Daniel Rudi



Pria kelahiran Semarang, 17 April 1978 ini dikenal sebagai sutradara.  Filmnya tentang tragedi bom Bali yang berjudul PRISON AND PARADISE berhasil mengantar Daniel ke berbagai festival film tingkat dunia.


Rudi terbilang aktif di Cinema Society, sebuah komunitas film. Beberapa karya film pendeknya antara lain RED (1999), OLEH-OLEH DARI JAKARTA (2000), URO RAYA (LEBARAN) DI JAKARTA (2000), BOM BALI 1 (2003), RIMBA RUMAH KAMI (2006), MUARA ANGKE (2007) dan TO MOMPALIVU BURE (2007). Selain itu, Daniel juga kerap mengikuti berbagai festifal film seperti JIFFest, Independent Film Community (Konfiden), dan Partnership with Indonesian Documentary (In-Docs).



KARIR
Menempuh kuliah di IKJ dan bergabung di beberapa komunitas film, Daniel bukanlah orang asing di dunia film. Ia telah menghasilkan 7 film pendek dan aktif dalam berbagai festival film.



Berawal dari tragedi bom Bali, Daniel merasa perlu membuat film untuk menghadirkan pandangan baru tentang pembahasan terorisme. Dari ide tersebut, ia kemudian membuat film PRISON AND PARADISE.



Proses pembuatan film PRISON AND PARADISE terbilang cukup panjang. Daniel mengerjakan film ini sejak tahun 2003 dengan melakukan wawancara pada pelaku Bom Bali 1. Tahun 2007 Daniel kembali ke penjara untuk mengabadikan momen ketika keluarga mereka membesuk para pelaku di penjara. Baru pada tahun 2010 Daniel menyelesaikan penggarapan film tersebut.


Film PRISON AND PARADISE adalah film terpanjang yang pernah digarap Daniel. Film berdurasi 93 menit ini berhasil mengantar Daniel untuk menerima anugerah Director Guild of Japan Award dari Yamagata Internasional Documentary Film Festival akhir Oktober 2011. Dalam festival film terbesar di Jepang tersebut Daniel berhasil menyisihkan lebih dari 700 judul film yang masuk seleksi.



Setelah PRISON AND PARADISE, Daniel ingin menggarap sekuelnya yang berjudul THE SHELTER OF PARADISE. Dalam sekuelnya, Daniel mengangkat cerita tentang bagaimana seseorang terlibat dalam kasus terorisme dan bagaimana mereka keluar dari permasalahan pasca hukuman sebagai terpidana kasus terorisme.

FILMOGRAFI
RED (1999)
OLEH-OLEH DARI JAKARTA (2000)
URO RAYA (LEBARAN) DI JAKARTA (2000)BOM BALI 1 (2003)
RIMBA RUMAH KAMI (2006)
MUARA ANGKE (2007)
TO MOMPALIVU BURE (2007)
PRISON AND PARADISE (2010)

Lebih Lengkap