Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

KABAR GALERI VIDEO EVENT

Polisi Sebut Rizky Billar Tetap Diproses Meskipun Sudah Minta Maaf

Rabu, 05 Oktober 2022 14:00 WIB
Polisi Sebut Rizky Billar Tetap Diproses Meskipun Sudah Minta Maaf
Credit:Instagram.com/rizkybillar

Kapanlagi.com - Dugaan KDRT yang dilakukan oleh artis Rizky Billar kepada istrinya, Lesti Kejora masih terus berlanjut. Keduanya, belum berencana menempuh upaya damai dalam kasus tersebut. Humas Polres Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi menjelaskan selama Lesti Kejora tidak mencabut laporannya, kasus ini akan tetap diproses kepolisian.

"Jadi gini, untuk yang dilaporkan oleh saudari L, ini adalah delik aduan. Jadi delik aduan itu jika korban merasa dirugikan dan melapor, itu bisa diproses, jadi itu adalah delik aduan. Kemudian delik aduan bisa mediasi jika laporan itu dicabut, proses selesai," kata AKP Nurma Dewi di Polres Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Kasus Selesai Jika Laporan Dicabut

Kasus dugaan KDRT yang dilakukan oleh Rizky Billar bisa saja selesai kalau pihak terlapor, Lesti Kejora mencabut laporannya itu. Tetapi, jika Lesti tidak mencabut laporannya itu polisi akan terus memproses Rizky Billar.

"Jadi kalo sudah dicabut dari saudari korban, itu bisa selesai masalahnya. Tapi jika memang ada permohonan maaf, tapi tidak dicabut untuk laporan polisi itu terus berlanjut. Untuk tindak pidananya," katanya.

2. Ancaman 5 Tahun Penjara

Atas kasus dugaan KDRT, Rizky Billar terjerat Pasal 44 UU RI No. 23 Tahun 2004 dengan ancaman maksimal lima tahun atau denda paling banyak Rp15 juta. Nurmala Dewi mengungkapkan, Rizky Billar bisa saja langsung ditahan kalau penyidik sudah mendapatkan keterangan dan bukti lengkap dari para saksi-saksi.

"Jadi untuk ancaman lima tahun kita tetap ada barang bukti kemudian keterangan saksi saksi itu mengarah kepada yang diduga. Jadi gitu," kata Nurmala Dewi.

3. Billar Segera Diperiksa

Dijadwalkan, Rizky Billar akan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis besok (6/10/2022). Jika Rizky Billar mangkir, polisi akan menjadwalkan ulang pemanggilan Rizky Billar. Tetapi jika, berulang-ulang kali mangkir dari pemeriksaan, polisi akan melakukan jemput paksa Rizky Billar.

"Nanti kita koordinasikan kembali, jadi kenapa sih, jelas untuk alasan, kenapa tidak datang," katanya.

"Ya nanti kalo kita sudah panggil beberapa kali ya kemudian sesuai dengan prosedur kita aja. Itu aja ya," tutupnya.