Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

KABAR GALERI VIDEO EVENT

Rumah Saipul Jamil Dibobol Maling, Pelakunya Karyawannya Sendiri

Senin, 21 Februari 2022 18:22 WIB
Rumah Saipul Jamil Dibobol Maling, Pelakunya Karyawannya Sendiri
Saipul Jamil kemalingan ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Pedangdut Saipul Jamil mengalami kejadian tidak mengenakkan. Rumah mantan suami Dewi Persik itu dibobol maling pada Minggu (20/2/2022). Handphone dan motor Saipul Jamil hilang dibawa kabur oleh pelaku.

Ternyata, pelaku yang membawa kabur handphone dan motor Saipul Jamil adalah karyawannya sendiri yang sudah bekerja selama satu bulan.

"Pelakunya memang interen, bukan dari luar gitu. Karena mereka udah ikut saya udah satu bulan lebih kerja. Jadi kejadian itu pas Magrib, saya sama pekerja sini, biasanya kalo solat berjamaah terus gitu kan. Jadi mereka itu waktu operasinya waktu saya di luar itu lama hampir tiga jam, karena saya kalo abis Magrib, saya nggak pernah pulang ke rumah," kata Saipul Jamil di kediamannya, di kawasan Pondok Gede, Senin (21/2/2022).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Pedangdut yang biasa disapa Bang Ipul itu termasuk orang yang sangat percaya dengan pekerjanya di rumah. Saking percayanya, Saipul Jamil menaruh barang-barang berharganya, seperti handphone di sembarang tempat.

"Memang saya terlalu percaya sama pekerja pekerja saya ini, kamar nggak pernah dikunci dan dia tau letak-letak letak kendaraan saya ada di mana. Terus handphone-handphone saya ada di mana. Handphone itu kan ada tiga jadi yang diambil itu iPhone satu, iPhone 11 Pro Max sama satu lagi tuh hape poco Xiomi," kata Saipul Jamil.

1. Kenal Dekat Dengan Pelaku

Gambar

Saipul Jamil tidak menyangka kalau pekerjanya itu mengambil handphone dan motor miliknya. Apalagi, Saipul Jamil sendiri sudah kenal dekat dengan pelaku. Bahkan, Saipul Jamil dan para pekerjanya itu sering lakukan ibadah bersama.

"Saya nggak ada kepikiran sama sekali, karena saya nggak pernah ada masalah dengan pekerja-pekerja saya. Dan mereka orang baik semua di mata saya. Jadi saya awalnya nggak curiga 'kok mereka abis solat ilang ke mana nih' saya tinggal berdua, kan saya berempat kan," katanya.

"Saya positif thinking aja paling lagi beli makanan. Biasanya kumpul lagi, solat isya, kok nggak balik balik gitu. Terus akhirnya saya pulang, beli makanan juga kan. Pas nyampe rumah 'handphone ke mana nih di meja saya' sama casannya juga diambil jadi kumplit," tambahnya.

2. Laporkan ke Polisi

Gambar

Awalnya, pedangdut 41 tahun itu tidak mau melaporkan pelaku ke polisi. Tetapi, karena ada satu motor yang hilang, kebetulan kendaraan itu milik sang kaka, akhirnya Saipul Jamil melaporkan pelaku ke Polsek Duren Sawit Jakarta Timur.

"Tadinya saya gak bikin laporan, berhubung ada kendaraan motor milik kakak saya juga dibawa, untungnya itu STNK nggak nempel di kunci. Akhirnya mau nggak mau, saya menghormati kakak saya kan, takutnya kakak saya berpikir macem-macem, saya kerja sama atau gimana, ya udah saya bikin laporan," kata Saipul Jamil.

Begitu olah TKP, pihak kepolisian Polsek Duren Sawit menyarankan Saipul Jamil melaporkan kasus tersebut ke Polsek Pondok Gede. Mengingat, wilayah rumah Saipul Jamil masih di perbatasan kawasan Pondok Gede.

"Datenglah Polsek ke tkp foto-foto semua gitu kan, akhirnya dia bilang gini 'pak ini bukan kewenangan saya, ini kewenangan (Polsek) Pondok Gede' tapi saya bantu. Luar biasa. Akhirnya saya dibantu ke Polsek Pondok Gede. Dari sana langsung ditindaklanjuti," katanya.

 

3. Dihubungi Pelaku

Gambar

Lucunya, begitu mau buat laporan atas kejadian tersebut, pelaku kemudian menghubungi Saipul Jamil untuk berniat mengembalikan barang-barang yang sudah dibawa kabur.

"Begitu saya bikin kronologi tiba-tiba si malingnya ini hubungin saya, tadinya nomornya diblok semua, udah gak bisa dihubungin, mau ngembaliin, seneng dong saya, baru mau naik ke LP ke atas tuh, akhirnya dia hubungin, dia nggak mau balikin ke sini," kata Saipul Jamil.

4. Dikembalikan

Niat pelaku mau mengembalikan barang-barang Saipul Jamil ternyata benar. Tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba pelaku meminta Saipul Jamil datang ke lokasi yang sudah dia tentukan. Setelah bertemu, handphone dan motor Saipul Jamil yang sudah dicuri akhirnya dikembalikan pelaku.

"Dia mau nanti saya kasih tahu tempatnya di mana. Akhirnya di-shareloc lah sama dia, ya udah saya ikutin, ketemu lah di daerah Cengkareng, lumayan jauh. Akhirnya kita negosiasi," katanya.

5.

Karena ada niat baik dari pelaku, akhirnya Saipul Jamil mengurungkan niatkan untuk melaporkan pelaku ke Polsek Pondok Gede.

"Ya sudah saya ngomong sama Kanitnya 'pak ini kayaknya yang maling ini mau ada niat baik mau balikin, ini gimana pak?' 'Yaudah gini aja, dikasih ultimatum, kalau sampai jam 1 enggak dibalikin ini bikin LP' gitu," kata Saipul Jamil.

"Akhirnya saya kasih tahu ke maling itu kan, 'Yaudah saya temuin ya, pokoknya kalau udah jam 1 belum selesai ini bakal dilanjut ke laporan' yaudah pokoknya dibalikin kata dia. Tadinya rencana mau dibalikin ke sini di rumah, tapi dia takut," tutup Saipul Jamil.