KABAR GALERI VIDEO EVENT

Perjalanan Jirayut Jadi Pedangdut Muda Paling Bersinar Tahun 2019, Gagal di DAA4 Berujung Kesuksesan Hingga Bisa Bahagiakan Keluarga

Louvina Gita   | Senin, 23 Desember 2019 16:05 WIB
Perjalanan Jirayut Jadi Pedangdut Muda Paling Bersinar Tahun 2019, Gagal di DAA4 Berujung Kesuksesan Hingga Bisa Bahagiakan Keluarga

Kapanlagi.com - 2019 rupanya menjadi tahun yang gemilang bagi Jirayut Afisan Jehderamae. Kemunculannya di industri musik dangdut Tanah Air seolah memberikan warna tersendiri. Tak hanya sebagai pedangdut, selama setahun terakhir Jirayut juga membuktikan jika dirinya punya kemampuan mumpuni untuk bisa bersaing di dunia entertaint.

Sosoknya yang dikenal ceria pun membuat banyak orang senang dan menyukai kehadirannya. Jadi nggak heran kalau kepopuleran seorang Jirayut kini semakin meroket.

Di penghujung tahun ini, Jirayut ditempatkan pada posisi pertama dalam kategori Pedangdut Muda Paling Bersinar berdasarkan polling pembaca Kapanlagi.com. Lalu seperti apa sih sebenarnya perjalanan karier seorang Jirayut? Simak selengkapnya di sini.

1 dari 7 halaman

1. Dikenal Menggemaskan di DAA4

Dikenal Menggemaskan di DAA4 Kapanlagi.com
Wajah Jirayut pertama kali muncul dan dikenal masyarakat sejak ia menjadi salah satu peserta asal Thailand di ajang Dangdut Academy Asia 4. Meski berasal dari negara tetangga, nyatanya Jirayut sukses mencuri perhatian penonton Indonesia kala itu.

Berkat gayanya yang menggemaskan, membuat Jirayut dengan mudah merebut hati pecinta musik dangdut. Saat dirinya tersenggol dari DAA 4, banyak orang yang ikut kecewa karena tak bisa menyaksikan jagoannya unjuk kebolehan.

Jirayut harus menelan pil pahit kegagalan di DAA 4 karena tak bisa lolos ke babak Top 8. Tersenggolnya Jirayut pun membawa kesedihan bagi para penonton dan komentator yang hadir kala itu.

Selain karena gayanya yang lucu dan menggemaskan, di awal kemunculannya Jirayut juga disebut-sebut punya kemiripan dengan putra sulung musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Al Ghazali. Karena hal ini pula lah Jirayut berhasil mencuri perhatian masyarakat di Tanah Air.

2 dari 7 halaman

2. Jadi Host Bareng Ramzi CS

Jadi Host Bareng Ramzi CS Kapanlagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Berkat antusias yang besar dari penggemarnya, Jirayut akhirnya dipercaya jadi salah satu host di Dangdut Academy Asia 4 setelah dirinya tersenggol. Mendampingi Ramzi, Gilang Dirga, dan Uyaina Arshad, kehadiran Jirayut disambut hangat para penonton.

Masih punya keterbatasan bahasa, nyatanya tak menghalangi Jirayut dalam memandu acara bareng Ramzi dan kawan-kawan. Lewat semangat yang ditunjukkan dan tingkah lucunya, Jirayut sukses bikin banyak orang senang.

Sejak itu, Jirayut juga diberi kesempatan menjadi pembawa acara di kompetisi bernyanyi dangdut lainnnya yang tayang di Indosiar. Mulai dari Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 dan yang terbaru Dangdut Academy Asia musim ke-5.

3 dari 7 halaman

3. Jajal Peruntungan di Dunia Akting

Jajal Peruntungan di Dunia Akting Instagram.com/jirayutdaa4official
Menerima sambutan baik saat jadi host, pedangdut kelahiran 24 Februari 2001 ini memberanikan diri untuk menjajal dunia seni peran. Akting pertamanya ia tunjukkan dalam Drama Musikal Cinta 24 Karat saat menyambut HUT ke-24 Indosiar.

Tak hanya di situ saja, Ia kemudian ikut ambil bagian dalam sejumlah FTV. Walaupun sempat mengaku takut bertemu sutradara, di sepanjang tahun 2019 ini Jirayut tampil di 5 judul FTV yang berbeda.

Diantaranya, Gadis Pemilik Kos Yang Rajin Bersedekah Menjadi Pengusaha Sukses Hotel Syariah, Penjual Tahu Miskin Yang Dihina Kini Jadi Pengusaha Muda, Cita Mulia Bocah Pengamen Jalanan Untuk Menyembuhkan Ibunya, Tukang Service AC Yang Bermimpi Untuk Bisa Kuliah, dan Jalan Berliku Petani Pala Yang Sukses jadi PNS.

4 dari 7 halaman

4. Keluarkan Single 'Jambret Cinta'

Keluarkan Single 'Jambret Cinta' Kapanlagi.com/Bayu Herdianto
Pada pertengahan tahun 2019, Jirayut merilis sebuah single pertamanya bertajuk Jambret Cinta. Lagu ini merupakan karya ciptaan Posan Tobing yang spesial ia buat untuk Jirayut. Single yang dinyanyikan Jirayut ini bercerita tentang pengalaman jatuh hati seseorang.

"Lagu ini bercerita soal pria yang jatuh cinta dengan seorang wanita dari melayu. Jadi ini cerita Kak Posan (yang) buat, karena melihat Kak Nassar yang sedang merayu Kak Selfi," ungkap Jirayut ditemui kala itu.

Lewat lagu ini, Jirayut seolah mengobati kerinduan penggemarnya yang ingin mendengar ia bernyanyi setelah DAA 4 berakhir. Dan bukan cuma di Indonesia, Jambret Cinta milik Jirayut juga diperdengarkan di kampung halamannya yaitu Thailand.

5 dari 7 halaman

5. Kini Mampu Bahagiakan Keluarga

Kini Mampu Bahagiakan Keluarga Instagram.com/jirayutdaa4official
Perjuangan Jirayut berkarier di Indonesia, tentu bukan tanpa alasan. Berangkat dari keluarga yang sederhana, nampaknya tidak membuat Jirayut mudah menyerah. Keinginan untuk membahagiakan keluarga adalah dorongan yang kuat bagi anak ketiga dari empat bersaudara ini.

Hasil peluh keringatnya pun kini mulai membuahkan hasil. Sejumlah kebutuhan keluarganya di kampung halaman sudah berhasil dipenuhi Jirayut. "Sekarang Jirayut udah bangun rumah sedikit, beli barang-barang rumah, kirim uang ke ibu, ke nenek," tuturnya pada Harsiwi Achmad, Direktur SCM beberapa waktu lalu.

Bukan cuma mulai memperbaiki rumah, Jirayut juga bisa membeli sebuah kendaraan dan membuat ibunya tak perlu lagi bekerja. "Tahun ini alhamdulilah rezki yang Allah memberi kepada saya sangat-sangat luar biasa dengan usia 18, saya bisa bantu keluarga saya bisa beli mobil, bisa berhenti ibu saya kerja, dan saya juga dapat keluarga baru dari Indonesia," katanya.

6 dari 7 halaman

6. Terima Penghargaan

Terima Penghargaan Kapanlagi.com/Bayu Herdianto
Kerja keras Jirayut membangun karier di Indonesia dalam kurun waktu satu tahun terakhir ini membuahkan hasil. Ia mendapatkan penghargaan di ajang Indonesia Dangdut Awards (IDA) 2019 yang digelar di Studio Emtek City, Jakarta Barat, Kamis (7/11).

Dalam ajang IDA 2019 ini, Jirayut berhasil meraih penghargaan sebagai Pedangdut Pendatang Baru Terpopuler. Sebagai wajah baru di industri musik dangdut Tanah Air, tentu penghargaan yang diterimanya ini membuktikan kalau ia sukses mengambil hati masyarakat Indonesia.

Lewat instagramnya, Jirayut mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Tuhan atas penghargaan yang ia terima. "Alhamdulilah Ya Allah terimakasih atas Nikmat Yang Engkau berikan kepada ku...," tulis Jirayut.

7 dari 7 halaman

7. Hasil Polling

Hasil Polling Kapanlagi.com
Perjalanan karier Jirayut memang belum lama dimulai, namun kiprahnya tak bisa dipandang sebelah mata. Dalam hasil polling pembaca Kapanlagi.com yang berlangsung beberapa waktu lalu, Jirayut berhasil unggul dari 3 pesaingnya dalam kategori Pedangdut Muda Paling Bersinar.

Dengan total vote 1670, Jirayut sukses duduki peringkat pertama. Disusul dengan Tasya Rosmala (1069 vote), Lebby Wilayati (681 vote) dan di posisi terakhir Bella Nova (563 vote). Semoga di tahun berikutnya, makin banyak pedangdut muda dengan talenta luar biasa yang mewarnai kancah musik Tanah Air ya.

(kpl/gtr/lou)

Reporter:  

Guntur Merdekawan