[Review] 'TAMAN LAWANG', Arwah Pria Gemulai Tuntut Balas

Adi Abbas Nugroho | 13 November 2013, 00:10 WIB
[Review] 'TAMAN LAWANG', Arwah Pria Gemulai Tuntut Balas

KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Taman Lawang merupakan lokasi di kawasan Jakarta yang identik dengan label negatif. Setiap malam, akan tampak segerombolan waria nekat menjajakan diri meski daerah itu sering disambangi Satpol PP. Ide inilah yang kemudian dijadikan tema film horor komedi terbaru besutan Hanny Mustofa.

Filmnya sendiri berkisah tentang Cynthia (Olga Syahputra) dan Ningrum (Bobby Tience), dua waria yang bersahabat dekat. Saat kabur dari kejaran Satpol PP, tanpa sengaja Ningrum tercebur ke sungai dan ditemukan meninggal keesokan harinya.

Nasib nahas juga dialami Cynthia karena tak lama setelah kematian sahabatnya, ia ditemukan mati dibunuh oleh sang kekasih. Kepergian dua waria ini kemudian menimbulkan teror yang membawa seorang penulis (Angie) berusaha menuangkan fenomena tersebut dalam lembaran kertas.

TAMAN LAWANG merupakan film pertama yang diproduseri oleh komedian Olga Syahputra. Tak hanya duduk di kursi produser, presenter kocak ini juga turut bermain sebagai pemeran utama.

Pada paruh awal, filmnya terbilang berhasil menampilkan kekonyolan spontan tanpa skrip yang sering dilakoni Olga dan kawan-kawannya di layar kaca seperti Lia WaodeChand Kelvin sampai kehadiran Nikita Mirzani yang tampil memeriahkan suasana dalam satu scene.

Namun begitu memasuki paruh kedua, ketika karakter penggembira diceritakan mati secara tragis, konsumsi horor yang ditawarkan malah mengganggu.

Padahal, TAMAN LAWANG berpotensi menjadi film horor komedi yang asyik andai saja paruh kedua itu tidak dijerumuskan menjadi horor seksi. Hingga akhirnya, film ini malah menjadi sajian horor klise khas film Indonesia yang tidak pernah jauh dari eksplorasi 'selangkangan'.

(kpl/abs)

Editor:  

Adi Abbas Nugroho

BERI KOMENTAR▼
Komentar
Latest
↑