Fajar Nugros

Pria bernama lengkap Fajar Nugroho ini lahir di Yogyakarta pada 29 Juli 1979. Fajar Nugros sangat menyukai menulis, banyak dari tulisannya yang berupa kumpulan cerita pendek ia posting dalam sebuah blog. Lelaki yang hobi travelling ini telah menyelesaikan sekitar 300an cerita pendek.

Fajar pun berharap, agar kelak kumpulan cerita pendeknya dapat difilmkan. Sehingga dirinya bisa menghabiskan waktu di masa tuanya nanti, untuk menonton film dari cerita pendeknya tersebut.

Selanjutnya, Fajar pun mulai tertarik dengan dunia film sejak usia remaja. Setiap malam minggu, Nugros sering menonton midnite film India dengan tiket seharga Rp. 2000.

Keinginannya untuk membuat filmnya sendiri muncul, saat ia diajak melihat film pendek karya Ifa Isfansyah (ketika itu Ifa masih kuliah di Institut Seni Indonesia). Maka lahirlah film independent pertamanya DILARANG MENCIUM DI MALAM MINGGU.

Kemudian bersama teman-temannya, membentuk sebuah komunitas film bernama Nugrossinema. Komunitas tersebut menciptakan banyak film yang mengangkat tema seputar ketegangan sosial yang terselubung.

Kepiawaiannya membuat film, mengantarnya memperoleh beasiswa dari Indocs (Indonesian Documentary-nya Shanty Harmayn). Lalu berturut-turut menjadi finalis Eagle Award Metro tv dan finalis IYCE British Council.

 

KARIR

Sebagai seorang penulis, karya pertama Fajar adalah sebuah buku berjudul BUAYA JANTAN yang diterbitkan oleh Gama Media pada 2006. Kemudian di tahun 2010, Fajar kembali merilis buku ADRIANA: LABIRIN CINTA DI KILOMETER NOL. Novel tersebut bercerita tentang kisah asmara remaja yang dibumbuhi dengan pemecahan kode misteri ala DA VINCI CODE.

Jejaknya di dunia film dimulai ketika Fajar membuat film pendek berjudul JAGJOGLIK: JAKARTA-JOGJA-BOLAK-BALIK di tahun 2003. Kemudian secara rutin, dirinya membuat beberapa film pendek lainnya, seperti DILARANG MENCIUM DI MALAM MINGGU (2003), SANGAT LAKI-LAKI (2004), dan JOGJA NEEDS A HERO (2005).

Pada tahun 2009, Fajar mulai menyutradarai film panjang pertamanya di layar lebar, yang berjudul QUEEN BEE di bawah rumah produksi Millions Pictures. Kemudian bersama Raditya Dika dirinya menggarap film CINTA BRONTOSAURUS dan dirilis Mei 2013. Yang terbaru, Fajar Nugroho bersama Shopia Mueller telah selesai mengerjakan film yang diambil dari buku novelnya sendiri ADRIANA.

 

FILMOGRAFI

ADRIANA (2013)
9 SUMMERS 10 AUTUMS (2013)
CINTA BRONTOSAURUS (2013)
REFRAIN (2013)
CINTA DI SAKU CELANA (2012)
RUMAH DI SERIBU OMBAK (2012)
TENDANGAN DARI LANGIT (2011)
SANG PENCERAH (2010)
CINTA 2 HATI (2010)
QUEEN BEE (2009)
GET MARRIED 2 (2009)
DOA YANG MENGANCAM (2008)
SANGAT LAKI-LAKI (2004)

 

 

 

 

 

 

 

 

Lebih Lengkap