KABAR GALERI VIDEO EVENT

Fauziah, Kontestan DAA4 Yang Pandai Bermain Gambus Sambil Berdendang

Tyssa Madelina | Senin, 05 November 2018 20:17 WIB
Fauziah, Kontestan DAA4 Yang Pandai Bermain Gambus Sambil Berdendang

Kapanlagi.com - Tak banyak penyanyi yang bisa memainkan alat musik sambil berdendang. Namun berbeda bagi Fauziah peserta Dangdut Academy Asia 4 (DAA4) asal Malaysia yang punya kelebihan itu. Ia pandai memainkan alat musik gambus. Ini kelebihan yang tak dipunya peserta lain.

Fauziah yang terlahir di Kg.Tengah Bongawan, Malaysia, 6 November 1988 ini memang dibesarkan dari keluarga musisi. Keluarganya punya group musik Melayu yang salah satu alat musik yang dimainkan adalah gambus. Denting gambus yang mendayu-dayu telah membius Fauziah untuk bertekad menguasai alat musik itu.

Namun apa daya keinginan Fa, begitu sapaan kesayangan untuk dirinya, tak mudah untuk mewujudkan keinginannya. Di lingkungan keluarganya masih melarang perempuan memainkan alat musik. Mendapat rintangan bukan berarti dia mundur. Sebaiknya ia makin bersemangat. Sampai akhirnya dia bisa memainkan alat musik khas itu.

Fa memamerkan kebolehannya memainkan gambus di panggung DAA4. Ia berduet dengan Nassar melantunkan tembang Bint El Shalabiya dari penyanyi Fairuz. Tembang berbahasa Arab itu pun mengalun merdu dari Nassar yang diiringi petikan gambus dari Fa. Tak hanya memetik gambus, Fa juga mengimbangi dengan melantunkan beberapa bait tembang tersebut.

Fa mendapat banyak pujian dari dewan juri. © KapanLagi.comFa mendapat banyak pujian dari dewan juri. © KapanLagi.com

Tepuk tangan dari dewan juri, komentator dan penonton yang memenuhi studio pun membahana usai mereka membawakan lagu itu. Nassar memberikan pujian atas penampilan Fa yang tak hanya bernyanyi, namun juga memainkan alat musik gambus. "Alhamdulillah ternyata banyak yang senang dengan persembahan saya. Semoga bisa menghibur penonton yang di studio dan juga di rumah di mana pun berada," ujar Fauziah saat ditemui di Asrama DAA4, Rabu (31/10/2018).

Dari mana belajar memainkan gambus? "Ceritanya panjang sekali. Awalnya saya tidak diizinkan saat bilang mau belajar memainkan gambus. Tapi saya berkeras dan diam-diam belajar gambus," terangnya.

Aksi Fauziah mengamati saat orang tuanya memainkan gambus ternyata sedikit demi sedikit ada hasilnya. Ia mencuri ilmu bagaimana kerabatnya memainkan gambus. "Diam-diam saya belajar dari melihat. Lama-lama saya bisa juga memainkan gambus. Ya seperti sekarang ini," ungkapnya.

Memiliki kelebihan di antara peserta lainnya memang nilai lebih sendiri bagi Fa. Dia akan mengoptimalkan kelebihan ini agar bisa menjadi nilai lebih baginya. "Semoga perbedaan yang ada pada saya ini bisa menjadi nilai lebih," ujar putri pasangan Suhaili dan Fatimah ini.

Fauziah mengaku beruntung bisa lolos audisi DAA4 dan masuk karantina di asrama. Banyak pengetahuan yang ia dapat selama di asrama dan menampilkan kebolehannya menyanyi sambil memainkan alat musik gambus. "Banyak sekali manfaat selama di asrama Dangdut Academy Asia 4 ini. Terutama dalam hal teknik vokal saya benar-benar dilatih cengkok dangdut. Semoga saya bisa memberikan yang terbaik di sini," harapnya.

Ingin mengenal pribadi Fauziah lebih dekat? Yuk intip biodatanya di sini!

1 dari 1 halaman

1. BIODATA

Nama lengkap : Fauziah Suhaili

Nama Panggilan : Fa/Jiah

Tempat, Tanggal Lahir : Kg.Tengah Bongawan, Malaysia, 6 November 1988

Jenis Kelamin : Perempuan

Warga Negara. :Malaysia

Status Keluarga : Berkahwin

Anak ke : Dua

Nama Ayah : Suhaili

Nama Ibu : Fatimah

Hobby. :Travel

Obsesi di dunia enternainment : penyanyi terkenal di Malaysia.

Group : Group 5 Dangut Academy Asia 4.

(kpl/edy/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑