Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

KABAR GALERI VIDEO EVENT

Pihak KUA Ungkap Tidak Tahu Kalau Lesti dan Rizky Billar Diam-Diam Sudah Menikah Siri

Rabu, 29 September 2021 22:38 WIB
Pihak KUA Ungkap Tidak Tahu Kalau Lesti dan Rizky Billar Diam-Diam Sudah Menikah Siri
Rizky Billar - Lesti © instagram.com/lestykejora

Kapanlagi.com - Pernikahan siri Lesti dan Rizky Billar yang terjadi di awal tahun memang menjadi kabar yang sukses bikin heboh internet. Dan kini, netizen kembali dikejutkan dengan kemunculan rumor yang menyebutkan kalau Leslar telah melakukan pembohongan publik.

Gara-gara hal tersebut, Lesti dan Rizky Billar terancam akan dilaporkan ke polisi. Setelah Kongres Pemuda Indonesia (KPI) Jawa Timur, muncul sebuah postingan serupa di Facebook yang langsung viral.

Pemilik akun Facebook tersebut mengklaim kalau Leslar tidak hanya membohongi publik namun juga memalsukan data saat mendaftarkan pernikahan mereka di Kantor Urusan Agama (KUA). Seperti yang kita tahu, salah satu syarat pernikahan di KUA adalah memberikan surat pernyataan terkait status calon mempelai apakah, perawan/perjaka dan janda/duda.

Terkait hal ini, Kepala KUA Kebayoran Lama, H. Madari akhirnya buka suara. Ia mengaku kalau pihak KUA memang tidak-menahu kalau keduanya saat itu sebelumnya sudah menikah siri, seperti yang dikutip dari Tabloid Nyata.

1. Tidak Ada Pelanggaran dan Pemalsuan

Gambar

"Berdasarkan berkas yang sudah diajukan ke kami dan ini sudah dilakukan pernikahannya, saya lihat ada masalah. Artinya tidak ada di sini keterangan nikah siri, nggak ada. Pertama, pengantar kelurahan atas nama Muhammad Rizky di situ statusnya jejaka. Di KTP juga Muhammad Rizky belum kawin," tutur H. Madari.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Madari juga menyampaikan kalau pernikahan Leslar tidak cacat hukum. Menurut data yang sudah diberikan, hal ini bukanlah sebuah masalah.

"Artinya pernikahan ini berdasarkan berkas, berdasarkan surat-surat kelurahan, surat rekomendasi dari KUA sebelumnya. Itu semuanya statusnya perjaka, perawan, tidak ada ceritanya nikah siri. Ini berarti secara aturan, secara undang-undang perkawinan maupun administrasi kependudukan tidak ada masalah," imbuhnya.

Di akhir wawancaranya, Madari justru enggan berkomentar terkait tudingan pembohongan publik yang dijatuhkan pada Lesti dan Billar, "Kalau kami hanya berpatokan pada data kalau pengakuan lisan itu sulit dipertanggungjawabkan. Kalau kemungkinan ada orang yang menduga itu sebagai sebuah kebohongan, kita nggak tahu ya. Tapi kalau berdasarkan fakta data administratif KTP, KK, pengantar kelurahan ya itu tidak ada masalah."

"Artinya, misalnya di KTP (statusnya) kawin, diubah, dibikin belum kawin, (baru) kena dia pemalsuan data. Tapi kalau di sini nggak ada. Di sini masih ori istilahnya. KTP-nya tertulis belum kawin, di pengantar kelurahan masih perjaka perawan, artinya tidak ada pelanggaran, tidak ada pemalsuan. Kalau soal statement itu udah bukan ranahnya KUA," tegasnya.