KABAR GALERI VIDEO EVENT

Rizky Billar Pakai Uang Ustaz Subki Al Bughury Sebagai Mahar Nikah Siri Dengan Lesti Kejora

Selasa, 21 September 2021 23:19 WIB
Rizky Billar Pakai Uang Ustaz Subki Al Bughury Sebagai Mahar Nikah Siri Dengan Lesti Kejora
Credit: Budy Santoso © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Seperti diketahui banyak orang, Rizky Billar dan Lesti Kejora melangsungkan pernikahan pada 19 Agustus 2021 lalu di Hotel InterContinental. Selain itu, acara pernikahan mereka juga disiarkan secara langsung di Indosiar dan Vidio.com.

Ternyata, sebelum pernikahan itu digelar Lesti Kejora dan Rizky Billar sudah melangsungkan pernikahan secara siri atau pernikahan secara agama di awal tahun 2021. Hal tersebut disampaikan oleh ustaz Subki Al Bughury usai mengisi acara The Secret of Leslar yang tayang di YouTube Rans Entertainment, Selasa (21/7/2021).

"Ya (acara The Secret of Leslar) biasa lah rangkaian, ada musik ada talk show sama itu umumin yang selama ini saya tutupin (sudah menikah secara agama)," kata ustaz Subki Al Bughury kawasan Andara, Jakarta Selatan, Selasa (21/7/2021).

Sebetulnya Lesti Kejora dan Rizky Billar sepakat tak ingin menunda pernikahan. Namun, karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19, pada akhirnya mereka menikah secara agama terlebih dahulu pada awal Januari 2021 lalu, dengan hanya dihadiri beberapa pihak penting.

"Bahwa sesungguhnya waktu mereka mulai kenal dan deket, saya bilang 'ya nikah aja'. Sebenernya mereka mau lebih cepet cuma kan keulur-ulur sama pandemi. Dulu saya bilang, saya dikenalin akad nikah abis itu kita ke KUA kita jalan bareng," ujar Ustaz Subki.

"Ada prewed itu ada pegang-pegangan ya kalian (Lesty dan Billar) udah halal. Tinggal nanti didaftarin. Dede (Lesty Kejora) tuh sebenarnya ngurus ke KUA 'bisa nggak begitu, ya nggak bisa harus bener-bener resmi harus daftar dulu'," katanya.

1. Pakai Uang Ustaz Subki

Credit: instagram.com/subkialbughury_/Credit: instagram.com/subkialbughury_/

Diketahui sebelumnya, Rizky Billar memberikan mahar berupa uang senilai 72.300 dollar AS atau setara Rp 1,04 miliar di saat ijab kabul kedua yang disiarkan secara langsung di Indosiar dan Vidio.com.

Tetapi, berbeda dengan pernikahannya yang dilakukan secara agama, ustaz Subki mengatakan jumlah mahar yang diberikan Rizky Billar senilai Rp 1.575.000.

"Itu duitnya, adalah duit saya 75 ribu pecahan 21 lembar. Karena kan pas tahun 2021 pas di rumah itu ada 21 lembar 75 ribu itu yang dipakai Billar," katanya.

2. Pernikahan Secara Agama Menurut Ustaz Subkhi

Menurut ustaz Subki, menikah secara agama boleh saja dilakukan. Hanya saja, pernikahan tersebut tidak tercatat oleh negara. Oleh karena itu, supaya pernikahannya tercatat negara, Lesti dan Rizky Billar kembali lakukan ijab kabul.

"Ijab kabul yang sama ayah kan sekali kemudian dicatat. biasanya kita bikin surat segel, itu dikasih ke KUA bahwa kita sudah nikah. Biasanya mereka untuk amannya akad lagi supaya sah secara agama dan negara," kata ustaz Subki.

"Kalo kita biasanya secara negara kan nggak ada secara siri. Pernikahan itu kan dia harus tercatat. Cuma kan ada beberapa alasan. Kalo saya dulu termasuk anak saya yang pertama begitu kita meminang langsung, baru justru mereka yang ngurus prewedding, dan lain-lain," tutup ustaz Subki.