KABAR GALERI VIDEO EVENT
In Partnership with Indosiar

Jorgelino Menangis Usai Dendangkan Tembang 'Keramat' di Dangdut Academy Asia 4

Sora Soraya | Selasa, 06 November 2018 13:15 WIB
Jorgelino Menangis Usai Dendangkan Tembang 'Keramat' di Dangdut Academy Asia 4

Kapanlagi.com - Tembang Keramat dibawakan dengan sepenuh jiwa oleh Jorgelino. Peserta Dangdut Academy Asia 4 (DAA4) asal Timor Leste ini tak bisa membendung air matanya. Mengapa ia sampai begitu hanyut dengan tembang ciptaan Rhoma Irama ini?

Keramat memang diciptakan untuk mengagungkan ibu yang telah melahirkan dan membesarkan seorang anak. Syairnya yang kuat dan bernas tak hanya membuat Jorg (begitu ia biasa disapa) mewek, tapi juga para juri dan komentator DAA4. Apa sih alasannya?

"Saat persiapan audisi, saya dapat kabar adik dari orangtua saya meninggal. Setelah di bandara saya hendak ke Jakarta, dapat kabar lagi satu lagi adik orang tua saya meninggal juga. Itu membuatnya teringat dan bersedih. Saya juga teringat dengan ibu saya di Timor Leste," ujar Jorgelino saat disambangi di Asrama DAA4 pada Jumat (2/11).

1 dari 4 halaman

1. Juri Juga Terhanyut

Rosalina Musa alias kak Rose juri asal Singapura juga teringat dengan ibunya saat mendengar penampilan Jorg. Menurutnya, tembang Keramat ini benar-benar memiliki daya pikat tersendiri karena mampu menggetarkan hati setiap pendengarnya.

"Lagu Keramat ini sungguh keramat. 1000 orang yang mendengarkannya ikut sedih. Saya teringat dengan ibu saya. Saya tahan dari tadi untuk menangis tapi tak kuasa," katanya.

2 dari 4 halaman

2. Musik Dangdut Yang Menginspirasi

Musik dangdut sangat populer di Timor Leste © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto
Menurut pria kelahiran 9 Maret 1994 ini, publik Timor Leste memang sudah tak asing dengan musik dangdut. Lebih-lebih setelah acara yang menyuguhkan lagu dangdut seperti DAA, Liga Dangdut, Dangdut Pantura dan lain-lain dibuat oleh Indosiar marak, kegemaran publik Timor Leste pada musik dangdut makin menjadi. Banyak pemuda dan pemudi di Timor Leste yang terinspirasi untuk ikut kompetisi dangdut.

Maria Vitoria alumni DAA2 menjadi salah satu yang menginspirasi, termasuk Jorg. Kesuksesannya kala menjadi juara 4 DAA2 membuatnya lenggang sebagai penyanyi papan atas di Timor Leste. Bahkan ia bisa masuk acara The Voice Portugal.

3 dari 4 halaman

3. Sempat Kesulitan

Jorg sempat alami kesulitan saat belajar cengkok dangdut © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto
Beberapa nomor dangdut lawas seperti Kehilangan, Terajana, Subaedah, Haruskah Berakhir, dan banyak lagi sudah dihafal dan dipersiapkan olehnya. "Awalnya terus terang saya kesulitan dengan cengkok dangdut yang memang khas banget. Tapi pelan-pelan saya akhirnya bisa terlatih dengan cengkok dangdut," ujarnya.

Jorgelino bertekad akan menyeriusi dunia menyanyi setelah kembali ke negaranya. Pasca ikut DAA4 dia akan melepas sebuah single bertajuk Vida Mosu Oin Seluk di Timor Leste. "Bekal yang saya dapatkan di DAA4 ini amat berguna untuk meniti karier sebagai penyanyi profesional," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

4. Biodata Jorgelino

Nama Lengkap : Jorgelino

Nama Panggilan : Jorg

Tempat Tanggal Lahir : Timor Leste, 9 Maret 1994

Jenis Kelamin : Laki-laki

Warga Negara : Timor Leste

Status : Belum Menikah

Anak ke : 5

Nama Ayah : Faustino Da costa Guterres

Nama Ibu : Elda Mendes de Carvalho

Hobby : Berenang dan menyanyi

Obsesi : Ingin menjadi penyanyi di Timor Leste

Group: Group 1 Dangdut Academy Asia 4

(kpl/edy/sry)


Editor:  

Sora Soraya

↑