Eki Puradiredja

Eki Puradireja, atau yang lebih sering dikenal dengan nama Eki Humania, lahir di Jakarta, 19 Agustus 1969. Tahun 1990an namanya dikenal sebagai salah satu personil Humania, namun saat ini ia lebih sering menjadi produser, DJ, music director dan program koordinator beberapa event musik bertaraf internasional yang diadakan di Jakarta.


Eki tercatat sebagai lulusan KvB College, Sydney, Australia jurusan TV and Film Production. Ia juga merupakan paman dari kakak beradik Angga dan Widi Puradireja personil Maliq & D'Essentials.


KARIR
Nama Eki Puradireja mulai dikenal di dunia musik Indonesia pada tahun 1990-an. Saat itu ia bersama rekan kuliahnya di Australia,  Rediyanto Heru Nurcahyo (Heru), membentuk duo bernama Humania. Tahun 1993 Humania merilis album pertamanya berjudul TERSERAH dengan lagu andalan berjudul sama. Lagu Terserah berhasil melejitkan nama Humaniayang saat itu tampil berbeda dengan sentuhan reggae, funk dan groove di tengah tren musik pop mellow.

Setelah TERSERAH, tahun 1996 Humania merilis album kedua berjudul SAHABAT LAMA (1996), disusul dengan INTERAKSI pada tahun 2000. Setelah itu, ke mamasyarakat mengenal Eki sebagai Eki vokalis Humania. Ketenaran ini membuat Ekimerasa tersanjung, namun sebenarnya ia juga ingin masyarakat mengenalnya atas karya-karyanya yang lain, bukan hanya sebagai vokalis Humania.


Karena itu setelah meluncurkan album ketiga, Eki dan Heru memutuskan untuk vakum, dan Eki memulai karirnya di belakang layar. Ia memberanikan diri menjadi produser album beberapa musisi ternama seperti Indra Lesmana, Jamie Aditya, Ermi Kulit hingga Maliq & d Essentials.


Pada suatu kesempatan, oleh Rini Noor (pemilik promotor Nepathya) ia dipertemukan dengan Peter F. Gontha, otak dibalik Java Jazz Festival. Eki kemudian memutuskan untuk bergabung dengan Peter F. Gontha. Selama di balik layar, ia banyak menimba ilmu dari Paul Dankmeyer,yang telah berpengalaman menggelar North Sea Jazz Festival di Belanda.

Java Jazz Festival kini dianggap sebagai salah satu ajang festival yang diperhitungkan di dunia musik Indonesia dan mancanegara. Beberapa artis besar seperti Jason Mraz, John Legend dan Toni Braxtonpernah mencicipi panggung Java Jazz FEstival (JJF).


Sukses dengan JJF, Ekimencoba tantangan lain dengan menggelar bebearapa festival musik lain. Salah satunya adalah Urban Jazz Crossover dimana beberapa musisi jazz ditantang untuk melakukan roadshow dan berkolaborasi dengan artis dari genre musik lainnya.


Di sela-sela kesibukannya mengatur jalannya festival, Eki juga masih disibukkan dengan kegiatan sebagai produser. Beberapa artis yang ia produseri antara lain Indra Lesmana dan Maliq & D'Essentials. Eki juga berencana menghidupkan kembali Humania dengan menggandeng beberapa rekannya yaitu Ali Akbar (keyboard II), Andez (Bass), Rayendra (drum), Phillipe (perkusi) dan Nikita Dompas(guitars). 


DISKOGRAFI
Bersama Humania:
TERSERAH (1993)
SAHABAT LAMA (1996)
INTERAKSI (2000)

 

Lebih Lengkap