KABAR GALERI VIDEO EVENT

Rasakan Semangat Hari Kemerdekaan RI, Jirayut Suka Lihat Kekompakan Peserta Lomba Panjat Pinang

Selasa, 17 Agustus 2021 15:30 WIB
Rasakan Semangat Hari Kemerdekaan RI, Jirayut Suka Lihat Kekompakan Peserta Lomba Panjat Pinang
Jirayut © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sudah tinggal di Indonesia sejak tahun 2018, Jirayut sedikit banyak mengetahui budaya Indonesia. Salah satunya adalah tradisi lomba 17 Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Meski belum pernah mengikuti lomba 17 Agustus, penyanyi asal Thailand itu pernah beberapa kali mengisi acara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia sebelum adanya pandemi Covid-19.

"Nggak pernah ikut lomba sih tapi aku pernah ngisi acaranya sebelum pandemi," ujar Jirayut disela-sela acara Festival Kemerdekaan bareng KapanLagi Youniverse, Selasa (17/6).

1. Seru Lihat Lomba Panjat Pinang

Dari berbagai macam lomba 17 Agustus, Jirayut paling suka dengan lomba panjat pinang karena Ia bisa melihat kekompakan masyarakat Indonesia.

"Aku bisa lihat kekompakan orang-orang Indonesia kalau panjat pinang, kalau mau ambil hadiah di atas. Itu kayak oh seru ya," kata pelantun Goyang Gultik itu.

Selain mengajarkan arti kekompakan, lomba panjat pinang juga mengajarkan masyarakat Indonesia untuk berusaha demi mendapatkan sesuatu.

"Nggak pernah coba sih tapi aku lihat oh begini ya, hadiahnya juga gede banget kan makanya mereka harus berusaha. Ternyata mau ambil nggak gampang, harus benar-benar usaha, karena itu kan licin banget ada apa tuh minyak apa gitu," pungkasnya.

2. Dinantikan Penggemar dari Berbagai Negara

Sementara itu, Jirayut yang menjadi salah satu penampilan paling dinanti di Festival Kemerdekaan bareng KapanLagi Youniverse menghibur para penggemar dengan suara emasnya. Penyanyi dangdut asal negara Thailand yang telah lama tinggal di Indonesia ini tampil selama 30 menit dan membawakan 5 buah lagu.

Untuk penampilan pertamanya, Jirayut membawakan lagu Jambret Cinta (Jamcin), Cintai Aku Karena Allah dan Goyang Gultik. Di sesi kedua, tembang Tiada Tara dan Mawar Putih versi Thailand dibawakan dengan apik oleh pria 20 tahun ini.

Jirayut juga membagikan pengalaman menarik selama di Indonesia. Meski berasal dari negara Thailand, Jirayut sudah mencintai Tanah Air seperti negaranya sendiri. Ia pun berbagi soal makanan favorit. Ternyata Jirayut suka makanan pedas seperti nasi padang dan masakan Sunda.

Tak ketinggalan, Jirayut juga menitipkan pesannya kepada fans yang tersebar dari Sabang sampai Merauke hingga di luar negeri. Seru banget ya KLovers!