Eddie Van Halen
Musisi kelahiran 26 Januari 1955 ini adalah pentolan grup band Van Hallen. Musisi yang lahir di Nijmegen, Belanda, dan besar di Pasadena, California ini awalnya mengambil kursus piano pada masa kanak-kanaknya. Ketika ia beranjak remaja, Eddie beralih menekuni gitar. Bersama kakaknya, Alex, Eddie membentuk band yang diberi nama Mammoth.

Pada tahun 1974, ia berjumpa dengan David Lee Roth yang kemudian ditunjuk menjadi vokalis, dan Michael Anthony yang dipercaya sebagai bassis. Kemudian mereka membentuk Van Halen. Dalam waktu beberapa tahun, Van Halen mulai populer di kalangan musisi rock Los Angeles.

Pada tahun 1978 Van Halen menandatangani kontrak bersama perusahaan rekaman Warner Bros, mereka meluncurkan album bertitel VAN HALEN. Perpaduan alunan gitar elektrik dari Eddie dan vokal Lee Roth yang khas, membuat album ini berhasil meraih platinum dalam waktu enam bulan setelah dirilis.

Setelah mengalami pasang surut bersama bandnya, Eddie Van Halen menikah dengan aktris Valerie Bertinelli pada tahun 1981. Mereka mempunyai satu orang putra bernama Wolfgang yang lahir pada tahun 1990. Pada tahun 2009 pasangan ini bercerai, kemudian Eddie menikahi kekasihnya, Janie Liszewski yang telah dikencaninya selama tiga tahun.

Lebih Lengkap