Edhie Baskoro Yudhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono lahir di Bandung, pada tanggal 24 November 1980. Ia adalah putra bungsu dari Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Pria yang biasa dipanggil Ibas ini meraih gelar Bachelor of Finance and E-Commerce tahun 2005 dari Curtin University, Perth, Australia.

Selepas itu, Ibas melanjutkan studinya di Rajaratnam School of International Studies, Nanyang Technological University, Singapura, di mana ia meraih gelar masternya pada tahun 2007 dengan spesialisasi Ekonomi Politik Internasional. Ia lulus dengan disertasi berjudul Revitalization of Indonesia s Economy: Attempts to Solve the The Twin-Critical-Economic Problems and To Build Foundation for Future Economic Development.

Ibas bertunangan dengan Siti Ruby Aliya Rajasa, putri dari Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di kediaman sang wanita, di Komplek Fatmawati Golf Mansion, Cilandak, Jakarta Selatan, pada hari Selasa tanggal 26 April 2011. Keduanya kemudian menikah dengan prosesi adat jawa lengkap pada bulan November 2011.

Rangkaian kegiatan di kediaman Ibas pada hari Selasa tanggal 22 November 2011 pada pukul 10.00 WIB dilangsungkan pengajian. Kemudian pada pukul 14.30 WIB dilakukan pemasangan Bleketepe oleh Presiden Yudhoyono. Pada pukul 15.00 WIB, dilangsungkan siraman Calon Pengantin Pria. Acara serupa juga digelar bagi Calon Pengantin Wanita, Aliya Rajasa yang digelar di rumah kediaman Menko Perekonomian Hatta Rajasa di kompleks Golf Mansion Fatmawati Jakarta Selatan yang dimulai pada 09.30 WIB.

Akad nikah digelar pada hari Kamis, 24 November di Istana Cipanas, Bogor. Ada seribu undangan disebar terbatas. Sedangkan resepsi pernikahan sendiri akan digelar pada 26 November 2011 pukul 19.00 WIB di Jakarta Convention Centre (JCC) dengan mengundang 3.500 orang. Resepsi tersebut digelar terbuka bagi media massa. Dalam resepsi tersebut, diusung dua budaya yaitu Palembang dan Jawa

KARIR
Pada tahun 2009, Ibas terjun dalam dunia politik Indonesia dengan mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Daerah Pemilihan VII Jawa Timur, mewakili 5 daerah: Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi. Ibas kemudian terpilih sebagai anggota DPR pada bulan April 2009 dengan perolehan suara tertinggi se-Indonesia: 327.097 suara. Menduduki kursi DPR RI, ia ditunjuk sebagai anggota Badan Anggaran dan Komisi I DPR RI yang membidangi hubungan luar negeri, pertahanan, dan informasi dan komunikasi.

Saat ini Ibas aktif sebagai politisi Partai Demokrat, partai yang memenangkan Pemilihan Umum tahun 2009. Karirnya di Partai Demokrat diawali dengan penunjukan sebagai Ketua Departemen Kaderisasi. Setelah Kongres II Partai Demokrat di bulan Mei 2010, ia dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal untuk mendampingi Ketua Umum Terpilih Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Penunjukan tersebut menjadikannya sebagai Sekretaris Jenderal partai politik termuda di Indonesia. Ia juga menjabat Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olah Raga periode 2010-2015.

JABATAN-JABATAN
Sekretaris Jenderal Partai Demokrat periode 2010-2015
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olah Raga
Anggota Komisi I DPR RI periode 2009-2014
Ketua Departemen Kaderisasi DPP Partai Demokrat
Sekretaris Yayasan Majelis Dzikir SBY Nurussalam
Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat dan Olahraga Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri TNI dan Polri (GMFKKPI)
Kepala Pengembangan Industri Derivatif Pertanian KADIN Indonesia
Lebih Lengkap