KABAR GALERI VIDEO EVENT

Profil dan Fakta Unik Zam Ryzam, Peserta Dangdut Academy Asia 4 Asal Malaysia

Editor KapanLagi.com | 18 Januari 2019, 12:22 WIB
Profil dan Fakta Unik Zam Ryzam, Peserta Dangdut Academy Asia 4 Asal Malaysia

Kapanlagi.com - Dangdut Academy Asia 4 merupakan ajang pencarian bakat bernyanyi dangdut yang ditayangkan di Indosiar. Dari puluhan peserta, ada satu peserta asal Malaysia yang saat ini tengah menjadi perbincangan, yakni Zam Ryzam.

Namanya mulai dikenal banyak orang Indonesia karena dia tak henti tampil memukau di ajang tersebut. Tampil perdana di Dangdut Academy Asia 4, Zam Ryzam langsung memperoleh nilai tertinggi di grup 3 berkat penampilan menawannya menyanyikan lagu ‘Anak Yang Malang'.

Kemudian berkat kemampuan vocalnya, ia juga berhasil meraih nilai tertinggi di Top 30 dan memperoleh total nilai tinggi 1001 di top 24. Penasaran seperti apa profil dan fakta-fakta lainnya dari peserta yang berhasil menaklukan Soimah tersebut? Simak ulasan berikut ini:                                

Nama Asli: Naidatul Zamrizam Bin Hj Arsad
Nama Panggung: Zam Ryzam
Tempat Tanggal Lahir: Johor Bahru (Malaysia), 16 Juli 1995
Kewarganegaraan: Malaysia
Agama: Islam             
Nama Ayah: Hj. Arsad Bin Jamari Jamhari
Nama Ibu: Hjh. Saniah Binti Masedar
Profesi: Penyanyi
Cita-cita: Penyanyi, pencipta lagu, produser
Akun Instagram: @zam_ryzam 

Fakta Menarik Zam Ryzam:

1. Dapat Standing Applause Dari Seluruh Komentator

Zam Ryzam mencetak prestasi ketika ia mengikuti ajang Dangdut Academy Asia 4, pasalnya ia berhasil mendapatkan standing applause dari seluruh komentator yang berjumlah 7 orang. Penampilannya ketika membawakan lagu berjudul Air Mata Perkawinan pada Minggu (11/11/2018) mampu membuat sejarah baru, karena selama perhelatan ajang Dangdut Academy Asia 4, baru 2 orang peserta yang mendapat all standing ovation. Pertama adalah Selfi asal Indonesia dan yang kedua Zam Ryzam asal Malaysia. 

2. Sarjana Teknik Mesin

Meskipun sedang sibuk mengikuti kompetisi Dangdut Academy Asia 4, namun tidak membuat Ryzam melupakan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi. Pada bulan November 2018 lalu ia sukses meraih gelar sarjana Teknik Mesin dari Universiti Teknologi Petronas di Perak, Malaysia. Kini Zam Ryzam resmi menyandang status B.Eng.(Hons) Mechanical. Lewat akun instagramnya, Zam Ryzam membagikan kebahagiaan saat ia wisuda. Dia mengunggah foto dengan orang tua, sanak kerabat, serta teman-teman satu almamater. 

3. Bukan Penyanyi Dangdut

Sebelum mengikuti ajang Dangdut Academy Asia 4, ternyata Zam Ryzam merupakan penyanyi dengan genre timur tengah dan religi. Di negara asalnya, Malaysia, Zam Ryzam bergabung dalam sebuah grup beraliran musik Timur Tengah bernama QTeam. Meskipun awalnya tidak berbakat bernyanyi dangdut, namun penampilannya di Dangdut Academy Asia 4 selalu mampu memukau para komentator. 

4. Hobi Cover Lagu di YouTube

Kemampuan bernyanyi Zam memang sudah tak diragukan lagi dan sudah banyak juga netizen yang mengenal dan menyukai karakter vokal Zam. Hal itu karena Zam diketahui memiliki sebuah channel YouTube bernama ZamRyzam Official. Di situlah ia menunjukkan kemampuan vokalnya ketika membawakan cover sejumlah lagu populer. Salah satu lagu populer yang ia cover adalah Tak Tun Tuang. 

5. Anak Bungsu

Zam Ryzam merupakan anak ke delapan dari delapan bersaudara. Karena ketujuh saudaranya sudah menikah, maka Zam memiliki tanggung jawab untuk menjaga orang tuanya, itu juga karena dia masih satu atap dengan orang tuanya.  

6. Kedua Orangtuanya Sakit

Zam Ryzam mengikuti ajang Dangdut Academy Asia 4 karena ia ingin mencari dana untuk membiayai pengobatan kedua orangtuanya yang sedang sakit. Dalam akun Instagramnya @zam_ryzam pada 6 Oktober 2018 lalu, ia mengunggah foto kedua orangtuanya yang disertai penjelasan tentang sakit yang diderita kedua orangtuanya. Diketahui Ayah Zam Ryzam sedang mengalami gangguan penglihatan, sedangkan sang Ibu sedang mengidap penyakit ginjal.

Itulah tadi profil dan fakta-fakta menarik tentang Zam Ryzam, peserta Dangdut Academy Asia 4 Asal Malaysia. Fakta nomor berapa yang baru kamu ketahui?

(kpl/mel)