15 Tempat Wisata Hits di Yogyakarta, Kota asal Sheila On 7

Editor KapanLagi.com | 03 November 2020, 10:11 WIB
15 Tempat Wisata Hits di Yogyakarta, Kota asal Sheila On 7

Kapanlagi.com - Siapa sih yang nggak suka petualang? hampir sebagian masyarakat Indonesia menghabiskan waktunya untuk berpetualang menikmati destinasi di kota-kota yang memiliki objek wisata yang indah. Salah satunya kota yang sering kali dikunjungi oleh wisatawan dari luar maupun dalam negeri ialah Yogyakarta.

Menghitung objek wisata di kota Yogyakarta tentu tidak ada habisnya, pasalnya daerah istimewa pimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono ini punya banyak sekali keindahan bernilai wisata. Nah apa saja sih tempat wisata yang disuguhkan di kota Yogyakarta yang merupakan tempat kota asal group band Sheila On 7?

Berikut 15 Tempat Wisata Hits di Yogyakarta, Kota asal Sheila On 7:

1. BUKIT KALI KUNING

Bukit Kali Kuning bersemi kembali menjadi tempat wisata baru yang kece banget buat foto-foto.Bukit Kali Kuning bersemi kembali menjadi tempat wisata baru yang kece banget buat foto-foto.

Dulu tempat wisata di Yogyakarta ini pernah ramai dikunjungi oleh wisatawan sebelum letusan Gunung Merapi di tahun 2010. Tetapi pada awal 2017, Bukit Kali Kuning bersemi kembali menjadi tempat wisata baru yang kece banget buat foto-foto. Di tempat wisata tersebut dengan duduk santai sambil menikmati indahnya Gunung Merapi menjadi kegiatan yang paling menyenangkan loh guys, wah bisa dicoba nih yang belum pernah datang ke tempat Bukit Kali Gunung.

2. TAMAN PELANGI

Taman Pelangi masih satu kawasan dengan Museum Monumen Jogja Kembali di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kabupaten Sleman.Taman Pelangi masih satu kawasan dengan Museum Monumen Jogja Kembali di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kabupaten Sleman.

Masih di utara Kota Yogyakarta, kamu bisa menikmati suasana malam bersama ratusan lampion di Taman Pelangi loh. Taman Pelangi masih satu kawasan dengan Museum Monumen Jogja Kembali di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kabupaten Sleman. Wah jadi kamu nggak cuma ke Alun-Alun Kidul atau Malioboro yang sudah ramai pengunjung deh, karena di Taman Pelangi kamu bisa mengunjungi saat malam.

3. UPSIDE DOWN WORLD

UPSIDE DOWN WORLD tempat wisata di Yogyakarta ini mendadak hits sejak pertama kali dibuka pada tahun 2016.UPSIDE DOWN WORLD tempat wisata di Yogyakarta ini mendadak hits sejak pertama kali dibuka pada tahun 2016.

UPSIDE DOWN WORLD tempat wisata di Yogyakarta ini mendadak hits sejak pertama kali dibuka pada tahun 2016 lalu yang berada di Jalan Ring Road Utara 18, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Tempat wisata ini menawarkan konsep menarik, unik, dan baru, yakni dengan menghadirkan ruangan terbalik. Untuk tiket pengunjung ke tempat wisata tersebut, dikenakan tarif Rp 80.000 untuk dewasa dan Rp 40.000 untuk anak-anak. Hmm cukup menarik ya?

4.HUTAN MANGROVE KULON PROGO

Salah satu wahana wisata yang bisa kita temukan di Kota Yogyakarta yang berada di daerah Kulon Progo ialah Hutan Mangrove Kulon Progo.Salah satu wahana wisata yang bisa kita temukan di Kota Yogyakarta yang berada di daerah Kulon Progo ialah Hutan Mangrove Kulon Progo.

Salah satu wahana wisata yang bisa kita temukan di Kota Yogyakarta yang berada di daerah Kulon Progo ialah Hutan Mangrove Kulon Progo. Hutan Mangrove Kulonprogo baru-baru ini menjadi salah satu primadona baru tujuan wisata Jogja yang terletak di Pantai Congot, dusun Pasir Mendit, Jangkaran, Kulon Progo. Untuk memasuki wisata ini, kamu cukup membayar tiket sekitar Rp 3.000 - Rp 5.000 saja dan bisa mendatangi objek wisata ini mulai pagi jam 06.00 sampai sore pukul 18.00. Nice!

5.EMBUNG NGLANGGERAN GUNUNG KIDUL

Embung Nglanggeran tempat wisata yang romantis.Embung Nglanggeran tempat wisata yang romantis.

Kota Yogyakarta memang selalu punya alasan untuk memanggil siapapun untuk datang kembali menikmati kota keraton tersebut. Buat kamu yang berjiwa muda dan mengaku romantis belum lengkap rasanya kalau belum pernah berkunjung ke Embung Nglanggeran yang berlokasi di Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
Ditempat ini kamu bisa menikmati hamparan danau buatan yang dikepung oleh tebing Gunung Api Purba Nglanggeran loh, apalagi kalau kamu datang pas pagi hari kamu bisa melihat keindahan matahari terbit. Untuk mendatangi tempat wisata ini kamu cukup membayar tiket masuk Rp 10.000/orang dan jangan lupa membayar uang parkir Rp 2.000 parkir motor dan Rp5.000 parkir mobil.

6. AIR TERJUN KEDUNG PEDUT

Air Terjun Kedung Pedut obyek wisata yang menyuguhkan alamnya berupa air terjun dua warnaAir Terjun Kedung Pedut obyek wisata yang menyuguhkan alamnya berupa air terjun dua warna

Lagi-lagi Kabupaten Kulon Progo menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung di Kota Yogyakarta, salah satunya ialah Air Terjun Kedung Pedut obyek wisata yang menyuguhkan alamnya berupa air terjun dua warna yang berlokasi di Pegunungan Menoreh, tepatnya di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Grimulyo.
Daya tarik utama dari air terjun ini ialah letaknya yang cukup tersembunyi dan memiliki warna yang unik, yakni biru tosca dan putih jernih. Untuk menjamin kenyaman dari pengunjung, pihak pengelola bekerja sama dengan masyarakat dengan menarik tiket masuk Rp 3.000 dan ongkos parkir Rp 2.000 - Rp 5.000. Wah sangat murah ya dengan menyuguhkan destinasi tempat wisata yang begitu indah.

7. SELFIE PARK TAMAN PULE

Di tempat Selfie Park Taman Pule kamu bisa mendapatkan spot-spot selfie yang keren dan kekinian loh. Di tempat Selfie Park Taman Pule kamu bisa mendapatkan spot-spot selfie yang keren dan kekinian loh.

Yogyakarta kini mempunyai sebuah spot yang cocok untuk kamu yang hobi untuk berselfie loh guys. Di tempat Selfie Park Taman Pule kamu bisa mendapatkan spot-spot selfie yang keren dan kekinian loh. Jika kamu ingin berkunjung di tempat ini, disarankan datang pada malam hari karena akan disuguhkan warna-warni lampu yang berpadu dengan panorama keindahan suasana di kota Yogyakarta.
Lokasi Selfie Park Taman Pule sendiri berada di Jalan Veteran No.150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta dengan tarif masuk Rp 15.000/orang. Sesuai lah ya dengan spot-spot yang disediakan, jadi kapan nih kamu mau berkunjung ke Selfie Park Taman Pule?

8. TEBING BREKSI

Taman Tebing Breksi merupakan salah satu lokasi cagar budaya di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, YogyakartaTaman Tebing Breksi merupakan salah satu lokasi cagar budaya di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Jika hanya dilihat sekilas, tempat ini mirip dengan Brown Canyon yang berada di Kota Semarang, tapi kalau kamu naik dan berada di puncaknya kamu akan melihat beberapa pemandangan sekaligus, seperti Candi Barong, Gunung Merapi, Candi Sojiwan dan Candi Prambanan. Taman Tebing Breksi merupakan salah satu lokasi cagar budaya di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang pada awalnya tempat tersebut merupakan lokasi tambang batu breksi yang menjadi sumber pendapatan warga sekitar, namun siapa sangka tebing ini bertransformasi menjadi sebuah objek wisata Jogja yang banyak disukai oelh wisatawan khususnya yang menyukai petualangan alam. Untuk datang ke lokasi tersebut kamu cukup dikenakan biaya parkir Rp 3.000 - Rp 5.00 saja loh guys.

9. HUTAN PINUS MANGUNAN

Hutan Pinus Mangunan merupakan destinasi hutan yang terdapat pepohonan tinggi menjulangnyang dikenal dengan nama Pinus Merkusi. Hutan Pinus Mangunan merupakan destinasi hutan yang terdapat pepohonan tinggi menjulangnyang dikenal dengan nama Pinus Merkusi.

Sesuai dengan namanya, hutan yang sangat eksotis dan romantis ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Hutan Pinus Mangunan merupakan destinasi hutan yang terdapat pepohonan tinggi menjulang yang dikenal dengan nama Pinus Merkusi.
Wah nggak heran ya kalau banyak wisatawan yang kepincut dengan objek wisata satu ini, sebab kesejukan dan keindahan pemandangannya benar-benar mempesona mata.

10. GUMUK PASIR

Gumuk Pasir ini terletak di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis.Gumuk Pasir ini terletak di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis.

Pernah denger belum ada PAdang Pasir di Yogyakarta? Yap! Gumuk Pasir. Gumuk Pasir ini terletak di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis yang proses terjadinya tidak terlepas dari berbagai fenomena alam yang ada di sekitarnya seperti Gunung Merapi, Kali Opak, Gunung Merbabu, Pantai Parangtritis hingga Kali Progo. Tempat wisata ini sangat cocok buat kamu yang memiliki hobi dalam dunia fotografi loh, karena Gumuk Pasir menjadi salah satu objek yang sangat indah untuk diabadikan.
Wah nggak heran ya kalo tempat wisata tersebut pernah dibuat syuting film maupun video klip seperti film WANITA BERKALUNG SORBAN yang dibintangi oleh Revalina S. Temat.

11. KEBUN TEH NGLINGGO

Kebun Teh Nglinggo berada di puncak Pegunungan Menoreh, tempat yang bisa merasakan sejuknya udara pegunungan.Kebun Teh Nglinggo berada di puncak Pegunungan Menoreh, tempat yang bisa merasakan sejuknya udara pegunungan.

Kabupaten Kulon Progo memiliki berbagai obyek wisata alam yang canti menawan, salah satunya obyek wisata yang saat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Kebun Teh Nglinggo. Kebun Teh Nglinggo berada di puncak Pegunungan Menoreh, di tempat tersebut kita bisa merasakan sejuknya udara pegunungan yang masih murni selain itu kita juga melihat para pemetik teh bahkan ikut serta dalam memanen daun teh.
Untuk masuk ke obyek wisata kebun teh, kamu cukup membayar biaya sebesar Rp 3.000 saja guys.

12. TAMAN SARI

Taman Sari merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata bersejarah yang ada di Yogyakarta.Taman Sari merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata bersejarah yang ada di Yogyakarta.

Berlibur ke Yogyakarta belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini ialah Taman Sari. Taman Sari merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata bersejarah yang ada di Yogyakarta ini berlokasi tepat di Jalan Taman, Yogyakarta.
Pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis dengan kondisi bangunannya yang masih terjaga. Tak heran kalau sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding.
Kalau ke tempat wisata ini jangan datang sore ya guys, karena jam buka Taman Sari dimulai dari jam 08.00 sampai 14.00 WIB.

13. RUMAH TELETUBBIES

Di Jogja ternyata ada kampung teletubbies loh, yaitu kampung yang rumah-rumah penduduknya dibangun dengan desain menyerupai rumah teletubbies.Di Jogja ternyata ada kampung teletubbies loh, yaitu kampung yang rumah-rumah penduduknya dibangun dengan desain menyerupai rumah teletubbies.

Nama 'Teletubbies' tidak asing di telinga kita, dimana dulu di Indonesia pernah diputar di televisi sebagai serial anak-anak. Nah, di Jogja ternyata ada kampung teletubbies loh, yaitu kampung yang rumah-rumah penduduknya dibangun dengan desain menyerupai rumah teletubbies. Unik banget kan?
Lokasi wisata ini terletak di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman dengan membayar harga tiket Rp 5.000/prang dan jika ingin menginap di tempat tersebut, dikenai biaya sebesar Rp 12.000/malam.

14. PINTU LANGIT DAHROMO

Tempat wisata Pintu Langit Dahromo juga menjadi spot foto yang banyak dicari oleh traveler.Tempat wisata Pintu Langit Dahromo juga menjadi spot foto yang banyak dicari oleh traveler.

Kota Bantul kini menjadi fenomena wisata yang unik sekaligus mengagumkan. Tak jauh dari spot-spot keren di Mangunan, tempat wisata Pintu Langit Dahromo juga menjadi spot foto yang banyak dicari oleh traveler yang berbentuk pintu dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Untuk bisa menikmati foto dengan spot Pintu Langit, pengunjung cukup membayar tiket masuk yang relatif terjangkau. Harga tiket masuk Pintu Langit Dahromo ini hanya Rp 5.000/orang dan biaya parkir Rp 2.000/motor. Cukup murah bukan? Waktu terbaik untuk mengunjungi pintu langit adalah saat terbitnya matahari di pagi hari. Nice!

15. KALIBIRU

Obyek wisata Kalibiru terdapat di Perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kokap.Obyek wisata Kalibiru terdapat di Perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kokap.

Gardu Pandang diatas pohon saat ini memang sedang booming dikalangan traveler muda, pemandangan indah untuk dijadikan angel foto ini sangat menarik yang selalu dicari para wisatawan. Nah, di Jogja terdapat spot rumah pohon yang sangat instagenic, yaitu di Desa Wisata Kalibiru.
Obyek wisata Kalibiru terdapat di Perbukitan Menoreh, tepatnya di Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kokap. Dari atas puncaknya kamu bisa menyaksikan pemandangan yang indah dan apabila cuaca sedang cerah maka kamu juga dapat menyaksikan debur ombak pantai selatan dari kejauhan. Untuk tarif spot fotonya sendiri bervariatif mulai Rp 10.000 - Rp 35.000. Wah keren nggak sih?

Itulah deretan tempat wisata paling hits yang sering dikunjungi oleh wisatawan dengan biaya yang cukup relatif. Menarik bukan?

Novi Hardita Larasati

(kpl/mag)

Editor:   Editor KapanLagi.com

Topik Terkait