Faye Wong
Personal
  • Tanggal Lahir

    08 Agustus 1969
  • Kota Lahir

    Beijing, Cina
  • Agama

    Budha
  • Gender

    Perempuan


Artis kelahiran Beijing 8 Agustus 1969 ini mewarisi bakat seni dari ibunya yang seorang penyanyi. Faye pindah ke Hong Kong saat ia berusia 18 tahun dan segera mengambil kursus vokal di sana.

Guru vokal Faye lah yang kemudian memperkenalkan artis bernama asli Xia Lin ini pada Cinepoly Records di mana akhirnya Faye sempat merilis 3 album pop mandarin. Tidak puas dengan prestasinya, Faye kemudian memutuskan berangkat ke New York untuk mencari jati dirinya. Sepulangnya Faye dari New York, ia mulai mencoba memasukkan unsur R'n'B ke dalam musik yang ia tulis.

KARIR
Tahun 1994, Faye merilis album dengan judul FAYE WONG. Album ini unik karena hanya menggunakan sampul putih polos. Setahun kemudian, Faye kembali merilis album yang kemudian dianggap sebagai album terbaik artis ini. Album berjudul RESTLESS ini berisi 10 lagu yang 8 di antaranya adalah hasil karya Faye.

Faye berbeda dari kebanyakan artis karena selalu menjauhi publisitas. Faye bahkan sering kali tak menghadiri acara penganugerahan award yang sering kali jadi saat untuk meningkatkan popularitas.

Setelah vakum dari karir keartisannya selama tujuh tahun, Faye Wong akan kembali memuaskan penggemarnya dengan menggelar konser solo. 10 jadwal konser di Beijing dan Shanghai telah ditetapkan untuk digelar di Beijing dan Shanghai. Kabarnya, tiket konser Faye Wong kali ini langsung ludes diserbu penggemarnya dalam waktu lima menit.

FILMOGRAFI
1991 BEYOND'S DIARY
1994 CHUNGKING EXPRESS
2000 OKINAWA RENDEZ-VOUS
2002 CHINESE ODYSSEY 2002
2004 2046
2004 LEAVING ME, LOVING YOU

Profil Selebriti Berdasarkan Abjad