KABAR GALERI VIDEO EVENT

[Kisah] Sodiq Monata Ngamen - Jualan Nasi Goreng, Kini 50 Juta Sekali Tampil

Cinthya Septavy | Rabu, 21 November 2018 12:15 WIB
[Kisah] Sodiq Monata Ngamen - Jualan Nasi Goreng, Kini 50 Juta Sekali Tampil

Kapanlagi.com - Perlahan-lahan pedangdut Sodiq Monata mengantongi kesuksesan di dunia musik Tanah Air. Namanya semakin populer sebagai jawara koplo dengan sekian lagu hits yang mengantarkan suksesnya.

Namun semua itu bukan datang secara tiba-tiba. Pengalaman pahit sudah dilalui belasan tahun lalu, sebelum masyarakat menerima aksi dan lagu-lagunya. 

1 dari 6 halaman

1. Berawal Dari Ngamen

"Ngamen ke ngamen, dari kampung ke kampung, dari bus ke bus, komplek ke komplek sampai seperti sekarang ini. Sekarang alhamdulillah ngetop lewat lagu RX King," kata Sodiq Monata tertawa di sela acara Anugerah Dangdut Indonesia 2018 di Stadion Kanjuruan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (16/11).

Sodiq hidup mengamen sekitar 1996, sebelum kemudian membuat grup orkes kecil-kecilan yang menerima tawaran manggung keliling kampung. Hidupnya sebagai pengamen dan musisi jauh dari berkecukupan, karena itu segala pekerjaan kerap dijalani guna memenuhi kebutuhan keluarga.

2 dari 6 halaman

2. Pernah Jualan Nasi Goreng

Pernah Jualan Nasi Goreng
"Jualan nasi goreng tahun 2001-2002 di Pandaan. Saya jago kalau bikin nasi goreng. Jadi kuli bangunan juga pernah. Jangan cerita melaratnya (susahnya), kalau melarat sudah ratunya orang melarat," kata Sodiq tertawa lepas.

Saat itu, Sodiq tidak jarang hanya mendapatkan bayaran Rp 15 ribu untuk setiap penampilan menyanyinya. Namun seiring waktu musik dangdut yang ditekuninya telah mengubah hidupnya. Kondisi itu sudah benar-benar berubah dari kondisinya semula.

3 dari 6 halaman

3. Diremehkan Karena Penampilan

Diremehkan Karena Penampilan
Sodiq menceritakan, pernah diremehkan oleh banyak orang karena penampilannya. Namun semua itu justru menjadi pelecut yang mengantarkan suksesnya.

"Wong elek jadi penyanyi, itu jadi pelecut. Jadi penyanyi itu kita harus percaya diri, mental harus kuat, pantang mundur," kata pemilik nama asli Shodik Rifai itu.

4 dari 6 halaman

4. Kini Sekali Tampil Kantongi 50 Juta

Saat ini untuk sekali tampil, Sodiq menerima tarif honor Rp 50 juta untuk sekali tampil dengan 8 - 10 lagu dalam durasi 1 jam. Bahkan Sodiq pernah menerima honor Rp 75 juta untuk sekali tampil.

"Itu honor untuk saya sendiri, kalau sama kru kisaran Rp 200 juta di luar kota," kata penyanyi yang kini berusia 50 tahun sembari tertawa.

 

5 dari 6 halaman

5. Gak Akan Operasi Andeng-andeng

Kendati sudah banyak dikenal dan sukses, Sodiq yang masuk dalam kategori Penyanyi Dangdut Solo Pria Paling di Hati Anugerah Dangdut Indonesia (ADI) 2018 tetap menjadi diri sendiri.

"Andeng-andeng juga tidak akan saya operasi walau banyak uang. Rambut tetap gimbal, kulit juga tetep begini walau punya banyak uang," pungkasnya.

6 dari 6 halaman

6. Nggak Nyangka Bisa Sukses Seperti Sekarang

Nggak Nyangka Bisa Sukses Seperti Sekarang
Saat waktu tertentu, Sodiq yang lewat lagu RX King masuk Kategori Lagu Dangdut Paling Hitz mengaku merenungi perjalanan hidup. Banyak perjalanan hidup yang dijalani tanpa terduga duga.

"Heran, kagum juga (dengan pencapaian saat ini), apa yang kita punya, yang kita dapat itu awal dari kerja keras. Sudah pasti, tidak ada orang sukses tanpa kerja keras," katanya.

(kpl/dar/cvn)


Reporter:  

Darmadi Sasongko

↑