KABAR GALERI VIDEO EVENT

Soal Prank Bunuh Diri Aida Saskia, Dokter Sonia Wibisono Sebut Bisa Timbulkan Trauma

Ayu Srikhandi | Rabu, 11 Desember 2019 07:10 WIB
Soal Prank Bunuh Diri Aida Saskia, Dokter Sonia Wibisono Sebut Bisa Timbulkan Trauma

Kapanlagi.com - Dokter sekaligus pemerhati sosial Sonia Wibisono mengomentari soal fenomena yang baru-baru terjadi tentang percobaan bunuh diri yang dilakukan pedangdut Aida Saskia yang ternyata hanyalah sebuah gurauan atau biasa disebut prank.

"Serem banget, sekarang kan sekarang itu nggak hanya orang dewasa tapi anak kecil juga. Dan prank-prank itu masuknya ke peringkat yang tinggi," kata Sonia Wibisono saat dihubungi Kapanlagi pada Selasa (10/12/2019) malam.

"Kalo sampe viral percobaan bunuh diri ini dan sampe terjadi atau nggak terjadi pun, cuma pura-pura, itu kan semuanya menyeramkan ya. Menurut saya ini harus dibatasi deh," tambahnya.

 

1 dari 2 halaman

1. Hentikan Trend Prank

Hentikan Trend Prank Dokter Sonia Wibisono © instagram.com/sonia_wibisono
Sonia menambahkan, sebaiknya kita dapat memilih tontonan yang lebih positif. Konten-konten prank tersebut pun harus dibatasi menurutnya.

"Kita harus menonton, melihat hal-hal yang positif agar bisa kita ubah ke kehidupan yang positif juga. Jadi trending seperti itu harus di-stop deh, harus ada undang-undang," jelasnya.

2 dari 2 halaman

2. Jadi Pengaruh Buruk

Jadi Pengaruh Buruk Aida Saskia © KapanLagi.com/Budy Santoso
Menurutnya, perilaku tersebut bisa jadi pengaruh yang buruk. Lebih parahnya, hal tersebut bisa menimbulkan efek traumatik dan menjadi pemicu seseorang untuk melakukan hal yang serupa jika sedang menghadapi masalah.

"Karena itu akan menyebabkan trauma bagi yang melihatnya, trauma psikologis dan akan membekas, bisa tercetus ide untuk melakukan hal serupa kalo mendapat masalah. Padahal cara untuk menyelesaikan masalah bukan dengan bunuh diri, tapi dengan menyelesaikan masalah dengan Tuhan," ujar Sonia.

"Masalah itu tidak akan ada selama-lamanya karena dunia itu terus berputar. Harusnya nge-prank untuk menyelesaikan masalah, bukan nge-prank bunuh diri," pungkasnya.

(kpl/apt/jje)


↑