KABAR GALERI VIDEO EVENT

Pakai Baju Adat Karo di DA Asia 5, Rosalina Musa 'Kak Rose' Bikin Heboh

Guntur Merdekawan | Selasa, 10 Desember 2019 06:22 WIB
Pakai Baju Adat Karo di DA Asia 5, Rosalina Musa 'Kak Rose' Bikin Heboh

Kapanlagi.com - Juri asal Singapura, Rosalina Musa atau Roslina binti Musa kerap membuat para penonton tercengang karena tampilannya mengenakan baju khas Nusantara. Hal serupa kembali ditunjukkannya di ajang Dangdut Academy Asia 5.

Kali ini wanita yang kerap disapa Kak Rose itu tampil mengenakan baju adat pengantin wanita Karo dari Sumatera Utara. Saat ditelusuri, sosok desainer Deren Sembiring, ada di balik baju adat yang dikenakan Kak Rose tersebut.

"Saya yang mengajukan kepada pihak Indosiar untuk menggunakan baju adat dari Karo, karena saya belum pernah lihat ada yang memakai baju adat ini di acara TV nasional. Sebagai anak Karo, saya ingin juga pakaian adat saya tampil di TV," cerita sang desainer, Deren Sembiring.

 

1 dari 2 halaman

1. Dapat Respon Baik dari Warga Sumatera Utara

Penampilan Roslina begitu cantik, lengkap dengan tudung kepala yang berbentuk unik terbuat dari kain tenun uis Jung-Jungen atau beka buluh warna merah berpadu hitam lengkap dengan aksesoris emas. Penampilannya itu sontak menjadi pembicaraan warga Sumatra Utara, khususnya para masyarakat Karo yang ikut senang dan bangga karena budaya mereka diangkat dan diperlihatkan ke masyarakat luas lewat acara TV nasional.

"Alhamdulillah dapat respon baik dari masyarakat Karo, mereka memberikan ucapan selamat dan bangga sama saya dan nggak sedikit juga yang mengucapkan terima kasih karena pakaian adat kami tampil di tv nasional, ini sudah menjadi cita-cita saya untuk bisa mengangkat adat Karo dan jalannya lewat baju ini," ujar desainer berusia 26 tahun itu.
2 dari 2 halaman

2. Diundang Pemerintah Desa Kutabuluh Simole

Diundang Pemerintah Desa Kutabuluh Simole Rosalina Musa / Credit: KapanLagi - Dadan Deva
Karena dinilai berhasil mengangkat kebudayaan Karo, Deren pun mendapatkan apresiasi dari pemerintah desa Kutabuluh Simole, Sumatra Utara. Bahkan ia pun langsung mendapatkan undangan khusus untuk hadir pada pesta Mejuah Juah, juga pesta bunga dan buah yang akan diadakan pada bulan Juni 2020 nanti untuk menampilkan karya-karya di acara tersebut.

Ini bukan yang pertama kali Deren ikut mempercantik para juri acara Dangdut  Academy Asia lewat busana-busana yang ia buat. Sebelumnya, Zaskia Gotik dan Rita Sugiarto pun sudah pernah memakai karya dari desainer muda berbakat ini.

(kpl/dan/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

↑