Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

KABAR GALERI VIDEO EVENT

Grup 5 Top 48 LIDA 2019: Riswan Duta Kalimantan Tengah Tersenggol

Mita Anandayu   | Sabtu, 23 Februari 2019 16:10 WIB
Grup 5 Top 48 LIDA 2019: Riswan Duta Kalimantan Tengah Tersenggol
LIDA 2019 © Indosiar

Kapanlagi.com - Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 semakin seru untuk disaksikan. Selain dihiasi dengan hiburan yang menarik dari pengisi acara, persaingan peserta juga semakin sengit. Semalam, Riswan duta provinsi Kalimantan Tengah yang harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 pun harus terhenti.

Tersingkirnya Riswan dari panggung LIDA lantaran penampilannya yang kurang memukau. Ia hanya meraih satu lampu biru dari juri dan empat lampu panel provinsi. Ia juga tak berhasil memikat pemirsa di rumah untuk mendukung langkahnya di LIDA 2019.

1. Penampilan Riswan Bikin Juri Kecewa

Riswan yang berada di grup 5 top 48, bersaing dengan Kiki (Kepulauan Riau), Fikoh (Bangka Belitung), dan Selly (Banten). Riswan mendapat kesempatan tampil diurutan ketiga dengan melantunkan tembang kerinduan. Inul Daratista menilai Riswan tidak berhasil mengeksekusi lagu dengan baik.

“Intinya saya tidak bisa menikmati penampilan kamu malan ini,” ucap Inul mengomentari penampilan Riswan.

2. Kiki Dapat Pujian

Sementara tiga peserta lainnya, dinilai Juri tampil lebih baik dari Riswan. Kiki, duta Kepulauan Riau tampil diurutan pertama. Membawakan lagu berjudul Cindai, Kiki meraih nilai sempurna dari juri dan panel provinsi. Seluruh juri memberikannya lampu biru dan semua panel provinsi menyalakan lampu dukungan.

“Kamu itu sudah matang dalam membawakan lagunya, untuk cengkok juga sudah bagus, dari segi stage act kamu itu sudah terlihat luwes. Pokoknya kamu sudah ada kemajuan dari penampilan sebelumnya,” ucap Dewi Perssik memuji penampilan Kiki.

3. Fikoh Tak Bisa Menjiwai Lagu

Fikoh, duta Bangka Belitung tampil di urutan kedua. Membawakan lagu Pertengkaran, Fikoh nyaris meraih nilai sempurna. Hanya satu juri yang memberinya lampu merah. Soimah menilai Fikoh tidak bisa menjiwai lagu dengan baik.

“Ekspresi dan penjiwaan kamu itu terlihat seperti dibuat-buat, tapi dari segi vocal dan cengkok sudah cukup bagus” ucap Soimah.

Abdel yang saat itu menjadi juri tamu juga setuju dengan Soimah. “Memang benar dari segi ekspresi dan penjiwaannya Fikoh itu kurang terlihat natural, tetapi semua itu bisa ditutupi karena suaranya Fikoh yang nyatanya bagus, makanya saya kasih biru,” ucap Abdel.

4. Selly Tampil Kurang Maksimal

Selly, duta provinsi Banten tampil diurutan terakhir. Membawakan lagu berjudul Kocok Kocok , ia hanya meraih dua lampu biru dari juri dan empat lampu panel provinsi. Inul mengapresiasi penampilan Selly yang berani keluar dari zona nyaman dengan membawakan lagu Kocok Kocok.

“Untuk penampilan kamu malam ini cukup menghibur walau ada beberapa improvisasi yang kurang maksimal,” tutur Inul. “Saya terhibur dengan penampilan kamu, kamu telah berhasil menyampaikan lagu dengan baik, tapi kamu harus belajar goyang lagi karena masih terlihat kaku," Dewi Perssik menambahkan.

5. Skor Akhir

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang menentukan siapa peserta yang tersenggol dan bertahan. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilian kepada peserta yakni pertama panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemira sebesar 75 persen.

Berdasar nilai gabungan dari ketiga elemen tersebut, Kiki meraih skor akhir tertinggi dengan total nilai 38,51 disusul Fikoh dengan total nilai 30,37. Kemudian berada di posisi ketiga adalah Selly dengan total nilai 17,25 dan Riswan berada di posisi terbawah dengan total nilai 13,07. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

Reporter:   Dadan Deva