KABAR GALERI VIDEO EVENT

Hasil Akhir Persaingan Grup 1 Top 6 LIDA 2019: Cut Duta Aceh Harus Pulang

Louvina Gita | Kamis, 25 April 2019 14:30 WIB
Hasil Akhir Persaingan Grup 1 Top 6 LIDA 2019: Cut Duta Aceh Harus Pulang

Kapanlagi.com - Cut Rianda Zuhra (Cut), duta dari provinsi Aceh harus pasrah menerima kenyataan. Ia menjadi peserta yang tersenggol dalam persaingan di grup 1 babak 6 besar Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 pun harus terhenti karena meraih nilai terendah.

Pada konser pertama top 6, Cut meraih seluruh lampu biru dari juri dan panel provinsi. Namun pada konser penentuan atau konser top 6 grup 1 result yang digelar Rabu malam (24/4), ia meraih satu merah dari juri.

Semalam, penampilannya dalam melantunkan lagu Cintai Aku Karena Allah berduet dengan penyanyi Rani DA hanya diganjar empat lampu biru juri dan tiga lampu panel provinsi. Satu juri yakni Soimah, memberikannya lampu merah.

"Cara bernyanyi kamu sudah bagus, teknik vokal kamu pun juga bagus. Namun kamu tidak fokus dan di bagian interlude itu kamu ragu," ucap Soimah menjelaskan mengapa menekan lampu merah.

1 dari 4 halaman

1. Alif Dapat Lampu Merah

Hal yang sama terjadi juga pada Alif (Kalimantan Timur). Ia yang pada konser pertama meraih seluruh lampu biru dari juri dan panel provinsi, harus meraih satu merah saat konser result.

Penampilannya membawakan lagu berjudul Dikocok Kocok berkolaborasi dengan Aulia DA saat konser result, diganjar tiga lampu panel provinsi dan empat lampu biru juri. Satu juri yakni Soimah memberikannya lampu merah.

Sayang, Soimah tidak diberi kesempatan host untuk menjelaskan mengapa dirinya menekan lampu merah. Hanya Inul dan Nassar yang diberi kesempatan untuk mengomentari penampilan Alif. Nassar mengatakan penampilan Alif banyak terbantu Aulia.

"Kalau Alif tampil sendiri, saya pencet merah. Karena kalau Alif nyanyi sendiri, saya yakin Alif keteteran menyanyikan lagu ini," ucap Nassar diamini Soimah.

2 dari 4 halaman

2. Puput Sempurna

Sementara Puput tampil stabil di konser pertama dan konser result. Ia yang pada konser pertama berhasil memborong seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi, juga meraih nilai sempurna dari juri dan panel provinsi saat konser result.

Saat konser result, Puput melantunkan lagu Datang Untuk Pergi berduet dengan Rara LIDA 2018."Power suara kamu tidak kalah dengan Rara, chemistry kamu dapat banget dan penghayatan kamu juga OK. Pokoknya saya senang malam ini kamu sudah menunjukan penampilan yang bagus," puji Zaskia Gotik.

Setelah ketiga peserta tampil, perolehan dukungan pemirsa melalui polling SMS dan voting pun ditutup dan diumumkan. Kemudian diakumulasikan dengan perolehan nilai dari juri dan panel provinsi untuk menentukan siapa peserta yang tersenggol dan maju ke babak selanjutnya.

3 dari 4 halaman

3. Penilaian Akhir

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian LIDA 2019. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dari juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot terbesar yakni 75 persen.

Berdasar perolehan nilai akhir yang sudah digabung dari konser pertama dan konser result menempatkan Puput di posisi teratas dengan total nilai 35,89 persen. Sementara Alif berada di posisi kedua dengan total nilai 32,38 persen, unggul tipis dari Cut yang berada di posisi terendah dengan total nilai 31,73 persen. Berikut data lengkapnya.

Untuk panel provinsi, Puput meraih nilai 6, setelah dikonversikan dengan 5 persen hasilnya sebesar 1,67 persen. Dari juri sebanyak 10, setelah dikonversikan dengan 20 persen hasilnya sebesar 7,14 persen. Dari pemirsa sebesar 36,11, setelah dikonversikan dengan 75 persen hasilnya 27,08 persen. Total nilai yang diraih Puput adalah sebanyak 35,89 persen.

4 dari 4 halaman

4.

Alif yang berada di posisi kedua mendapat nilai dari panel provinsi sebanyak 6, setelah dikonversi hasilnya 1,67. Dari juri sebanyak 9, setelah dikonversi hasilnya 6,43 persen. Dari pemirsa sebesar 32,38, setelah dikonversi hasilnya 24,29. Setelah digabungkan, Alif meraih total nilai 32,38 persen.

Cut yang berada di posisi ketiga atau terendah mendapat nilai dari panel provinsi sebanyak 6, setelah dikonversi hasilnya sebesar 1,67. Dari juri adalah 9, setelah dikonversi hasilnya 6,43 persen. Dari pemirsa sebesar 31,51 setelah dikonversi hasilnya 23,63 persen. Setelah digabungkan, total nilai yang diraih Cut sebanyak 31,73 persen.

Dengan demikian, Cut harus tersenggol. Sementara Puput dan Alif berhak melaju ke babak selanjutnya yakni babak 4 besar LIDA 2019.

(kpl/dan/lou)


Reporter:  

Dadan Deva

↑