KABAR GALERI VIDEO EVENT

Kronologi Dinar Candy Dapat Sanksi Menyapu Jalan Gara-gara Langgar Aturan PSBB

Selasa, 09 Juni 2020 13:00 WIB
Kronologi Dinar Candy Dapat Sanksi Menyapu Jalan Gara-gara Langgar Aturan PSBB

Kapanlagi.com - Dinar Candy sempat mengunggah foto di instagram saat dirinya mengenakan rompi orange beberapa waktu lalu. Rompi yang ia pakai itu bertuliskan 'Pelanggar PSBB'.

Di keterangan postingannya itu, Dinar pun mengaku jika dirinya mendapat sanksi akibat melanggar peraturan PSBB. "Pelanggar PSBB kena sanksi sosial guys," tulis Dinar Candy.

Saat dihubungi, Selasa (9/6) tadi, Dinar Candy akhirnya menjelaskan kronologi dirinya mendapatkan sanksi sosial tersebut. Kejadian tersebut diakuinya terjadi sekitar 3 hari lalu.

1 dari 3 halaman

1. Kena di Depok

Dinar Candy menyebut kalau dirinya terkena sanksi saat berada di kawasan Depok. Kala itu ia ketahuan duduk di kursi penumpang depan.

"Itu aku kena di daerah Depok, tiga hari yang lalu. Semua yang di mobil aku itu pakai masker, cuma aku itu duduk di depan," ucapnya.

"Aku kan bertiga di mobil, ada asisten aku yang nyetir, adik aku di belakang dan aku di depan. Aku tahu peraturannya, tapi waktu itu aku lagi pengin duduk di depan, aku pikir nggak akan kenapa-kenapa. Ternyata kena," sambung Dinar.

2 dari 3 halaman

2. Diberhentikan Petugas

Diberhentikan Petugas Credit: Instagram/dinar_candy
Setelah diberhentikan oleh petugas, Dinar Candy kemudian diminta untuk turun dari kendaraan. Ia bersama dua orang lain yang ada di mobilnya diminta untuk menjalani hukuman sosial yang sudah ditetapkan.

"Aku disuruh turun karena duduknya di depan dianggap melanggar peraturan, terus mobil aku kan platnya S, disangkanya aku dari luar kota. Aku coba jelaskan bahwa kita dari Jakarta," cerita Dinar.

"Habis itu kita dikenakan sanksi sosial disuruh nyapu, bersihin sampah yang berserakan di pinggir jalan. Ada juga yang disuruh nyanyi lagu wajib. Habis itu kita diperingati ke depannya jangan mengulangi karena kan (negara) kita masih PSBB, penularan corona masih tinggi," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

3. Jadi Pembelajaran

Kejadian ini menjadi sebuah pembelajaran bagi Dinar Candy. Ia pun berharap agar masyarakat bisa benar-benar mentaati peraturan yang sudah dibuat.

"Iya jadi (pembelajaran) sudah nggak mau menyepelekan aturan lagi. Tadinya aku pikir aku kan sudah pakai masker, masa duduknya harus di belakang juga. Ternyata memang tidak boleh. Ini adalah pelajaran bukan hanya buat aku tapi juga masyarakat lainnya agar menaati peraturan," pungkasnya.

(kpl/dan/lou)