, Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Wanita Terpopuler, Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Pria Terpopuler, Duo/Grup/Kolaborasi Dangdut Terpopuler, Lagu Dangdut Terpopuler, Lagu Daerah Terpopuler, Music Video Dangdut Terpopuler, Music Video Daerah Terpopuler, Penyanyi Dangdut Sosial Media Darling, Lifetime Achievement.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Siapa saja pemenang di masing-masing kategori tersebut? Yuk kita simak lewat paging berikut. KLovers, ada idolamu di sini?

1. Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Pria Terpopuler

Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.comCredit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

Gunawan LIDA atau Gunawan Muharjan adalah juara kedua Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2020. Selain sebagai seorang pedangdut, pria asal Maluku Utara ini juga merupakan penyanyi gambus/qasidah di daerahnya. Suara Gunawan yang memiliki karakter kuat langsung menjadikannya idola baru bagi para penggemar dangdut Tanah Air.

Gunawan tergabung bersama boyband dangdut JD Eleven bersama Faul LIDA, Hari LIDA, Randa LIDA, dan Ridwan LIDA. Gunawan juga memiliki talenta di bidang seni peran. Ia tampil dalam sejumlah FTV sejak 2020 hingga saat ini.

2. Duo/Grup/Kolaborasi Terpopuler

Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.comCredit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

Gunawan LIDA dan Rara LIDA dinobatkan jadi pemenang di ajang ini. Chemistry yang dibangun antara dua jebolan LIDA ini sukses bikin baper para penggemarnya. Tak sedikit dari mereka yang berharap hubungan keduanya tidak hanya sebatas teman duet saja.

Keduanya juga punya suara dengan karakter yang kuat. Perpaduan inilah yang membuat duo ini makin mendapat tempat di hati para penggemarnya. Mereka baru saja merilis single Kala Cinta Menghampiri Jiwa yang sempat menempati jajaran trending di YouTube.

3. Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Wanita Terpopuler

Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.comCredit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

Meli LIDA atau Meli Nuryani adalah juara LIDA 2020. Wanita kelahiran Cianjur 17 tahun silam mewakili Provinsi Jawa Barat pada ajang tersebut. Bermodal suara merdunya, tak butuh waktu lama bagi Meli untuk mendapat tempat spesial di hati para penggemar dangdut.

Meski berasal dari suku Sunda, Penggemar Rhoma Irama ini juga mahir melantunkan lagu dangdut berbahasa Jawa. Kegigihan Meli yang mau terus belajar mengantarkannya pada penghargaan ini. 

Meli mengalahkan sederet nama pedangdut pendatang baru lain seperti Intan Chacha, Janna LIDA, Lala Widy, Nia LIDA, Ratna LIDA, Sulis LIDA, Syahiba Saufa, Vita Alvia, dan Yeni Inka.

4. Penyanyi Dangdut Solo Pria Terpopuler

Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.comCredit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

Tak ada yang meragukan teknik olah vokal Nassar. Pria asal Bandung ini juga punya penampilan panggung yang aktraktif di berbagai kesempatan. Belakangan, gaya nyentrik Nassar sampai mengundang banyak penggemar K-POP lho!

Malam itu Nassar sukses curi perhatian dengan kostum ala RoboCop. Terlepas dari segala kontroversinya, alumnus Kontes Dangdut Indonesia ini rutin didaulat jadi juri di berbagai ajang pencarian bakat dangdut Tanah Air.

5. Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler

Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.comCredit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

Tahun 2020/2021 seolah menjadi tahunnya Lesti. Wanita yang sedang mengandung buah cintanya dengan Rizky Billar ini sangat layak jadi pedangdut wanita nomor satu di Indonesia saat ini.

Suara emas, performa panggung yang ciamik, serta kedekatan dengan para penggemarnya membuat wanita asal Cianjur ini hampir selalu menyabet piala di berbagai ajang penghargaan dangdut.

6. Lagu Daerah Terpopuler: Los Dol, Penyanyi Denny Caknan Ciptaan Denny Caknan X Lek Dahlan

Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.comCredit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

Denny Caknan disebut berhasil meneruskan perjuangan Almarhum Didi Kempot dalam memajukan musik daerah, terutama musik berbahasa Jawa. Lagu Los Dol yang ia ciptakan bersama musisi Lek Dahlan begitu populer.

Los Dol berkisah tentang kerelaan seorang pria melihat pasangannya berselingkuh, namun dikemas dengan alunan musik yang ringan. Hingga berita ini dirilis, video klip Los Dol di YouTube sudah ditonton 133 juta kali!

7. Musik Video Daerah Terpopuler: Los Dol, Penyanyi Denny Caknan, Sutradara: Ikhsan Worry

Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.comCredit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

Lagu Los Dol memberikan banyak kesuksesan bagi Denny Caknan. Lagu Los Dol makin dikenal banyak masyarakat luas karena video klip menarik yang juga melibatkan salah satu pelawak / komika populer Dodit Mulyanto.

Sutradara Ikhsan Worry berhasil mengkombinasikan unsur percintaan, pertikaian, komedi, melebur jadi satu tayangan yang menarik untuk disaksikan.

8. Musik Video Dangdut Terpopuler: Kulepas Dengan Ikhlas, Penyanyi Lesti, Sutradara Alif Paterson

Credit: Youtube/3D EntertainmentCredit: Youtube/3D Entertainment

Kulepas Dengan Ikhlas jadi video klip populer karena disebut berhasil menggambarkan perasaan Lesti yang telah ikhlas melepas kepergian mantan kekasih.

Sutradara Alif Paterson dinilai sukses menggambarkan raut kesedihan Lesti yang berganti dengan kebahagiaan dengan hadirnya cinta baru di kehidupannya.

9. Lagu Dangdut Terpopuler: Bawa Aku ke Penghulu Ciptaan Adibal Sahrul, Penyanyi Lesti

Credit: Youtube/3D EntertainmentCredit: Youtube/3D Entertainment

Adibal Sahrul dan Lesti kembali membuktikan bahwa mereka adalah hitsmaker dangdut Tanah Air. Selain Bawa Aku ke Penghulu, sederet lagu hits ciptaan Adibal adalah Bidadari Cinta, Kulepas Dengan Ikhlas, Cintai Aku Karena Allah, hingga Mawar Putih.

Selain sebagai pencipta lagu, pria kelahiran Bali ini juga berporfesi sebagai guru vokal dan penyanyi.

10. Lifetime Achievement: Hamdan ATT

Credit: instagram.com/realhamdan.attCredit: instagram.com/realhamdan.att

Hamdan ATT melejit berkat single Termiskin di Dunia pada tahun 1980. Penghargaan Lifetime Achievement diberikan pada pria 72 tahun ini berkat kontribusi besarnya di musik dangdut Tanah Air hingga saat ini.

Kini, Hamdan Attamimi tengah berjuang dengan penyakit gangguan pada pembuluh darahnya. Didampingi sang anak, Ia datang ke acara penghargaan dengan menggunakan kursi roda.

11. Social Media Darling: Rizky Billar

Credit: Bayu Herdianto © KapanLagi.comCredit: Bayu Herdianto © KapanLagi.com

Rizky Billar memulai karirnya di musik dangdut sejak bertemu dengan Lesti. Beberapa kali pria kelahiran Medan ini berduet bareng Lesti. Dalam sebuah kesempatan, Lesti mengaku bahwa ternyata Rizky Billar hafal sejumlah lagu dangdut yang di sisi lain Lesti justru tidak tahu sama sekali lagi tersebut. 

Reporter:   Dadan Deva