Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

KABAR GALERI VIDEO EVENT

Kasus KDRT Rizky Billar Kepada Lesti Naik Jadi Penyidikan, Polisi: Sudah Penuhi Unsur Pidana

Jum'at, 07 Oktober 2022 22:56 WIB
Kasus KDRT Rizky Billar Kepada Lesti Naik Jadi Penyidikan, Polisi: Sudah Penuhi Unsur Pidana
Kasus KDRT RIzky Billar kepada Lesti naik jadi penyidikan ©KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengungkap perkembangan kasus dugaan KDRT yang dilakukan Rizky Billar kepada istrinya, Lesti. Disebutkan bahwa kasus Rizky Billar ini sudah naik status dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Setelahnya pihak kepolisian akan memanggil beberapa orang lagi untuk menyampaikan keterangan terkait kasus ini. Salah satunya adalah Rizky Billar sendiri yang jadi pihak terlapor.

"Kasus ini dinaikkan statusnya dari penyeledikan menjadi penyidikan. Saat ini penyidik telah mengagendakan, memanggil untuk untuk 4 orang lain, di antaranya adalah terlapor saudara Muhammad Rizky yang mana sedianya kemarin mestinya hadir memenuhi panggilan," Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (7/10/2022).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Harusnya Jalani Pemeriksaan

Gambar

Seharusnya Rizky Billar menjalani pemeriksaan pada Kamis (6/10/2022). Tetapi, melalui kuasa hukumnya, Rizky Billar meminta penjadwalan ulang. Rencananya, Rizky Billar akan kembali dipanggil pihak kepolisian pada Kamis pekan depan, 13 Oktober 2022.

"Namun melalui kuasa hukumnya meminta pengunduran pemanggilan atau pemeriksaan menjadi tanggal 13 atau Kamis depan bulan Oktober. Kita harapkan tentunya, dari saudara Muhammad Rizky sebagai terlapor agar bisa kooperatif, dalam hal ini memenuhi panggilan untuk tanggal 13 sesuai dengan permintaannya agar bisa membuat terang persoalan ini," katanya.

"Sesuai ketentuan dalam KUHAP, kalau tidak datang panggilan kedua, maka akan disertai dengan penjemputan, diharapkan sesuai dengan pernyataan Muhammad Rizky, diharapkan pada hari Kamis depan tanggal 13 ybs bisa hadir," tambah Zulpan.

2. Memenuhi Unsur Pidana

Dengan naiknya status kasus ini menjadi penyidikan, artinya sudah dapat dipastikan bahwa kasus dugaan KDRT ini telah memenuhi unsur pidana.

"Iya, kan sudah ditingkatkan ke penyidikan. Kalau sudah ditingkatkan ke penyidikan berarti kasus ini sudah memenuhi unsur pidana. Memenuhi unsur pidana artinya naik ke tahap penyidikan, berdasarkan pasal 184 KUHAP, minimal dua alat bukti untuk menentukan tersangkanya," katanya.

3. Masih Jadi Saksi

Saat ini status Rizky Billar masih sebagai saksi. Ke depannya tidak menutup kemungkinan status Rizky Billar akan berubah menjadi tersangka.

"Sekarang alat bukti sudah dikumpulkan, tinggal terlapor nanti pada saat diperiksa apakah ada keterangan lain yang bisa menyangkal perbuatan itu, itu nanti dilakukan oleh penyidik sebelum menentukan status daripada saudara Rizky yang saat ini masih sebagai saksi," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Rizky Billar semula harusnya menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu (6/10/2022). Namun karena alasan mengalami masalah dalam psikisnya, akhirnya pihak kuasa hukumnya mengajukan permohonan penundaan pemeriksaan.