KABAR GALERI VIDEO EVENT

Imbas Pandemi Covid-19, Irma Darmawangsa Rugi Miliaran Rupiah Sampai Menjual Dua Rumah

Luthfia Miranda Putri   | Rabu, 04 Agustus 2021 15:01 WIB
Imbas Pandemi Covid-19, Irma Darmawangsa Rugi Miliaran Rupiah Sampai Menjual Dua Rumah
Irma Darmawangsa © KapanLagi.com - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Pedangdut Irma Darmawangsa mengalami kerugian cukup besar selama pandemi Covid-19. Bagaimana tidak, imbas pandemi Covid-19 bisnis yang dia jalani selama ini terpaksa ditutup. Pasalnya, omset yang dia terima selama pandemi Covid-19 turun drastis.

"Iya cuma pada tutup, gua punya usaha kuliner. Usaha kuliner sebelum ada Covid-19 agak mendingan, eh semenjak ada PPKM ya udah. Dine in nggak boleh dan cuma take away akhirnya omset gua menurun drastis," kata Irma Darmawangsa di Ekomando, Jakarta Timur, Rabu (4/8/2021).

Akibatnya, perempuan 37 tahun itu terpaksa harus merumahkan sejumlah karyawan yang bekerja di tempat usahanya tersebut.

"Mau nggak mau karyawan gua rumahkan. Sisanya pekerja, ya tinggal 1 barista, satu OB, dan satu writer," katanya.

"(Karyawan) Ada di atas 10 lah karena aku ada beberapa tenant. Satu tenant aja ada orang-orang yang jaga. Belom kasir dan segala macam," sambung Irma Darmawangsa.

 

1. Rugi Milyaran Rupiah

Dihitung-hitung pelantun lagu Sir Gobang Gosir mengalami kerugian hingga milyaran rupiah akibat pandemi Covid-19. Tentu saja kerugian ini di luar ekspetasi Irma Darmawangsa.

Apalagi, dia sempat berfikir kalau bisnisnya tersebut akan balik modal setelah tiga tahun berjalan. Irma merasa hasil yang dilakukannya tidak sesuai dengan ekspektasi.

"Total kerugian miliaran. Saya membangun usaha kuliner saya dari saya beli lahan, bangun bangunan sudah miliaran. Hasilnya gak sesuai ekspektasi. Ya saya mikirin maksimal 3 tahun udah bisa balik modal atau keuntungan. Belum sampai 3 tahun timbul corona. Awal corona lockdown, PSBB, PPKM. Ya kita mah nyesek mau gimana," katanya.

2. Berusaha Bertahan

Lalu, apa yang membuat Irma Darmawangsa tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Mengingat sudah milyaran rupiah ia mengalami kerugian.

Ditambah lagi, ia sampai rela menjual dua rumah. Cari ini merupakan salah satu agar dirinya bisa bertahan.

"Saya masih bertahan. Ya bertahannya saya jual rumah jadinya. Saya lagi mau jual salah satunya aset saya, untuk menutup. Jual aset lah, kalau gak begitu muterin modalnya dan uangnya susah. Pemasukan nggak ada pengeluaran jalan terus. Saya mau jual rumah ada dua rumah, satu di Makassar dan satu di Jakarta. Belum laku," tutup Irma Darmawangsa.

Reporter:   Fikri Alfi Rosyadi