Engin Akyurek

Engin Akyurek merupakan seorang aktor asal Turki yang lahir di Ankara pada 12 Oktober 1981. Ia memutuskan kuliah di Universitas Ankara dan mengambil jurusan sejarah.

Engin Aykurek dibesarkan di ibukota Turki, kota terbesar kedua setelah Istanbul yang terkenal dengan landmarknya masjid Kocatepe (Kocatepe Camii). Ayahnya seorang pegawai pemerintahan, sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Tumbuh sebagai anak sulung dalam keluarga, Aykurek hanya memiliki seorang adik yang juga berjenis kelamin laki-laki.

KARIR
Akyurek memulai perjalanan karirnya di 2004 melalui  sebuah kompetisi pemilihan bintang Turki (Turkiye nin Yildizlari). Sebagai juara pertama yang memenangkan kompetisi, membawanya membintangi sebuah tv seri Yabancı Damat. Dalam serial tersebut Ia menjadi seorang baker dan bertunangan dengan anak dari pemilik toko roti, tempatnya bekerja.

Pria berzodiak libra ini semakin dikenal masyarakat Indonesia dalam serial Cinta Elif yang disiarkan oleh salah satu tv swasta di Indonesia. Berperan sebagai Omer Demir, seorang polisi yang berhasil memecahkan berbagai kasus sulit. Akyurek sukses membawakan peran Omer yang penuh karisma, aktingnya pun patut diacungi jempol. Pasalnya, serial yang memiliki judul dalam bahasa turki "Kara Para Aşk" ini membawanya meraih penghargaan sebagai aktor terbaik pada Seoul International Drama Awards 2015.

TELEVISI
Yabancı Damat (2004 - 2007)
Karayilan (2007 - 2008)
Bir Bulut Olsam      (2008 - 2009)
Fatmagül'ün Suçu Ne? (2010 - 2012)
Kara Para Aşk (2014 - 2015)

FILMOGRAFI
Kader (2006)
bi küçük eylül meselesi (2014)

TEATER
Romantika Muzikali (2007)

Lebih Lengkap