Ernest Prakasa

Ernest Prakasa lahir di Jakarta, 29 Januari 1982. Seorang pelawak tunggal Indonesia, setelah dia mengikuti ajang pemilihan STAND UP COMEDY INDONESIA.

 

Selain pintar menjadi seorang pelawak, Ernest juga pandai berakting dan menulis. Putra dari pasangan Meira Anastasia dan Sky Tierra Solana ini juga dikenal sebagai seorang komedian Tionghoa-Indonesia yang sering menjadikan kehidupan etnisnya sebagai bahan untuk komedi.

 

Perlahan, Ernest mulai menikmati pekerjaannya di layar lebar. Padatnya syuting yang dia bintangi membuat beberapa tawaran open mic dia tolak. Padahal open mic itulah awal dari kebesaran nama Ernest.

 

Pada 10 September silam, Ernest mulai merilis serial SECOND CHANCE di YouTube. Sebuah serial komedi yang berdurasi 14 menit dan dibintangi oleh Arie Keriting, Ge Pamungkas, Ulfa Triani, dan Ernest sendiri. Sitkom baru ini di unggah di YouTube setiap Rabu, yang rencananya akan ada enam episode dan jika respon dan kualitasnya bagus Ernest akan berencana menayangkannya di televisi.

 

KARIR

Awal karir Ernest pertama kali adalah di dunia industri musik Indonesia yang bergabung bersama Universal Music. Kemudian dia melanjutkan eksistensinya di dunia musik, di Sony Music.

 

Sudah hampir enam tahun sejak di awal karirnya dia berada di dunia industri musik, kemudian dia mendaftarkan diri disalah satu program televisi Kompas TV, yaitu STAND UP COMEDY INDONESIA. Tak disangka, Ernest berhasil lolos audisi dan berlanjut menjadi salah satu finalis dari tiga belas finalis dari seluruh penjuru Indonesia, sampai pada akhirnya Ernest berhasil meraih peringkat ketiga dalam kompetisi tersebut.

 

Sadar akan bakatnya selama ini sebagai seorang pelawak, akhirnya Ernest memutuskan untuk menekuni profesi pelawak tunggal secara serius. Bersama dengan pelawak Indonesia lainnya, seperti Raditya Dika, Panji Pragiwaksono, Isman H. Suryaman dan Ryan Adriandhy. 

 

Ernest mendirikan sebuah komunitas pelawak tunggal pertama yang bernama, Stand Up Indo. Komunitas ini merupakan komunitas pelawak tunggal pertama di Indonesia dan kini telah memiliki sub-komunitas di lebih dari 15 provinsi indonesia, dan dianggap sebagai perintis budaya komedi tunggal di Indonesia.

 

Ernest juga pernah melakukan sebuah tur komedi tunggal pada tahun 2012. Dia adalah komedian pertama di Indonesia yang telah melakukan tur. Tur tersebut bernama Merem Melek, yakni tur yang menjelajah 11 kota dari Bandung, Semarang, Solo, Denpasar, Malang, Surabaya, Makassar, Kendari, Samarinda hingga ke Palangkaraya dan ditutup di Gedung Kesenian Jakarta pada 10 Juli 2012.

 

Pria yang lahir di Jakarta ini juga pernah menggelar sebuah pertunjukan komedi tunggal bersama komedian dari etnis Tionghoa-Indonesia. Pertunjukkan tersebut berjudul ERNEST PRAKASA & THE ORIENTAL BANDITS pada 9 Februari yang digelar di Gedung kesenian Jakarta.

 

Di bulan November 2013, dia akhirnya melakukan tur keduanya yang diberi judul Illucinati, yang saat itu Ernest harus menjelajah sebanyak 17 kota. Acara puncak yang dilakukan pada 25 januari 2014 tersebut mampu memberikan rekor untuknya sebagai komedi tunggal spesial pertama Indonesia yang digelar sebanyak tiga kali pertunjukkan dalam satu hari.

 

Selain menjadi pelawak dan dulunya seorang penyanyi, Ernest juga pernah beberapa kali membintangi sebuah film Indonesia. Film terbarunya adalah KUKEJAR CINTA KE NEGERI CINA yang tayang tahun 2014 silam. Film selanjutnya, Ernest juga bermain peran bersama boy band CJR, dalam film yang berjudul CJR THE MOVIE.

 

Selain berakting dan melawak, Ernest juga seorang penulis. Hasil karyanya yang telah terbit antara lain, Dari Merem ke Melek: Catatan Seorang Komeddian, Ngenest - Ngetawain Hidup Ala Ernest, dan Ngenest 2 - ngetawain Hidup Ala Ernest.

 

 

FILMOGRAFI

*MAKE MONEY (2013)
*COMIC 8 (2014)
*KUKEJAR CINTA KE NEGERI CINA (2014)
*CJR THE MOVIE (2015)

 

Lebih Lengkap