KABAR GALERI VIDEO EVENT

Hasil Konser Pertama Grup 1 Top 9 LIDA 2019: Puput Teratas, Alif Terendah

Cinthya Septavy | 18 April 2019, 16:43 WIB
Hasil Konser Pertama Grup 1 Top 9 LIDA 2019: Puput Teratas, Alif Terendah

Kapanlagi.com - Kompetisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 9 besar. Semalam, peserta yang berada di grup 1 yang diadu kebolehan dalam bernyanyi dangdut. Adapun peserta dari grup 1 adalah Kiki yang mewakili Kepulauan Riau, Puput (Sulawesi Selatan), dan Alif (Kalimantan Timur).

Alif mendapat kesempatan tampil pertama. Membawakan lagu berjudul Muara Kasih Bunda dari Erie Suzan, ia berhasil membuat empat juri menekan lampu biru dan tiga panel provinsi memberikan lampu dukungan.

Nassar menilai penampilan Alif sudah bagus. Akan tetapi tidak spektakuler karena kurang bisa menjiwai lagu dan terdapat fals di bagian awal. “Suara kamu sudah bagus, menyanyinya enak, tapi feel-nya tidak sampai. Di awal banyak yang fals dan tidak menyatu,” Nassar member catatan kepada Alif.

Sementara Kiki tampil kurang maksimal dalam melantunkan lagu Bisik Bisik Tetangga dari Elvi Sukaesih sehingga seluruh juri tidak ada satupun yang menekan lampu biru untuk penampilannya. Hanya tiga lampu dukungan dari panel provinsi yang diraihnya.

Kiki pun mendapat kritik tajam dari juri. “Kamu kurang fokus, pada saat refrain kurang naik, improvisasinya juga kurang matang,” kritik Inul. Bahkan Tukul Arwana, selaku juri tamu ikut mengkritik penampilan Kiki. “Kamu tidak control dan tidak fokus,” ujarnya.

Puput yang menjadi penampil terakhir mencoba tampil maksimal dalam membawakan lagu Doaku. Hasilnya, ia meraih empat lampu biru dari juri dan tiga lampu dukungan dari panel provinsi.

“Penghayatan kamu sudah cukup oke, cengkok dan dinamikanya pas, tidak berlebihan. Tapi yang kamu harus perhatikan saat di nada rendah tidak jelas dan harus fokus,” ujar Zaskia Gotik member catatan kepada Puput.

Setelah ketiganya tampil solo, mereka masih diuji untuk membawakan lagu dangdut berjudul Tiada Guna secara bersamaan yang dinilai dewan juri. Hasilnya, mereka dianggap sukses membawakan lagu tersebut secara trio. Mereka pun masing-masing meraih angka 5 dari juri.

Usai itu, tiba giliran mereka untuk mendengarkan hasil perolehan SMS dan vote dari pemirsa yang ditutup usai acara. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta.

Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shoppe dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Setelah ketiga komponen tersebut digabungkan, Puput berada di posisi puncak dengan total nilai 36,77 menyusul Kiki di posisi kedua dengan total nilai 31,72, dan Alif berada di posisi terendah dengan total nilai 31,51.

Ketiga peserta masih memiliki satu kesempatan lagi dalam konser result sebelum akhirnya di antara mereka harus ada yang tersenggol. Lantas, siapakah yang akan tersenggol atau tereleminasi dari grup 1? Apakah Alif atau bisa jadi Puput dan Kiki? Semua kemungkinan masih bisa terjadi.

(kpl/dan/cvn)

Reporter:  

Dadan Deva